Upaya Meningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Seni Budaya dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Example Non Example Siswa Kelas VIIC SMP Negeri 1 Jatiroto
AbstractPenelitian Tindakan Kelas ini dilatarbelakangi karena masih rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa materi menerapkan ragam hias pada bahan tekstil. Dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini penulis mencoba mengajukan usulan tindakan agar aktivitas dan hasil belajar seni budaya materi menerapkan ragam hias pada bahan tekstil meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk menigkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa materi menerapkan ragam hias pada bahan tekstil dengan model pembelajaran kooperatif tipe example non example siswa kelas VIIC SMP Negeri 1 jatiroto tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus, dalam setiap siklus terdapat empat komponen, yaitu perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Subyek penelitian adalah siswa kelas VIIC SMP Negeri 1 Jatiroto yang berjumlah 33 orang. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa sebesar 28,10% dari 59,47 pada keadaan awal menjadi 76,18 pada siklus 1. Sedangkan ketuntasan klasikal Hasil belajar siswa mengalami kenaikan sebesar 24,71% dari 60,7 pada keadaan sebelum tindakan menjadi 75,7 setelah tindakan pada siklus 1 dengan kategori masih belum tuntas secara klasikal.. Pada siklus 2 aktivitas belajar siswa mengalami kenaikan dari 76,18 menjadi 88,64 atau meningkat sebesar 16,36% . Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa meningkat dari 75,7 menjadi 90,9 atau naik sebesar 20,08%. |
Keywords
Full Text:
References
Al Tabani, Trianto Ibnu B, 2017, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan kontekstual, Kencana, Jakarta
Darmadi, 2017. Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta. DEEPUBLISH
Fathurrohman, M. 2017. Belajar dan Pembelajaran Modern : Konsep dasar, Inovasi dan Teori Pembelajaran. Yogyakarta. Garudhawaca.
Fitra, Muh. Dan Luthfiyah, 2017. Metode Penelitian ; Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus. Sukabumi. CV. Jejak
Hanum, Latifah. 2017. Perencanaan Pembelajaran. Banda Aceh. Syiah Kuala University Press.
Ibnu Badar, Trianto. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual : Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum 2013. Jakarta. Kencana
Ismail, M. & Aflahah. 2017. Konsep Dasar Belajar dan Pembelajaran. Madura.Duta Media
Lefudin, 2017, Belajar dan Pembelajaran Dilengkapi dengan Model Pembelajaran, Strategi Pembelajaran, Pendekatan dan Metode Pembelajaran. Yogyakarta, Deepublish
Manzilati, Asfi. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif : Paradigma, Metode dan Aplikasinya. Malang. Universitas Brawijaya Media
Muri, A. 2015. Asesmen Dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta. Kencana.
Priansa, Donni. 2017. Pengembangan Strategi Dan Model Pembelajaran : Inovatif, Kreatif, Dan Prestatif Dalam Memahami Peserta Didik. Bandung : Pustaka Setia
Riyanto, Yatim. 2014. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta. Kencana
Rusman, 2017, Belajar dan pembelajaran berorientasi standar proses Pendidikan, kencana, Jakarta
Siti Mina Tamah. 2015. Model Asesmen Pembelajaran Kooperatif: Strategi Menjawab Tantangan. Surabaya. PT Revka Petra Media
Suyanto & Jihad, Asep. 2013. Menjadi Guru Profesional : Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Global. Jakarta. Erlangga
Shobirin, Ma’as, 2016, Konsep dan implementasi Kurikulum 3013 di Sekolah Dasar, Deepublish, Yogyakarta
Darmadi, 2017, Pengembangan Model dan metode pembelajaran dalam dinamika belajar siswa, CV Budi Utama, Yogyakarta
Al Tabani, Trianto Ibnu B, 2017, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan kontekstual, Kencana, Jakarta
Sanjaya, Wina, 2017, Paradigma Bari Mengajar, Kencana, Jakarta
Hanum, Latifah & Rahma Johar, 2016, Strategi Belajar mengajar, CV. Budi Utama, Yogyakarta
10.33650/trilogi.v4i1.5911 |
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Sri Indra Wardani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This ejournal system and its contents are licensed under
a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License