Tatalaksana Manajemen Peserta Didik di MTs Miftahul Ulum Kecamatan Paiton Probolinggo

DOI: https://doi.org/10.33650/trilogi.v4i3.7006

Authors (s)


(1) * Abdurrahman Abdurrahman   (Universitas Nurul Jadid,)  
        Indonesia
(2)  Muhammad Ainal   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(3)  Sholehudin Sholehudin   (Universitas Nurul Jadid,)  
        Indonesia
(4)  Muhammad Taufiki   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(5)  Rizkiyanto Rizkiyanto   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Tercapainya tujuan pendidikan di madrasah sangat dipengaruhi oleh faktor peserta didik. Segala kegiatan di madrasah bermuara pada peserta didik dan keberadaan peserta didik berperan sebagai subyek sekaligus obyek dalam proses pendidikan di madrasah. Dalam kaitan ini pengelolaan peserta didik perlu mendapatkan perhatian yang serius dari para pemegang manajerial di madrasah. Kajian ini difokuskan pada tatalaksana pengelolaan peserta didik di MTs Miftahul Ulum dengan sub fokusnya: (1) Seperti apa tatalaksana dalam manajemen peserta didik, (2) Apa saja alat yang digunakan madrasah dalam manajemen peserta didik, (3) Macam-macam tatalaksana manajemen peserta didik, (4) Teknologi apa yang digunakan madrasah  dalam tatalaksana manajemen peserta didik. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui: observasi, dokumentasi dan wawancara mendalam. Setelah diperiksa keabsahannya, data dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dan kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan peserta didik harus dipersiapkan sedini mungkin pada setiap awal tahun pelajaran. Pengorganisasian peserta didik dimulai dari pengelompokan kelas berdasarkan hasil tes sehingga terbentuk kelas binaan. Kemudian Kepala Madrasah memberikan tanggung jawab dan wewenang kepada wali kelas untuk membina dan mengarahkan para peserta didik.


Keywords

Tatalaksana; Pengelolaan; Peserta Didik



Full Text: PDF



References


Abdurahman, A. (2017). PENGEMBANGAN DESAIN DAN PENDEKATAN PERENCANAAN (PLANNING) DALAM MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM. AL-TANZIM : JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v1i2.110

Alwi, B. M., Ramadani, S., Suhanir, S., Safira, Z., & Herma, T. (2018). MANAJEMEN PESERTA DIDIK PADA TAMAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DO’A IBU. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 1(1). https://doi.org/10.24252/nananeke.v1i1.6906

Christianto, A., & Evi Muafiah. (2021). MANAJEMEN PESERTA DIDIK DALAM PENINGKATAN MUTU LULUSAN PADA MADRASAH DINIYAH HIDAYATUL MUBTADIIN PAGOTAN. Excelencia: Journal of Islamic Education & Management, 1(01). https://doi.org/10.21154/excelencia.v1i01.216

Fadilla, A. N., Ramadhani, D., & ... (2022). Manajemen Peserta Didik Dalam Manajemen Berbasis Sekolah Di Sd Tarsisius Vireta. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan …, I(1).

Fathurohman, S. (2022). Manajemen Peserta Didik di MTs Persis Lempong Garut. TADBIR MUWAHHID, 6(1). https://doi.org/10.30997/jtm.v6i1.5150

Goo, M. Y. (2020). Manajemen Peserta Didik Anak Berkebutuhan Khusus Melalui Pendekatan Lingkungan Inklusi Ramah Pembelajaran (LIRP) Pada Sekolah Dasar Reguler. Jurnal Pelayanan Pastoral, 1(1). https://doi.org/10.53544/jpp.v1i1.141

Gusti, G., & Karnati, N. (2021). Manajemen Peserta Didik dalam Upaya Peningkatan Kualitas Sekolah: Systematic Literature Review. Intizar, 27(2). https://doi.org/10.19109/intizar.v27i2.10249

Mohamad Muspawi. (2020). Memahami Konsep Dasar Manajemen Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(3).

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). In PT. Remaja Rosda Karya.

Muhammad, G., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2021). Proses Manajemen Peserta Didik dalam Membentuk Karakter Religius. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 6(2). https://doi.org/10.15575/ath.v6i2.14772

Muna, B., Rahman, M. A., & Amelia, S. (2022). Pentingnya Manajemen Kesiswaan Bagi Peserta Didik Di sekolah. Tugas Mata Kuliah ….

Oktaviani, F. (2019). Manajemen Peserta Didik Dalam Pengembangan Minat Dan Bakat Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler. Joyful Learning Journal, 8(4).

Sella Nuryani, Oyoh Bariah, N. R. (2022). Pelaksanaan Manajemen Peserta Didik dalam Peningkatan Mutu Lulusan Peserta Didik di MTsN 1 Karawang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6.

Shah, A., & Rakhmadi, A. J. (2022). Manajemen Peserta Didik Pada Smp Swasta Dharma Utama Desa Sukasari Kabupaten Serdang Bedagai. Edumaniora, 01.

Sugiono, P. D. (2014). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif.pdf. In Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.

Thalib, M. A. (2022). PELATIHAN ANALISIS DATA MODEL MILES DAN HUBERMAN UNTUK RISET AKUNTANSI BUDAYA. Madani: Jurnal Pengabdian Ilmiah, 5(1). https://doi.org/10.30603/md.v5i1.2581


Article View

Abstract views : 41 times | PDF files viewed : 36 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/trilogi.v4i3.7006


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Abdurrahman Abdurrahman, Muhammad Ainal, Sholehudin Sholehudin, Muhammad Taufiki, Rizkiyanto Rizkiyanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This ejournal system and its contents are licensed under

a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License