Implementasi Etika Bisnis Berkarakteristik Pancasila pada UMKM Produksi Kerupuk di Desa Pesisir Kecamatan Besuki

DOI: https://doi.org/10.33650/trilogi.v4i3.7213

Authors (s)


(1) * Rizki Febri Eka Pradani   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(2)  Kiki Maulia Mufidah   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(3)  Linda Ayu Lestari   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Desa Pesisir merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Besuki sebagai penghasil kerupuk terbanyak se Kecamatan Besuki Kabupaten Situbondo. Diketahui jumlah produsen kerupuk yang tergolong dalam Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) sebanyak 20 usaha dengan produksi kerupuk yang sama yaitu kerupuk ikan. Dalam kegiatan produksinya dengan banyaknya pesaing, tidak terlepas dengan adanya penerapan etika bisnis berkarakteristik Pancasila yang dianut sebagai ideologi bangsa Indonesia dengan tujuan terciptanya ekonomi yang adil dan masyarakat yang makmur. Sesuai dengan rumusan masalah yang disusun tujuan dari pelaksanaan ini adalah untuk mengetahui integrasi etika bisnis bermuatan Pancasila pada UMKM produksi kerupuk di Desa Pesisir. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan dengan menggunakan triangulasi sebagai teknik analisis data. Hasil penelitian menunjukkan UMKM produksi kerupuk di Desa Pesisir melakukan kegiatan produksi, pemasaran, serta perekrutan tenaga kerja dan penguapahannya dengan menanamkan nilai lima sila yang terkandung dalam Pancasila sebagai acuan dalam penerapan etika bisnis Sehingga mampu menciptakan iklim kerja yang harmonis dan memaksimalkan tingkat kepuasan konsumen terhadap produksi kerupuk di daerah tersebut.


Keywords

Etika Bisnis, Pancasila, UMKM



Full Text: PDF



References


Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Makassar: CV. syakir Media Press .

Ali, M. H. (2020). PENERAPAN ETIKA BISNIS DAN STRATEGI MANAJEMEN SAAT PANDEMI COVID -19 BAGI UMKM. Eco-EntrepreneurshiP, 34-42.

Aripin, Z., & Negara, M. (2021). Perilaku Bisnis (Etika Bisnis & Konsumen). ogyakarta: PENERBIT DEEPUBLISH.

Fauzan, & Nuyana, I. (2014). PENGARUHPENERAPANETIKABISNISTERHADAPKEPUASANPELANGGANWARUNGBEBEKH.SLAMETDIKOTAMALANG. Jurnal Ekonomi Modernisasi, 38-55.

Haerisma, A. S. (2019). KONSEPSI PEMIKIRAN DASAR EKONOMI ISLAM, EKONOMI PANCASILA DAN EKONOMI KERAKYATAN UNTUK KESEJAHTERAAN MASYARAKAT. Al-Mustashfa: Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi iSLAM, 187-199.

Hidayat, M. (2010). An Introduction to The Syaria Economic (Pengantar Ekonomi Syariah). Jakarta: Zikrul Hakim.

Kumbadewi, L., Suwendra, I. W., & Agus Jana Susila, G. P. (2021). PENGARUHUMUR, PENGALAMAN KERJA, UPAH, TEKNOLOGI DAN LINGKUNGAN KERJATERHADAP PRODUKTIVITAS KARYAWAN. e-JournalUniversitas Pendidikan Ganesha Jurusan Manajemen, 1-9.

Kusuma, T. D. (2013). Pengaruh proporsi tapioka dan terigu terhadap sifat fisikokimia dan organoleptik kerupuk berseledri. jurnal teknologi pangan dan gizi, 17-28.

Nur Fadhila, H., & Najicha, F. (2021). Pentingnya Memahami Dan Mengimplementasikan Nilai-Nilai Pancasila Di Lingkungan Masyarakat.Pro Patria:. Jurnal Pendidikan, Kewarganegaraan, Hukum, Sosial, Dan Politik, 204-212.

pangestu, F. p., & dkk. (2021). Ekonomi Pancasila Sebagai Pedoman Dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan SDGs 2030. Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Pembangunan, 210-2019.

Powa, G. A., Lapian, S. J., & Wenas, R. S. (2018). PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN WORD OF MOUTH TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN HANDPHONE PADA MAHASISWA FEB UNSRAT . Jurnal EMBA, 1188 - 1197 .

Suraji, R. (2022). Edukasi Etika Bisnis Untuk Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm). Jurnal Abdimas Ekonomi Dan Bisnis, 10-15.

Sutrisna, D. (2010). Etika Bisnis : Konsep dasar implementasi dan kasus. Bali: Udayana University Press.


Article View

Abstract views : 78 times | PDF files viewed : 236 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/trilogi.v4i3.7213


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 RIZKI FEBRI EKA PRADANI, Kiki Maulia Mufidah, Linda Ayu Lestari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This ejournal system and its contents are licensed under

a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License