Peningkatan Kompetensi Guru melalui Pelatihan Mandiri Menggunakan Platform Merdeka Mengajar (PMM) di SMA Negeri 1 Asembagus Situbondo

DOI: https://doi.org/10.33650/trilogi.v4i3.7372

Authors (s)


(1) * Said Ripin Bukaryo   (SMA Negeri 1 Asembagus, Situbondo)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian tindakan sekolah ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Asembagus yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dengan menerapkan pelatihan mandiri melalui platform merdeka mengajar (PMM). Subjek penelitian ini adalah seluruh guru yang memiliki akun belajar id dan sudah mengakses platform merdeka mengajar (PMM) dan sebanyak 54 guru yang menjadi subjek dalam penelitian tindakan sekolah ini. Platform merdeka mengajar (PMM) adalah aplikasi untuk memudahkan guru megajar, menilai siswa dan memberikan pelatihan untu meningkatkan kompetensi serta bekerja untuk menginspirasi rekan kerja. Dengan adanya platform ini, guru dapat meningkatkan kompetensinya dengan kreativitas yang dikembangkan sendiri. Kegiatan ini dilakukan dengan pemberian bekal dengan In House Training (IHT) yang bertujuan untuk mengenalkan dan menggunakan platform merdeka mengajar mandiri yang dapat digunakan guru. Penelitian ini dilakukan dengan 2 tahap atau 2 siklus yaitu siklus-I dan siklus-II. Peningkatan kompetensi guru di SMA Negeri 1 Asembagus dengan pelatihan mandiri berupa pembuatan aksi nyata yang bisa dalam bentuk PPT, video pembelajaran. Dari penerapan pelatihan mandiri tersebut ada peningkatan kompetensi guru yang pertama kali baru mengenal platform merdeka mengajar merasa kesusahan untuk menerapkan dan membuat aksi nyata. Hal ini tergambar pada hasil siklus-I yang hanya 11,5% guru yang memperoleh sertifikat setelah pembuatan aksi nyata. Selanjutnya pada siklus-II ada peningkatan perolehan sertifikat yaitu sebesar 86,5%. Hal ini tergambar jelas bahwa dengan adanya IHT dan pelatihan mandiri kepada guru maka akan meningkatkan kompetensi.



Keywords

Kompetensi Guru, Pelatihan Mandiri, PMM



Full Text: PDF



References


Aulia, D., Murni, I., & Desyandri, D. (2023). Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar melalui Platform Merdeka Mengajar (PMM). Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1b), 800–807.

Darwin, D., Boeriswati, E., & Murtadho, F. (2023). ASESMEN PEMBELAJARAN BAHASA DALAM KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA SISWA SMA. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 12(2), 25–36.

Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1–9.

Karjani, K. (2020). PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF MELALUI IN HOUSE TRAINING DI SD NEGERI I GIRIWOYO. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 7(1), 108–116.

Maharaja, L. (2022). Meningkatkan Disiplin Guru dan Pegawai Mengikuti Upacara Bendera melalui Penerapan Reward And Punishment oleh Kepala Sekolah SDN. 173505 Siringoringo TP 2021/2022. Arya Satya J. Pendidik. Dan Pembelajaran, 2(1), 81–90.

Moleong, L. J., & Edisi, P. (2004). Metodelogi penelitian. Bandung: Penerbit Remaja Rosdakarya, 3(1).

Noviana, M. L. A. P. (2018). Pengaruh Independensi, Role Stress, dan Burnout Terhadap Efektivitas Auditor Internal (Studi Kasus Pada Kantor Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Jawa Tengah). Indonesian Treasury Review: Jurnal Perbendaharaan, Keuangan Negara Dan Kebijakan Publik, 3(2), 155–168.

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319.

Ramdani, M., Yulianti, S. Y., Rahmatulloh, I. T., & Suratman, S. (2022). Penggunaan Platform Merdeka Mengajar (PMM) pada Guru Sekolah Dasar.

Rohman, M. G., & Susilo, P. H. (2019). Peran guru dalam penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK) studi kasus di TK Muslimat NU Maslakul Huda. Reforma: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(1), 173–177.

Rojaki, M. (2023). Peran IDUKA pada Pendidikan Kejuruan dalam Mempersiapkan Sumber Daya Manusia Memasuki Dunia Kerja. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 1590–1598.

Sitaasih, D. K. (2020). Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Proses Pembelajaran di SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 241–247.

Syafi’i, F. F. (2022). Merdeka belajar: sekolah penggerak. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.

Wibowo, G. W. N., Cahya, A. D. F., & Sofiyati, A. (2023). Pelatihan Desain Grafis Menggunakann Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Kreativitas Guru dalam memanfaatkan PMM (Platfom Merdeka Mengajar). Jurnal Pengabdian Harapan Bangsa, 1(2), 76–80.

Widyastuti, T. M., & Sakti, S. A. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Melalui Work Shop di TK Srawong Bocah Yogyakarta. Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 56–64.


Article View

Abstract views : 178 times | PDF files viewed : 1641 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/trilogi.v4i3.7372


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Said Ripin Bukaryo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This ejournal system and its contents are licensed under

a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License