Pengaruh Harga, Promosi, dan Ulasan Produk terhadap Keputusan Pembelian Melalui Marketplace Shopee pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Bisnis Syariah Angkatan 2019-2022

DOI: https://doi.org/10.33650/trilogi.v5i1.7299

Authors (s)


(1) * Winda Arum Pinasty   (Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung)  
        Indonesia
(2)  Muhammad Alhada Fuadilah Habib   (Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Marketplace merupakan sebuah platform yang bertindak sebagai perantara antara penjual dan pembeli untuk memproses transaksi produk secara online. Shopee merupakan salah satu marketplace yang paling banyak dikunjungi di Indonesia pada kuartal tiga tahun 2023. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, promosi, dan ulasan produk secara simultan dan parsial terhadap keputusan pembelian melalui marketplace Shopee. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan Manajemen Bisnis Syariah angkatan 2019-2022 Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang diambil dengan teknik non probability sampling tepatnya menggunakan teknik purposive sampling. Sampel diambil dengan menggunakan rumus lemeshow sehingga didapatkan jumlah sampel sebesar 100 responden. Pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan kuesioner. Metode analisis yaitu analisis regresi linier berganda yang dilakukan dengan bantuan program SPSS versi 26. Pengujian hipotesis menggunakan uji F simultan dan uji T parsial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa harga, promosi, dan ulasan produk secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk melalui marketplace Shopee. Sedangkan secara parsial harga, promosi, dan ulasan produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk melalui marketplace Shopee.



Keywords

Price; Promotion; Product Review; Purchasing Decisions



Full Text: PDF



References


Agatha, M. (2018). Analisis Pengaruh Harga terhadap Keputusan Pembelian Batik Barong Gung Tulungagung. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(2), 28.

Aghani, T. Y. (2023). Pengaruh Foto Produk, Review, dan Rating terhadap Keputusan Pembelian Online (Studi pada Mahasiswa Manajemen Bisnis Syariah Universitas Sayyid Ali Rahmatullah Angkatan 2018). Tulungagung: Repository Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Retrieved November 20, 2023

Ahdiat, A. (2023, Oktober 11). Tren Pengunjung E-Commerce Kuartal III 2023, Shopee Kian Melesat. Retrieved Oktober 30, 2023, from Katadata.co.id: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/10/11/tren-pengunjung-e-commerce-kuartal-iii-2023-shopee-kian-melesat

Alfirdausi, K., & Marpaung, N. N. (2022). Pengaruh Harga dan Ulasan Produk terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Shopee di Kabupaten Bekasi. Jurnal Parameter, 7(1), 191.

Amilia, S. (2017, Oktober). Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi di Kota Langsa. Jurnal Manajemen dan Keuangan, 6(1), 663.

Anggraini, M., Rahmadhani, R., & Priyono, S. (2023, Juni). Pengaruh Kualitas Produk dan Ulasan Produk terhadap Keputusan Pembelian Produk pada Aplikasi Shopee Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Semester V Universitas Nurul Huda. JECO : Journal of Economic Education and Eco-Technopreneurship, 2(1), 28. Retrieved from http://jsr.unuha.ac.id/index.php/JECO/article/view/233

Anshori, M., & Iswati, S. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Surabaya: Airlangga University Press.

Ardianto, K., Nuriska, F. P., & Nirawati, L. (2020, Oktober). Pengaruh Kepercayaan dan Ulasan Produk terhadap Minat Beli Ulang Emina pada Official Store Shopee di Kota Surabaya. Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara, 2(2), 67.

Arfah, Y. (2022). Keputusan Pembelian Produk. Padang: PT Inovasi Pratama Internasional.

Azmi, U., Sumastuti, E., & Kurniawan, B. (2023, April). Analisis Keputusan Pembelian di Marketplace . MAMEN (Jurnal Manajemen), 2(2), 296. doi:doi:10.55123/mamen.v2i2.1845

Brestilliani, L., & Suhermin. (2020, Februari). Pengaruh Brand Awareness, Brand Ambassador dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Online pada Marketplace Shopee (Studi pada Mahasiswa Stiesia). Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 9(2), 17.

Dama, D. (2016). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen dalam Memilih Laptop Acer di Toko Lestari Komputer Manado. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16(1), 505.

Ekowati, S., Finthariasari, M., & Aslim. (2020, Januari). Pengaruh Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Produk pada Eleven Cafe Bengkulu. Jurnal Ilmiah Akuntansi, Manajemen & Ekonomi Islam (JAM-EKIS), 3(1), 112. doi:https://doi.org/10.36085/jam-ekis.v3i1.555

Ghoni, M. A., & Soliha, E. (2022). Pengaruh Brand Image, Online Customer Review dan Promotion terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Shopee. Jurnal Mirai Management, 7(2), 19. doi:https://doi.org/10.37531/mirai.v7i2.2007

Gunarsih, C. M., Kalangi, J., & Tamengkel, L. F. (2021). Pengaruh Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Toko Pelita Jaya Buyungon Amurang. Productivity, 2(1), 72.

Gunawan, D., Pratiwi, A. D., Arfah, Y., & Hartanto, B. (2022). Keputusan Pembelian Skincare Safi Berbasis Media Marketing. Padang: PT Inovasi Pratama Internasional.

Haribowo, R., Bilgies, A. F., Verawaty, Tannady, H., & Ratnawati. (2022). Analisis Pengaruh Brand Image dan Celebrity Endoser terhadap Purchase Decision Produk Bakery Bittersweet By Najla. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 3(5), 3224. doi:https://doi.org/10.37385/msej.v3i5.1170

Hartanto, B., & Indriyani, L. (2022). Minat Beli di Marketplace Shopee. Padang: PT Inovasi Pratama Internasional.

Heryanto, I. (2015). Analisis Pengaruh Produk, Harga, Distribusi, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian serta Implikasinya pada Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship (e-Journal), 9(22), 80-101. doi:https://doi.org/10.29100/jupeko.v3i2.866

Hidayati, N. L. (2018). Pengaruh Viral Marketing, Online Consumer Reviews, dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Shopee di Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 6(3), 82-83. doi:https://doi.org/10.26740/jptn.v6n2.p%25p

Ilmiyah, K., & Krishernawan, I. (2020, Juni). Pengaruh Ulasan Produk, Kemudahan, Kepercayaan, dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Shopee di Mojokerto. Jurnal Manajemen, 6(1), 33. doi:https://doi.org/10.37403/mjm.v6i1.143

Ivadah, M. N., & Sharif, O. O. (2021). Pengaruh Ulasan Produk terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Fashion pada E-commerce Shopee. eProceedings of Management, 8(4), 3283. Retrieved from https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/15318

Keitharo, J. (2021, Januari 20). Perilaku Berlanja Online di Kalangan Mahasiswa. Retrieved Desember 25, 2022, from Kompasiana.com: https://www.kompasiana.com/josefidkeitharo4198/6007ad378ede480d2219e382/perilaku-belanja-online-di-kalangan-mahasiswa?page=all&page_images=1

Manik, N., & Sukadana, I. W. (2020, Februari). Memahami Ekonomi Digital di Indonesia :Studi Kasus Marketplace. E-Jurnal EP Unud, 9(2), 383-412. Retrieved from https://ojs.unud.ac.id/index.php/eep/article/download/54136/33625

Margaretha, F. (2017). Analisis Hubungan Antara Motif dengan Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi Shopee sebagai Media Berbelanja Online pada Shopeeholics di Kota Samarinda. eJournal Ilmu Komunikasi, 5(4), 26-40. Retrieved from http://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id/site/wp-content/uploads/2017/10/eJournal%20%20Ilmu%20Komunikasi%20(10-13-17-02-49-05).pdf

Nugroho, C. A. (2023). Pengaruh Promosi, Harga, Online Customer Review terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion (Studi pada Mahasiswa Universitas Lampung Pengguna Marketplace Shopee). Bandar Lampung: Digital Repository Unila. Retrieved November 24, 2023

Putri, D. P., Rismawati, D. A., Lestari, M. S., Pravitasari, N., Sapurtri, P., Wahyudi, R., & Rahmawati, Y. (2023, Juni). Pengaruh Harga, Promosi, Ulasan Produk, dan Metode Pembayaran terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace TikTok Shop. Academica: Journal of Multidisciplinary Studies, 7(1), 88. doi:https://doi.org/10.22515/academica.v7i1.7400

Rozi, I. A., & Khuzaini. (2021, Mei). Pengaruh Harga, Keragaman Produk, Kualitas Pelayanan dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian di Marketplace Shopee. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 10(5), 18. Retrieved from http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/4017

Saputra, M. R., Chalid, F. I., & Budianto, H. (2023). Metode Ilmiah & Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kepustakaan (Bahan Ajar Madrasah Riset). Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Sari, A. A., & Habib, M. A. (2023). Strategi Pemasaran Menggunakan Fitur Shopee Live Streaming sebagai Media Promosi untuk Meningkatkan Daya Tarik Konsumen (Studi Kasus Thrift Shop di Kabupaten Tulungagung). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(17), 42. doi:https://doi.org/10.5281/zenodo.8280759

Sari, F. P., & Kurniawan, R. (2022). Pengaruh Promosi, Harga dan Ulasan Produk terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Shopee. Simposium Nasional Manajemen dan Bisnis (SIMANIS) dan Call for Paper, 1(1), 473. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/simanis/article/view/1751/1418

Senggetang, V., Mandey, S. L., & Moniharapon, S. (2019, Januari). Pengaruh Lokasi, Promosi dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Perumahan Kawanua Emerald City Manado. Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 7(1), 882-883. doi:https://doi.org/10.35794/emba.v7i1.22916

Septyadi, M. A., Salamah, M., & Nujiyatillah, S. (2022). Literature Review Keputusan Pembelian dan Minat Beli Konsumen pada Smartphone: Harga dan Promosi. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(1), 309. doi:https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1.876

Shafa, P. M., & Hariyanto, J. (2020). Pengaruh Harga, Ulasan Produk, dan Metode Pembayaran terhadap Keputusan Pembelian dalam Berbelanja Online melalui Aplikasi Shopee (Studi Kasus pada Pengguna Aplikasi Shopee di Bekasi). Jakarta: Repository STIE Jakarta. Retrieved Agustus 19, 2023, from http://repository.stei.ac.id/id/eprint/1540

Sitorus, D., & Batubara, M. (2023). Pengaruh Harga, Promosi, dan Ulasan Produk terhadap Keputusan Pembelian di E-Commerce Lazada pada Mahasiswa Fakultas Psikologi UNPRI Medan. Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 10(3), 1591. doi:http://dx.doi.org/10.31604/jips.v10i3.2023.160-175

Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Tarifu, L., Wardanhi, S. S., Susilawaty, F. T., & Masrul. (2023). Telemedicine Consultation: Is It Efective? Jurnal Ilmu Komunikasi UHO :Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Sosial dan Informasi, 8(2), 182. doi:https://doi.org/10.52423/jikuho.v8i2.25

TU FEBI UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung (2023). Jumlah Mahasiswa Aktif Jurusan Manajemen Bisnis Syariah Angkatan 2019-2022. UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung.

Ulfatun, T., Udhma, U. S., & Dewi, R. S. (2016, Agustus). Analisis Tingkat Literasi Keuangan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta Tahun Angkatan 2012-2014. Pelita - Jurnal Penelitian Mahasiswa UNY, XI(2), 6. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/pelita/article/view/10924/8185

Wicaksono, S. Y., & Mashariono. (2020, Juli). Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Pelayanaan terhadap Keputusan Pembelian Tiki di Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 9(7). Retrieved from http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/3100

Wijaya, R., Yuliana, I. D., Fiandari, Y. R., Praharjo, A., & Hilmi, L. D. (2022). Mengulik Bisnis Transmart Carrefour. Malang: Pustaka Peradaban.

Yusuf, M., & Daris, L. (2018). Analisis Data Penelitian Teori & Aplikasi dalam Bidang Perikanan. Bogor: PT Penerbit IPB Press.

Yusuf, R., Hendrayati, H., & Wibowo, L. A. (2020, Juli). Pengaruh Konten Pemasaran Shopee terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(2), 510-511. doi:https://doi.org/10.38035/jmpis.v1i2.289


Article View

Abstract views : 79 times | PDF files viewed : 8 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/trilogi.v5i1.7299


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Winda Arum Pinasty, Muhammad Alhada Fuadilah Habib

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This ejournal system and its contents are licensed under

a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License