Hubungan Self Management dengan Kategori Hipertensi di Puskesmas Paiton Probolinggo

DOI: https://doi.org/10.33650/trilogi.v5i1.7304

Authors (s)


(1) * Ahmad Labib Umam Musthofa   (Universitas Nurul jadid)  
        Indonesia
(2)  Setiyo Adi Nugroho   (Universitas Nurul jadid)  
        Indonesia
(3)  Baitus Sholehah   (Universitas Nurul jadid)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Hipertensi, sebuah kondisi yang ditandai oleh peningkatan tekanan darah, merupakan faktor risiko utama untuk berbagai penyakit kardiovaskular dan komplikasi lainnya. Manajemen diri (Self Management) telah diidentifikasi sebagai pendekatan yang efektif dalam mengurangi risiko komplikasi pada penderita hipertensi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi self management pada penderita hipertensi di Puskesmas Paiton, serta mengevaluasi hubungannya dengan kategori hipertensi. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan kuesioner Hypertension Self Management Behavior Questionnaire (HSMBQ) pada 103 responden. Data dianalisis menggunakan uji rank Spearman untuk mengevaluasi hubungan antara self management dan kategori hipertensi. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara self management dan kategori hipertensi (p=0,001, p<0,005), menunjukkan bahwa penerapan self management berpotensi memengaruhi kategori hipertensi pada penderita. Penelitian ini memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang pentingnya self management dalam manajemen hipertensi di tingkat pelayanan kesehatan primer. Temuan ini dapat memberikan landasan bagi pengembangan intervensi yang lebih efektif dalam manajemen hipertensi, serta meningkatkan pemahaman dan kesadaran individu terhadap peran penting self management dalam memperbaiki kesehatan jantung dan mencegah komplikasi yang berhubungan dengan hipertensi.



Keywords

Hipertensi; Manajemen Diri; Puskesmas; Kategori Hipertensi ; Penyakit Kardiovaskular



Full Text: PDF



References


Adegita, A. N., & Lismayanti, L. (2022). Penerapan Jus Mentimun Untuk Menurunkan Tekanan Darah Pada Pasien Hipertensi. HealthCare Nursing Journal, 4(2b), 122–127.

Boru Gultom, A. (2022). Stress dan Tekanan Darah pada Pasien Wanita dengan Hipertensi.

Chovivah, I. (2023). GAMBARAN PENYAKIT PENYERTA DAN KADAR GLUKOSA DARAH PADA PASIEN DIABETES MELLITUS DI POLIKLINIK PENYAKIT DALAM RSI SULTAN AGUNG SEMARANG. Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

Dinita, F. A., & Maliya, A. (2024). Edukasi terhadap Sikap Upaya Pencegahan Komplikasi pada Penderita Hipertensi. Journal of Telenursing (JOTING), 6(1), 192–199.

GEORGE, L. B. (2017). HYPERTENSION: A Companion to Braunwald’s Heart Disease. SAUNDERS.

Khotimah, N. I. H. H. (2023). Pengendalian hipertensi dengan cerdik pada masyarakat Kelurahan Rancanumpang. Abdimas Siliwangi, 6(3), 751–770.

Langingi, A. R. C. (2021). Hubungan status gizi dengan derajat hipertensi pada lansia di desa tombolango kecamatan lolak. Coping: Community of Publishing in Nursing, 9(1), 46.

Mano, D., Ezra, P. J., Marcella, A., & Firmansyah, Y. (2023). Kegiatan Pengabdian Masyarakat dalam Rangka Edukasi Masyarakat Terhadap Hipertensi serta Deteksi Dini Penyakit Gagal Ginjal Sebagai Komplikasi dari Hipertensi. JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT INDONESIA, 2(2), 34–45.

Panglipurningsih, N. A. P., Yuliza, E., Atika, S., Latuperissa, G. R., Haitamy, A. G., Samsuni, S., Kelrey, F., Butarbutar, M. H., Herliana, I., & Enisah, E. (2024). Keperawatan Komunitas. PT. Green Pustaka Indonesia.

Path, P. (2023). SEARCH Search Advanced Search mobile menu button. Journal of Epidemiology, 33(10), 514.

SARI, N. I. L. U. H. P. Y. M. (2022). PENGARUH DIABETES SELF MANAGEMENT EDUCATION (DSME) DENGAN METODE AUDIOVISUAL TERHADAP SELF EFFICACY PADA PASIEN DIABETES MELITUS TIPE 2 DI RSI FATIMAH TAHUN 2022. Stikes_Banyuwangi.

Siswanto, Y., Widyawati, S. A., Wijaya, A. A., Salfana, B. D., & Karlina, K. (2020). Hipertensi pada Remaja di Kabupaten Semarang. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan Masyarakat Indonesia, 1(1).

TASYABELA, T. A. (2022). HUBUNGAN SELF EFFICACY DENGAN KEPATUHAN GAYA HIDUP SEHAT PADA PENDERITA HIPERTENSI DI PUSKESMAS KLATAK BANYUWANGI TAHUN 2022. Stikes_Banyuwangi.

Widjaja, Y., Santoso, A. H., Wijaya, D. A., Satyanegara, W. G., Kurniawan, J., Herdiman, A., Hartono, V. A. B., Ranonto, S. V., & Lumintang, V. G. (2023). PENINGKATAN KEWASPADAAN MASYARAKAT TERHADAP PENYAKIT GINJAL KRONIS DENGAN EDUKASI GAYA HIDUP DAN SKRINING FUNGSI GINJAL. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6).

Widyastuti, W. (2021). HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DAN KEBUTUHAN SPIRITUAL TERHADAP KUALITAS HIDUP PENDERITA HIPERTENSI DI PUSKESMAS BANDONGAN. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

Wulandari, A. A. I. R. Y. (2024). Hubungan Kepuasan Pemberian Informasi Obat dengan Kualitas Hidup Pasien Hipertensi di Rumah Sakit Umum Payangan. Universitas Mahasaraswati Denpasar.


Article View

Abstract views : 34 times | PDF files viewed : 2 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/trilogi.v5i1.7304


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ahmad Musthofa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This ejournal system and its contents are licensed under

a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License