Efektivitas Tapid Sponge dan Foot Bath terhadap Nyeri Desminorea pada Remaja Putri di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Wongsorejo Banyuwangi

DOI: https://doi.org/10.33650/trilogi.v5i1.7300

Authors (s)


(1) * Ayyul Fariqoini   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(2)  Setiyo Adi Nugroho   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(3)  Sri Astutik Andayani   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Dampak dari dismenorea dapat mengganggu aktivitas remaja dan menyebabkan ketidakhadiran siswi di sekolah, Dismenore atau nyeri haid merupakan salah satu keluhan yang dialami wanita saat menstruasi. biasanya dengan rasa kram dan terpusat pada abdomen bagian bawah yang menjalar kepunggung bawah sampai ke paha. Dismenore primer merupakan permasalahan yang banyak menyerang remaja putri. Dampak dari dismenorea dapat mengganggu aktivitas remaja dan menyebabkan ketidakhadiran siswi di sekolah, Dismenorea atau nyeri haid merupakan salah satu keluhan yang dialami wanita saat menstruasi. biasanya dengan rasa kram dan terpusat pada abdomen atau perut bagian bawah yang menjalar kepunggung bawah sampai ke paha Keluhan ini dapat terjadi bervariasi mulai dari yang ringan sampai berat. Setiap wanita pada masa pubertas akan mengalami menstruasi, saat menstruasi mayoritas wanita akan mengalami gangguan menstruasi  diantaranya disminore tujuan melakukan terapi non farmakologis ini yaitu untuk mengurangi disminore dengan cara melakukan terapi tapid sponge dan foot bath dengan cara menganalisis Lebih Efektif manakah antara kedua intevensi tersebut, sedangkan penelitian ini menggunakan uji statistik wilcoxon dan mann whitney dengan menggunakan rancangan pretest dan postest  sebanyak 96 reponden, dengan kelompok intervensi tapid sponge dan kelompok intervensi foot bath, dari hasil analisis menggunakan uji mann whitney Menunjukkan uraian tabel diatas bahwa lebih efektif terapi tapid sponge dibandingkan terapi foot bath pada remaja putri di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Bengkak Wongsorejo Banyuwangi, Maka didapatkan  <0,005 yang artinya Ha diterima HO ditolak yang berarti ada pengaruh yang signifikasi terhadap intervensi tapid sponge pada penurunan nyeri desminore primer pada remaja putri di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Wongsorejo    Banyuwangi.





Full Text: PDF



References


AMELIA MAHARANI, A. (2023). EFEKTIVITAS PEMBERIAN KOMPRES HANGAT DAN KOMPRES DINGIN TERHADAP PENURUNAN NYERI HAID (DISMENORE) DI MAN 2 KOTA SEMARANG. Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

Dewi, K. R. S., Heri, M., & Raningsih, N. M. (2022). LITERATURE REVIEW PENGARUH PEMBERIAN TERAPI KOMPRES HANGAT TERHADAP NYERI DISMENORE SEDANG PADA REMAJA PUTRI. PROSIDING SIMPOSIUM KESEHATAN NASIONAL, 1(1), 104–116.

Isroani, F. (2023). Perkembangan Remaja. Psikologi Perkembangan, 155, 2024.

Khasanah, A. N. (2023). PENERAPAN ABDOMINAL STRETCHING EXERCISE TERHADAP NYERI AKUT DENGAN DISMENORE PADA REMAJA DI SMAN 1 PLERET. Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

Kulsum, U. (2020). Pola menstruasi dengan terjadinya anemia pada remaja putri. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan, 11(2), 314–327.

Nurmaulina, A., & Hadiyanto, H. (2021). Terapi Rendam Kaki Menggunakan Air Hangat pada Lansia dalam Menurunkan Tekanan Darah. Lentera: Jurnal Ilmiah Kesehatan Dan Keperawatan, 4(1), 36–39.

Pratiwi, A., & Lestari, S. (2021). Hubungan Pola Asuh Orangtua Dengan Kematangan Emosi Remaja Di SMP Islam Ayatra. Jurnal Kesehatan, 10(1), 74–81.

Puspita, I. M. (2022). Biologi Reproduksi. Rena Cipta Mandiri.

Salianto, S., Zebua, C. F. P., Suherry, K., & Halijah, S. (2022). Hubungan Tingkat Stress Dengan Siklus Menstruasi Pada Remaja: Studi Literature. Contagion: Scientific Periodical Journal of Public Health and Coastal Health, 4(1), 67–81.

Saputra, Y. A., Kurnia, A. D., & Aini, N. (2021). Pengaruh Pendidikan Kesehatan terhadap Upaya Remaja untuk Menurunkan Nyeri Saat Menstruasi (Dismenore Primer). Jurnal Kesehatan Reproduksi, 7(3), 177–182.

Sulistianto, A. P. (2021). Dinamika Psikologis pada Korban Kekerasan dalam Pacaran. IAIN PONOROGO.

Wahyuni, S., Purnama, A. A., Awanis, D., Kalkautsar, M., & Sam, S. R. (2023). Perkembangan Psikologis Anak Usia Pendidikan Dasar; Emosional, Kognitif, dan Psikomotor. MUDABBIR Journal Reserch and Education Studies, 3(2), 84–94.

Yunita, N., Bd, M. K., & SiT, T. W. S. (2024). SKRIPSI HUBUNGAN POLA MENSTRUASI DENGAN KEJADIAN ANEMIA PADA REMAJA PUTRI DI SMA GUPPI SALAWATI KABUPATEN SORONG PAPUA BARAT. Perpustakaan Universitas Bina Sehat PPNI.


Article View

Abstract views : 31 times | PDF files viewed : 5 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/trilogi.v5i1.7300


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 ayyul fariqoini moch fadilliah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This ejournal system and its contents are licensed under

a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License