Pengaruh Metode Singing dan Dancing Handwash pada Anak Prasekolah di RA. Al-Azhar, RA. Masyitoh VI, dan RA. Masyitoh VII Kecamatan Paiton
AbstractPromosi cuci tangan adalah kegiatan pendidikan kesehatan terkait teknik cuci tangan dengan tujuan agar bersih dari kotoran dan membunuh kuman penyebab penyakit yang dapat merugikan kesehatan. Metode singing dan dancing handwash merupakan salah satu bentuk metode yang bisa mengontrol dan mengamati setiap perkembangan anak, seperti perkembangan verbal, pendengaran daya tangkap, motorik, peniruan dan lain sebagainya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh metode singing dan dancing handwash terhadap keterampilan teknik cuci tangan pada anak usia prasekolah di RA. Al-Azhar, RA. Masyitoh VI, dan RA. Masyitoh VII kecamatan paiton. Jenis penelitian ini adalah pra-experimental dengan three group pra-post test design yang termasuk dalam metode penelitian kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan adalah porposive sampling, Besar sampel untuk penelitian ini adalah 35 orang setiap kelompok. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret 2022. Analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji Friedman. Hasil analisis data dengan uji Friedman didapatkan nilai Asym. Sig 0,000<0,05, maka ada pengaruh yang signifikan sebelum dan sesudah dilakukan intervensi singing dan dancing handwash. Hasil analisis data dengan uji Kruskal-Wallis sesudah dilakukan intervensi didapatkan nilai Asymp.Sig 0.142 (P.Velue >0.05) yang artinya tidak ada perbedaan yang signifikan antara kelompok intervensi. Keterampilan teknik cuci tangan pada anak usia prasekolah menjadi lebih baik antara sebelum dan sesudah dilakukan promosi cuci tangan dengan metode singing dan dancing handwash dikarenakan metode tersebut merupakan metode yang sesuai dengan tahapan perkembangan anak seperti perkembangan verbal, pendengaran daya tangkap, motorik, peniruan dan lain sebagainya yang di sajikan dengan kegiatan yang lebih menarik
|
Keywords
Full Text:
References
Aditya Pradana, Krisnanda, Yuly Peristiowati, Agusta Dian Ellina, Aris Widiyanto, and Joko Tri Atmojo. 2021. “Pengaruh Pendidikan Kesehatan Animasi Lagu Anak-Anak Terhadap Pengetahuan Cuci Tangan Pakai Sabun (Ctps) Anak Usia Sekolah Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Desa Gembol Ngawi.” Avicenna : Journal of Health Research 4(1):24–33. doi: 10.36419/avicenna.v4i1.456.
Dewi ika sari, and Ennes Prisky Paskarinda. 2015. “Faktor Kesehatan, Intelejensi, Dan Jenis Kelamin Mempengaruhi Gangguan Perkembangan Bahasa Anak Prasekolah.” Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents 7(2):107–15.
Ezdha, Awaliyah Ulfah Ayudytha, and Widya Artika Sari. 2019. “Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua Dengan Self Esteem Anak Usia Prasekolah Di TK Negeri Pembina Lll Pekanbaru.” Jurnal Ilmu Keperawatan (Journal of Nursing Sciences) 8:42–51.
Fadlillah, dkk. 2014. EdutaimentPendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Prenadamedia Group.
Indrayani, Eni, Siti Mutoharoh, and Arnika Dwi Asti. 2019. “Metode Senam Cuci Tangan Menurut Unicef Pada Anak Usia The 9 Th University Research Colloqium 2019 Universitas Muhammadiyah Purworejo.” The 9 Th University Research Colloqium 2019 Universitas Muhammadiyah Purworejo.
Juliawan, Dewa Gede, Ni Ketut Ayu Mirayanti, and Ni Ayu Parwati. 2019. “Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Bernyanyi Lagu Cuci Tangan Terhadap Tindakan Mencuci Tangan Anak Prasekolah.” Journal Center of Research Publication in Midwifery and Nursing 3(1):11–20. doi: 10.36474/caring.v3i1.124.
Mansur Arifin Rohman. 2019. Tumbuh Kembang Anak Usia Prasekolah. Andalas University Press.
Muhtar, Sri Wahyuni, Jamilah Jamilah, and Nurwahidah Nurwahidah. 2022. “Pelatihan Lagu Edukasi Anak Sebagai Media Pencegahan Penyebaran Covid-19.” SEMAR (Jurnal Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Seni Bagi Masyarakat) 11(1):52–60.
Nirmala, B., M. Saraswati, and H. Annuar. 2021. “Handwashing Dance Sebagai Literasi Kesehatan Anak Usia Dini Pada Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Kreatif Online 9(1):121–30.
Santrock. W John. 2007. Perkembangan Anak. kesebelas. Jakarta: ERLANGGA.
Soetjiningsih Christiana H. 2012. Seri Psikologi Perkembangan Anak Sejak Pembuahan Sampai Dengan Kanak-Kanak Akhir. Pertama. Depok: Prenadamedia Group.
Statistik, Badan Pusat. 2018. “Proporsi Populasi Yang Mempunyai Kebiasaan Cuci Tangan Yang Benar Menurut Wilayah (Persen).” Retrieved November 4, 2021 (https://www.bps.go.id/indikator/indikator/view_data/0000/data/1813/sdgs_6/1).
Suganda, Ario, Septi Ardianty, and Miranti Florencia Iswari. 2021. “Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Metode Bernyanyi Terhadap Pelaksanaan Cuci Tangan Pakai Sabun Pada Anak TK Negeri Cempaka.” 9.
Sulaiman, Umar, Nur Ardianti, and Selviana Selviana. 2019. “Tingkat Pencapaian Pada Aspek Perkembangan Anak Usia Dini 5-6 Tahun Berdasarkan Strandar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.” NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education 2(1):52. doi: 10.24252/nananeke.v2i1.9385.
Susanti, Eka Mei, and Septi Tri Aksari. 2019. “Perbedaan Perkembangan Anak Pra Sekolah Laki-Laki Dan Perempuan Di Kelurahan Gumilir Kecamatan Cilacap Utara Kabupaten Cilacap.” Media Berbagi Keperawatan 2(1):28–32.
Widhianawati, Nana. 2011. “Pengaruh Pembelajaran Gerak Dan Lagu Dalam Meningkatkan Kecerdasan Musikal Dan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini.” Jurnal Penelitian Pendidikan Edisi Khus(2):154–63.
Yuhanna, Wachidatul Linda, and Mahda Mumtahanah. 2019. “Upaya Meningkatkan Kebiasaan Mencuci Tangan Melalui Hand Washing Dance Pada Siswa PAUD Al Abror Desa Bulakrejo Kabupaten Madiun.” BAKTIMAS : Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat 1(1):13. doi: 10.32672/btm.v1i1.1178.
Yuni Kurnia Prajawati, Mira Triharini, Candra Panji Asmoro. 2014. “Meningkatkan Perilaku Cuci Tangan Melalui Metode Bernyanyi.” 3(September):9–15.
Yusuf, SYamsul. 2020. Psokologi Perkembangan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Zurrahmi Z.R , Sri Hardianti, Fitria Meiriza Syahasti. 2021. “PKM PENGENALAN SENAM 6 LANGKAH CUCI TANGAN DAN SENAM IRAMA PADA SISWA KELAS 5 DAN 6 DI SDN 011 BUKIT KRATAI RUMBIO JAYA.” 1(2):35–39.
10.33650/trilogi.v4i3.7206 |
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Siti Nur Kholishoh, Zainal Munir, Baitus Sholehah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This ejournal system and its contents are licensed under
a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License