Imlementasi Metode Course Review Horay (CRH) dalam Meningkatkan Semangat Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika di Kelas 3 MI Azzainiyah 2 Gerinting

DOI: https://doi.org/10.33650/trilogi.v4i1.5761

Authors (s)


(1) * Faizatul Widat   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(2)  Mardiyah Mardiyah   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(3)  Tartilah Tartilah   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendemonstrasikan bagaimana pendekatan course review horay (CRH) digunakan untuk meningkatkan minat belajar matematika siswa kelas 3 MI Azzainiyah 2 Grinting Paiton Probolinggo. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dan desain studi kasus. analisis data penelitian menggunakan metode Miles dan Huberman. Temuan menunjukkan bahwa dengan menggunakan teknik course review horay (CRH), siswa di kelas 3 lebih bersemangat belajar, merasa mudah untuk memahami subjek, secara konsisten ceria dan menyenangkan, dan saling membantu, terutama dalam hal materi satuan panjang. Guru dan orang tua dapat menemukan solusi dalam implikasi metode course review horay (CRH) untuk meningkatkan minat anak-anak pada matematika di kelas 3. Ini sangat bermanfaat dalam membuat belajar lebih mudah, terutama ketika datang ke matematika, yang secara historis menakutkan. pelajaran bagi anak-anak untuk dipelajari karena sangat sulit untuk memahami konsep dan perhitungan.



Keywords

Implementasi Metode Course Review Horay (CRH), Meningkatkan semangat belajar, Pembelajaran Matematika.



Full Text: PDF



References


Dahlan, S., Sari, R., & Mansor, R. (2019). Kompetensi Pedagogik: Sebuah Tinjauan tentang Internalisasi Nilai-Nilai Karakter pada Pembelajaran Matematika SD. Suska Journal of Mathematics Education, 5(1), 9. https://doi.org/10.24014/sjme.v5i1.6318

Dr. Vladimir, V. F. (1967). 済無No Title No Title No Title. Gastronomía Ecuatoriana y Turismo Local., 1(69), 5–24.

Hambali, H., Rozi, F., & Hayati, H. (2021). Metode Story Telling dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Sejarah Kebudayaan Islam. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2), 133. https://doi.org/10.29240/jpd.v5i2.3424

Jatiyasa, I. W. (2020). Peningkatan Keterampilan Menulis Aksara Bali (Permulaan) melalui Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) pada Siswa Kelas III SDN 3 Tahun pelajaran 2019/2020. Jurnal Lampuhyang, 11(2), 1–12.

Mahanani, E. P., Suhito, & Mashuri. (2013). Keefektifan model course review horay berbantuan powerpoint pada kemampuan pemecahan masalah siswa. Unnes Journal of Mathematics Education, 2(3), 21–27.

Mariyana Fitria Nurmalisa dan Revi Afifah. (2006). ) Kata Kunci/Keywords: Hakikat matematika dan pembelajaran, Definisi belajar dan pembelajaran, Tujuan pembelajaran, Prinsip dan karakteristik matematika, ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Pendidikan, 1–12.

Muali, C. (2018). relevansi status sosial ekonomi orang tua dengan motivasi belajar; sebuah analisis lingkungan boarding scholl. Murobbi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 211–223.

Musarrofah, N., Arifin, F., & Firdaus, F. M. (2019). Pengaruh Media Komik Untuk Meningkatkan Kemampuan. JMIE: Journal of Madrasah Intidaiyah Education, 3(2), 219–232.

Mutiara, F. B., Komikesari, H., & Asiah, N. (2019). Efektivitas Model Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(1), 116–122. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i1.3980

Nanang, N., & Sukandar, A. (2020). Meningkatkan Kemampuan Siswa SDIT Miftahul Ulum Pada Operasi Bilangan Bulat Melalui CAI-Contextual. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 71–82. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.627

Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) Terhadap Hasil Belajar Siswa Nureva 1 , Siska Wulandari 2 1,2. (2019). 4(1), 15–27.

Perama Dewi, A. A. I. D. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Berbantuan Media Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa kelas VB Semester II Tahun Pelajaran 2017/2018 di SDN 1 Banjar Jawa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.23887/jippg.v1i1.14217

Ramdhani, R. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Dakon Bilangan di Sekolah Dasar. 7(5), 1–2.

Suprihatin, S. (2019). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Promosi, 3(1), 73–82. https://doi.org/10.31316/g.couns.v3i1.89

Ulva, M., & Amalia, R. (2020). Proses Pembelajaran Matematika Pada Anak Berkebutuhan Khusus (Autisme) Di Sekolah Inklusif. Journal on Teacher Education, 1(2), 9–19. https://doi.org/10.31004/jote.v1i2.512

Veteran, U., & Nusantara, B. (2019). 3 1,2,3. 1(1), 38–49.

Widiani, A. A. M. S., & Ardana, I. K. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay Berbantuan Media Scrapbook Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(1), 88. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i1.25030

Hambali, H., Rozi, F., & Hayati, H. (2021). Metode Story Telling dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Sejarah Kebudayaan Islam. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2), 133. https://doi.org/10.29240/jpd.v5i2.3424


Article View

Abstract views : 91 times | PDF files viewed : 81 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/trilogi.v4i1.5761


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Faizatul Widat, Mardiyah Mardiyah, Tartilah Tartilah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This ejournal system and its contents are licensed under

a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License