Upaya Meningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Seni Budaya dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Example Non Example Siswa Kelas VIIC SMP Negeri 1 Jatiroto
Authors (s)
(1) * Sri Indra Wardani   (SMP Negeri 1 Jatiroto Jember)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author
AbstractPenelitian Tindakan Kelas ini dilatarbelakangi karena masih rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa materi menerapkan ragam hias pada bahan tekstil. Dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini penulis mencoba mengajukan usulan tindakan agar aktivitas dan hasil belajar seni budaya materi menerapkan ragam hias pada bahan tekstil meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk menigkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa materi menerapkan ragam hias pada bahan tekstil dengan model pembelajaran kooperatif tipe example non example siswa kelas VIIC SMP Negeri 1 jatiroto tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus, dalam setiap siklus terdapat empat komponen, yaitu perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Subyek penelitian adalah siswa kelas VIIC SMP Negeri 1 Jatiroto yang berjumlah 33 orang. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa sebesar 28,10% dari 59,47 pada keadaan awal menjadi 76,18 pada siklus 1. Sedangkan ketuntasan klasikal Hasil belajar siswa mengalami kenaikan sebesar 24,71% dari 60,7 pada keadaan sebelum tindakan menjadi 75,7 setelah tindakan pada siklus 1 dengan kategori masih belum tuntas secara klasikal.. Pada siklus 2 aktivitas belajar siswa mengalami kenaikan dari 76,18 menjadi 88,64 atau meningkat sebesar 16,36% . Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa meningkat dari 75,7 menjadi 90,9 atau naik sebesar 20,08%. |
Keywords
Full Text: PDF
Article View
Abstract views : 119 times | PDF files viewed : 79 times10.33650/trilogi.v4i1.5911 |
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Sri Indra Wardani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This ejournal system and its contents are licensed under
a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License