Local Strongman dalam Branding Image PT. Almuna Indah Wisata Pamekasan

DOI: https://doi.org/10.33650/trilogi.v4i3.7229

Authors (s)


(1) * Rojabi Azharghany   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(2)  Faiz Faiz   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(3)  Saidatul Maghfiroh   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran local strongman (orang kuat lokal) terhadap branding image PT Almuna Indah Wisata Pamekasan. PT Almuna Indah Wisata Pamekasan adalah sebuah perusahaan yang memiliki unit usaha antara lain: Almuna Tour And Travel, PO. Almuna Trans, Perumahan Almuna Citra Indah, Almuna Toserba, Almuna Cafe And Resto, Global Tour And Travel. Penelitian ini menitikberatkan pada usaha menjawab pertanyaan bagaimana peran strongman terhadap branding image PT Al Muna Indah Wisata Pemekasan. Apakah konsep local strongman berpengaruh terhadap brand image perusahaan Almuna Indah Wisata. Dengan menggunakan metode kualitatif data-data yang dihasilkan dianalisis untuk menjawab pertanyaan penelitian yang diajukan. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa local strongman berperan dalam mempengaruhi masyarakat untuk memilih produk dan jasa Almuna. Ditemukan bahwa strongman terdiri dari korelasi kelompok elit pengusaha dan tokoh agama membentuk jaringan kekuatan elit lokal yang bermanfaat bagi Almuna untuk mengembangkan jaringan bisnisnya. relasi dan peran local strongman sangat penting bagi kemajuan PT. Almuna Indah Wisata. Local strongman dapat memberikan dukungan dalam hal kepercayaan, izin keberangkatan, nilai positif bagi karyawan, dan branding image. Begitu juga, melalui integrasi teori-teori yang telah dibahas, bahwa perusahaan Almuna Indah Wisata tidak hanya mencerminkan model bisnis konvensional, tetapi juga terikat erat dengan dinamika sosial, politik, dan budaya di tingkat lokal. Pendekatan ini membantu merinci dan merangkum peran local strongman dalam membentuk serta menjaga citra perusahaan dan hubungan dengan masyarakat.



Keywords

Local Strongman; branding image; PT. Almuna Indah Wisata Pamekasan.



Full Text: PDF



References


Andriyani, L., Wijayanti, H., & Nasih, M. (2023). Sinergitas Pemerintah Lokal , Elit Lokal dan Komunitas Dalam Penyiapan Pencegahan Konflik Horisontal di wilayah Rawan Konflik. 4(1). https://doi.org/10.24853/independen.4.1.50-

Aprilia, R., Saputri, R. A., & Febriani, L. (2021). Strategi Orang Kuat Lokal dalam Pemilu Legislatif Tahun 2019 (Studi pada Pemenangan Calon Legislatif Daerah Pemilihan 4 Kabupaten Bangka). Jurnal Studi Inovasi, 1(3), 1–8. https://doi.org/10.52000/jsi.v1i3.37

Chandra, Y., & Shang, L. (2017). An RQDA-based constructivist methodology for qualitative research. Qualitative Market Research: An International Journal, 20(1), 90–112.

Clark, G. L. (1984). A theory of local autonomy. Annals of the Association of American Geographers, 74(2), 195–208.

Cook, K. S., Cheshire, C., Rice, E. R. W., & Nakagawa, S. (2013). Social exchange theory. Handbook of Social Psychology, 61–88.

Côté, J. E., & Levine, C. (2015). Identity formation, youth, and development: A simplified approach. Psychology Press.

Hanafi Ahmad, Z., & Akbar, A. (2020). Review Pengaruh Local Strongman Di Provinsi Jambi. Japs: Jurnal Administrasi Politik Dan Sosial, 1(1).

Hasna, S., & Irwansyah, I. (2019). Electronic Word of Mouth Sebagai Strategi Public Relation Di Era Digital. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(1), 18. https://doi.org/10.14710/interaksi.8.1.18-27

Hicken, A. (2011). Clientelism. Annual Review of Political Science, 14, 289–310.

Hong, J. Y., Park, S., & Yang, H. (2023). In strongman we trust: The political legacy of the new village movement in South Korea. American Journal of Political Science, 67(4), 850–866.

Hutabarat. (2012). Universitas indonesia. In FENOMENA “ORANG KUAT LOKAL” DI INDONESIA ERA DESENTRALISASI.

Keromytis, A. D. (2001). Strongman: A scalable solution to trust management in networks. University of Pennsylvania.

Liu, W., Sidhu, A., Beacom, A. M., & Valente, T. W. (2017). Social network theory. The International Encyclopedia of Media Effects, 1–12.

MacFarquhar, L. (2003). The strongman. The New Yorker, 79(13), 50.

Peveri, J. (2021). The wise, the politician and the strongman: National leaders’ type and quality of governance.

Pribadi, Y. (2011). Strongmen and religious leaders in java: Their dynamic relationship in search of power. Jurnal Al-Jamiah, 49(1), 159–190.

Sejahtera, S., Bandar, C., & Dalam, L. (2021). Penerapan Strategi Pemasaran di PT. Melia Sehat Sejahtera Cabang Bandar Lampung Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Herbal, Herbal Skincare dan Kosmetik.

Zuryani, N. (2021). Paradise Fabricated: Networking of Local strongmen in Bali. Security, Democracy, and Society in Bali: Trouble with Protection, 133–154.


Article View

Abstract views : 60 times | PDF files viewed : 49 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/trilogi.v4i3.7229


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Rojabi Azharghany, Faiz Faiz, Saidatul Maghfiroh

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This ejournal system and its contents are licensed under

a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License