Pengaruh Harga, Promosi, dan Ulasan Produk terhadap Keputusan Pembelian Melalui Marketplace Shopee pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Bisnis Syariah Angkatan 2019-2022

DOI: https://doi.org/10.33650/trilogi.v5i1.7299

Authors (s)


(1) * Winda Arum Pinasty   (Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung)  
        Indonesia
(2)  Muhammad Alhada Fuadilah Habib   (Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Marketplace merupakan sebuah platform yang bertindak sebagai perantara antara penjual dan pembeli untuk memproses transaksi produk secara online. Shopee merupakan salah satu marketplace yang paling banyak dikunjungi di Indonesia pada kuartal tiga tahun 2023. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, promosi, dan ulasan produk secara simultan dan parsial terhadap keputusan pembelian melalui marketplace Shopee. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan Manajemen Bisnis Syariah angkatan 2019-2022 Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang diambil dengan teknik non probability sampling tepatnya menggunakan teknik purposive sampling. Sampel diambil dengan menggunakan rumus lemeshow sehingga didapatkan jumlah sampel sebesar 100 responden. Pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan kuesioner. Metode analisis yaitu analisis regresi linier berganda yang dilakukan dengan bantuan program SPSS versi 26. Pengujian hipotesis menggunakan uji F simultan dan uji T parsial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa harga, promosi, dan ulasan produk secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk melalui marketplace Shopee. Sedangkan secara parsial harga, promosi, dan ulasan produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk melalui marketplace Shopee.



Keywords

Price; Promotion; Product Review; Purchasing Decisions



Full Text: PDF



Article View

Abstract views : 246 times | PDF files viewed : 318 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/trilogi.v5i1.7299


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Winda Arum Pinasty, Muhammad Alhada Fuadilah Habib

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This ejournal system and its contents are licensed under

a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License