Pengaruh Metode Singing dan Dancing Handwash pada Anak Prasekolah di RA. Al-Azhar, RA. Masyitoh VI, dan RA. Masyitoh VII Kecamatan Paiton
Authors (s)
(1)  Siti Nur Kholishoh   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(2)  Zainal Munir   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(3) * Baitus Sholehah   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author
AbstractPromosi cuci tangan adalah kegiatan pendidikan kesehatan terkait teknik cuci tangan dengan tujuan agar bersih dari kotoran dan membunuh kuman penyebab penyakit yang dapat merugikan kesehatan. Metode singing dan dancing handwash merupakan salah satu bentuk metode yang bisa mengontrol dan mengamati setiap perkembangan anak, seperti perkembangan verbal, pendengaran daya tangkap, motorik, peniruan dan lain sebagainya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh metode singing dan dancing handwash terhadap keterampilan teknik cuci tangan pada anak usia prasekolah di RA. Al-Azhar, RA. Masyitoh VI, dan RA. Masyitoh VII kecamatan paiton. Jenis penelitian ini adalah pra-experimental dengan three group pra-post test design yang termasuk dalam metode penelitian kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan adalah porposive sampling, Besar sampel untuk penelitian ini adalah 35 orang setiap kelompok. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret 2022. Analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji Friedman. Hasil analisis data dengan uji Friedman didapatkan nilai Asym. Sig 0,000<0,05, maka ada pengaruh yang signifikan sebelum dan sesudah dilakukan intervensi singing dan dancing handwash. Hasil analisis data dengan uji Kruskal-Wallis sesudah dilakukan intervensi didapatkan nilai Asymp.Sig 0.142 (P.Velue >0.05) yang artinya tidak ada perbedaan yang signifikan antara kelompok intervensi. Keterampilan teknik cuci tangan pada anak usia prasekolah menjadi lebih baik antara sebelum dan sesudah dilakukan promosi cuci tangan dengan metode singing dan dancing handwash dikarenakan metode tersebut merupakan metode yang sesuai dengan tahapan perkembangan anak seperti perkembangan verbal, pendengaran daya tangkap, motorik, peniruan dan lain sebagainya yang di sajikan dengan kegiatan yang lebih menarik
|
Keywords
Anak usia prasekolah, Metode singing dan dancing handwash
Full Text: PDF
Article View
Abstract views : 101 times | PDF files viewed : 66 times10.33650/trilogi.v4i3.7206 |
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Siti Nur Kholishoh, Zainal Munir, Baitus Sholehah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This ejournal system and its contents are licensed under
a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License