Efektivitas Pendidikan Kesehatan Gigi dengan Media Video dan Flip Chart terhadap Pengetahuan Pencegahan Karies Gigi pada Usia Pra Sekolah di TK PKK Sinar Putra Desa Binor

DOI: https://doi.org/10.33650/trilogi.v4i3.6906

Authors (s)


(1) * Manisah Salma   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(2)  Zainal Munir   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(3)  Vivin Nur Hafifah   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Karies gigi merupakan penyakit mulut utama dan masalah kesehatan masyarakat yang menghambat pencapaian dan pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut pada semua kelompok umur. Salah satu pendidikan kesehatan yang efektif pada anak usia pra sekolah untuk mencegah terjadinya penyakit karies gigi yaitu dengan media video Dan flip chart. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi efektivitas pedidikan kesehatan gigi dengan media video dan flip chart terhadap pengetahuan pencegahan karies gigi pada usia pra sekolah di Tk Pkk Sinar Putra Desa Binor. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimental  jenis rancangan ini menggunakan non equivalent contol group. Populasinya adalah anak-anak  di Tk Pkk Sinar Putra Desa Binor Kecamatan Paiton Kabupaten Probolinggo dengan jumlah 40 orang dengan menggunakan tekhnik total sampling. Analisa data menggunakan uji kappa dan uji paired sample t-test. Hasil menunjukkan nilai sig (2-tailed) pada flip chart sebesar 0,000<0,05 maka terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil penelitian pada data pretest dan posttest. Sedangkan pada video 0,000<0,05 maka terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil penelitian pada data pretest dan posttest.



Keywords

Karies Gigi, media video dan flip chart, Pendidiakn Kesehatan, Pengetahuan, Pencegahan



Full Text: PDF



Article View

Abstract views : 104 times | PDF files viewed : 101 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/trilogi.v4i3.6906


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 manisah salma

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This ejournal system and its contents are licensed under

a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License