Efektivitas Metode Sorogan dan Peer Education terhadap Pengetahuan dan Sikap Pencegahan Demam Berdarah Dengue (DBD) pada Siswa MTs Al-Khairiyah Buleleng, Bali

DOI: https://doi.org/10.33650/trilogi.v4i3.7054

Authors (s)


(1) * Winda Mardiana   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(2)  Handono Fatkhur Rahman   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(3)  Vivin Nur Hafifah   (Universitas Nurul Jadid)
(*) Corresponding Author

Abstract


Demam berdarah dengue merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus Dengue yang ditularkan dari orang ke orang melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti yang merupakan vektor paling utama. Promosi kesehatan dengan menggunakan metode yang tepat dapat meningkatkan pengetahuan serta sikap seseorang tentang suatu penyakit. Salah satu promosi kesehatan yang efektif pada siswa untuk mencegah terjadinya penyakit DBD yaitu dengan metode sorogan dan peer education. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experimental dengan menggunakan rancangan pretest-posttest. Sampel yang digunakan 32 kelompok sorogan, 32 kelompok peer education, dan 32 kelompok kontrol dengan menggunakan teknik Purposive Sampling.  Analisis data menggunakan uji Wilcoxon dan uji Mann Withney. Menunjukkan adanya perbedaan nilai P-value pada pengetahuan siswa tentang pencegahan DBD sebelum dan sesudah intervensi dengan nilai signifikansi pengetahuan antara kelompok sorogan dengan kontrol 0,000, kelompok peer education dengan kontrol 0,000, kelompok sorogan dengan peer education 0,001. Perbedaan nilai sikap antara kelompok sorogan dengan kontrol 0,000, kelompok peer education dengan kontrol 0,000, kelompok sorogan dengan peer education 0,004. Metode sorogan lebih efektif dari pada metode peer education dan kontrol dalam meningkatkan pengetahuan siswa MTs Al-khariyah Buleleng Bali. Metode peer education lebih efektif dari pada metode sorogan dan kontrol dalam meningkatkan sikap siswa MTs Al-khariyah Buleleng Bali.



Keywords

Metode Sorogan; Peer Education; Pengetahuan; Sikap



Full Text: PDF



References


Arifin, A., Fakhruddin, & Ristianti, D. H. (2022). Metode Sorogan Dalam Meningkatkan Minat dan Keterampilan Membaca Kitab Kuning Santri Al-Afiyah Bogor Jawa Barat. XI.

Astari, R., & Fitriyani, E. (2019). Pengaruh Peer Education Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Remaja Tentang Pencegahan HIV-AIDS Di Smk Korpri Majalengka. Jurnal Ilmu Kesehatan Bhakti Husada: Health Sciences Journal, 10(2), 143–152. https://doi.org/10.34305/jikbh.v10i2.93

Dinkes, B. (2021). Profil Kesehatan Provinsi Bali 2021.

Fauzi, A. K. (2018). Pengaruh Intervensi Promosi Kesehatan Metode Sorogan dan Peer Education Terhadap Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun (CPTS) dengan Pendekatan Health Promotion Model (HPM) pada Santri Pondok Pesantren Nurul Jadid. Thesis.

Handayani, I. N., Age, G., Ilmiah, J., Kembang, T., & Usia, A. (2018). Metode Sorogan dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Alquran pada Anak. Golden Age Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 3(2), 103–114.

Jabir Muhammad, W. (2020). Efektivitas Metode Sorogan Terhadap Pembelajaran Nahwu Di Pondok Pesantren Raudhatul Mustofah Lilkhairat. Al-Bariq Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1(1), 1–13.

Kemenkes RI 2020. (n.d.). Profil kesehatan Indonesia 2020.

M, Qomar. (1998). Pesantren Dari Transformasi Metodologi Menuju Demokratisasi Institusi. Erlangga.

Novita, S. (2019). Efektifitas Penyuluhan Metode Lomba Cerdas Cermat dengan Modifikasi Puzzle Dibandingkan dengan Metode Ceramah dalam Peningkatan Pengetahuan Tentang DBD pada Siswa SD Kelas V SDN 060885 dan SDN 060895 Padang Bulan Kota Medan. Anatomica Medical Journal, 2(1), 43–53. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/AMJ/article/view/2600

Nurokhmiyati. (2021). Efektivitas metode sorogan terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran al Qur ` an The effectiveness of the sorogan method on improving student learning outcomes in learning the Qur ’ an. 1(2), 64–70.

Purnani, W. T., & Qoni’ah, B. (2018). Efektivitas Pendidikan Kesehatan Metode Peer Group Education Dengan Metode Demonstrasi Terhadap Keterampilan Sadari. 2(1), 69–75.

Putranto, A. Y. (2015). Efektivitas promosi kesehatan dengan metode peer education terhadap pengetahuan siswa sman 1 rasau jaya tentang demam berdarah dengue (dbd) tahun 2014.

Putranto, A. Y., Fitriangga, A., & Liana, D. F. (2015). Promosi Kesehatan dengan Metode Peer Education Terhadap Pengetahuan Demam Berdarah Dengue (DBD) Siswa SMA. 1(2), 39–44.

Putri, A. A., Widiati, A., Alita, U., & Wayor, M. (2016). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Pencegahan Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kelurahan Sambiroto Tembalang. Jurnal SMART Keperawatan, 3(2), 26–38.

Putri, U. A., Kostania, G., & Suroso. (2019). Pengaruh Pendidikan Sebaya (Peer Education) Terhadap Sikap Dalam Pencegahan Anemia Pada Remaja Putri Di Posyandu Remaja Desa Pandes Klaten. Kebidanan Dan Kesehatan TRadisional, 4(1).

Rusdiana, & Maria, I. (2020). Pengaruh Peer Education Terhadap Pengetahuan Kehamilan Pada Kelas Ibu Hamil. Jurnal Keperawatan Suaka Insan (Jksi), 5(1), 116–120. https://doi.org/10.51143/jksi.v5i1.227

Shokhibul Fakhor, A. Syathori, M. N. (2019). Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam Vol. 4, No 1, Juni 2019. Efektivitas Penerapan Metode Sorogan Dengan Kemampuan Membaca Kitab Safinatun Najah Santri Pondok Pesantren Al- Inaaroh Desa Mertapada Kulon Kecamatan Astanajapura Kabupaten Cirebon, 4(1), 178–197.

Simanjuntak, N. H. (2021). Perbandingan Efektivitas Penyuluhan Demam Berdarah Dengue dengan Metode Role Play dan Metode Permainan Simulasi terhadap Perilaku Ibu tentang DBD di Kecamatan Medan Deli. 7(1), 5–8.

Sugiyono, & Darnoto, S. (2016). Pengaruh Pelatihan Pencegahan Demam Berdarah Dengue (DBD) Terhadap Tingkat Pengetahuan dan Sikap Siswa di SDN Wirogunan I Kartasura Kabupaten Sukoharjo. 9(2), 84–92.

W.S, W. (1999). Psikologi Pengajaran. Grasindo.

Wowor, R. (2017). Pengaruh Kesehatan Lingkungan terhadap Perubahan Epidemiologi Demam Berdarah di Indonesia. E-CliniC, 5(2). https://doi.org/10.35790/ecl.5.2.2017.16879

Yasmadi. (2002). Modernisasi Pesantren; Kritik Nurcholis Majid Terhadap Pendidikan Islam Tradisional. Ciputan Press.

Yudha, P. A., Firiangga, A., & Liana, D. F. (2012). Promosi Kesehatan Dengan Metode Peer Education Terhadap Pengetahuan Demam Berdarah Dengue ( DBD ) Siswa SMA. Jurnal Vokasi Kesehatan, 1–6.

Arifin, A., Fakhruddin, & Ristianti, D. H. (2022). Metode Sorogan Dalam Meningkatkan Minat dan Keterampilan Membaca Kitab Kuning Santri Al-Afiyah Bogor Jawa Barat. XI.

Astari, R., & Fitriyani, E. (2019). Pengaruh Peer Education Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Remaja Tentang Pencegahan HIV-AIDS Di Smk Korpri Majalengka. Jurnal Ilmu Kesehatan Bhakti Husada: Health Sciences Journal, 10(2), 143–152. https://doi.org/10.34305/jikbh.v10i2.93

Dinkes, B. (2021). Profil Kesehatan Provinsi Bali 2021.

Fauzi, A. K. (2018). Pengaruh Intervensi Promosi Kesehatan Metode Sorogan dan Peer Education Terhadap Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun (CPTS) dengan Pendekatan Health Promotion Model (HPM) pada Santri Pondok Pesantren Nurul Jadid. Thesis.

Handayani, I. N., Age, G., Ilmiah, J., Kembang, T., & Usia, A. (2018). Metode Sorogan dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Alquran pada Anak. Golden Age Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 3(2), 103–114.

Jabir Muhammad, W. (2020). Efektivitas Metode Sorogan Terhadap Pembelajaran Nahwu Di Pondok Pesantren Raudhatul Mustofah Lilkhairat. Al-Bariq Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1(1), 1–13.

Kemenkes RI 2020. (n.d.). Profil kesehatan Indonesia 2020.

M, Q. (1998). Pesantren Dari Transformasi Metodologi Menuju Demokratisasi Institusi. Erlangga.

Novita, S. (2019). Efektifitas Penyuluhan Metode Lomba Cerdas Cermat dengan Modifikasi Puzzle Dibandingkan dengan Metode Ceramah dalam Peningkatan Pengetahuan Tentang DBD pada Siswa SD Kelas V SDN 060885 dan SDN 060895 Padang Bulan Kota Medan. Anatomica Medical Journal, 2(1), 43–53. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/AMJ/article/view/2600

Nurokhmiyati. (2021). Efektivitas metode sorogan terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran al Qur ` an The effectiveness of the sorogan method on improving student learning outcomes in learning the Qur ’ an. 1(2), 64–70.

Purnani, W. T., & Qoni’ah, B. (2018). Efektivitas Pendidikan Kesehatan Metode Peer Group Education Dengan Metode Demonstrasi Terhadap Keterampilan Sadari. 2(1), 69–75.

Putranto, A. Y. (2015). Efektivitas promosi kesehatan dengan metode peer education terhadap pengetahuan siswa sman 1 rasau jaya tentang demam berdarah dengue (dbd) tahun 2014.

Putranto, A. Y., Fitriangga, A., & Liana, D. F. (2015). Promosi Kesehatan dengan Metode Peer Education Terhadap Pengetahuan Demam Berdarah Dengue (DBD) Siswa SMA. 1(2), 39–44.

Putri, A. A., Widiati, A., Alita, U., & Wayor, M. (2016). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Pencegahan Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kelurahan Sambiroto Tembalang. Jurnal SMART Keperawatan, 3(2), 26–38.

Putri, U. A., Kostania, G., & Suroso. (2019). Pengaruh Pendidikan Sebaya (Peer Education) Terhadap Sikap Dalam Pencegahan Anemia Pada Remaja Putri Di Posyandu Remaja Desa Pandes Klaten. Kebidanan Dan Kesehatan TRadisional, 4(1).

Rusdiana, & Maria, I. (2020). Pengaruh Peer Education Terhadap Pengetahuan Kehamilan Pada Kelas Ibu Hamil. Jurnal Keperawatan Suaka Insan (Jksi), 5(1), 116–120. https://doi.org/10.51143/jksi.v5i1.227

Shokhibul Fakhor, A. Syathori, M. N. (2019). Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam Vol. 4, No 1, Juni 2019. Efektivitas Penerapan Metode Sorogan Dengan Kemampuan Membaca Kitab Safinatun Najah Santri Pondok Pesantren Al- Inaaroh Desa Mertapada Kulon Kecamatan Astanajapura Kabupaten Cirebon, 4(1), 178–197.

Simanjuntak, N. H. (2021). Perbandingan Efektivitas Penyuluhan Demam Berdarah Dengue dengan Metode Role Play dan Metode Permainan Simulasi terhadap Perilaku Ibu tentang DBD di Kecamatan Medan Deli. 7(1), 5–8.

Sugiyono, & Darnoto, S. (2016). Pengaruh Pelatihan Pencegahan Demam Berdarah Dengue (DBD) Terhadap Tingkat Pengetahuan dan Sikap Siswa di SDN Wirogunan I Kartasura Kabupaten Sukoharjo. 9(2), 84–92.

W.S, W. (1999). Psikologi Pengajaran. Grasindo.

Wowor, R. (2017). Pengaruh Kesehatan Lingkungan terhadap Perubahan Epidemiologi Demam Berdarah di Indonesia. E-CliniC, 5(2). https://doi.org/10.35790/ecl.5.2.2017.16879

Yasmadi. (2002). Modernisasi Pesantren; Kritik Nurcholis Majid Terhadap Pendidikan Islam Tradisional. Ciputan Press.

Yudha, P. A., Firiangga, A., & Liana, D. F. (2012). Promosi Kesehatan Dengan Metode Peer Education Terhadap Pengetahuan Demam Berdarah Dengue ( DBD ) Siswa SMA. Jurnal Vokasi Kesehatan, 1–6.


Article View

Abstract views : 83 times | PDF files viewed : 50 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/trilogi.v4i3.7054


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Winda Mardiana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This ejournal system and its contents are licensed under

a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License