Mendisiplinkan Masa Depan: Transformasi Manajemen Kesiswaan dengan Teknologi Terkini dengan Sistem Punishment Terukur

Eka Diana
DOI: https://doi.org/10.33650/trilogi.v5i2.7534



Abstract

SMKS Taman Siswa 2 di Kota Probolinggo menghadapi tantangan serius terkait kedisiplinan siswa yang mempengaruhi proses pembelajaran. Melalui observasi dan wawancara dengan staf pengajar dan pengelola, terungkap bahwa sistem manajemen kedisiplinan yang masih manual lamban dalam menanggapi pelanggaran aturan sekolah. Keterlambatan ini menciptakan kesenjangan dalam penegakan aturan dan memperburuk dinamika sekolah. Perilaku siswa, seperti keterlambatan dan absensi, juga mempengaruhi pembelajaran. Kesadaran akan perlunya transformasi tercermin dari kesepakatan pengajar dan pengelola mengenai kebutuhan akan perubahan yang responsif dan efisien. Namun, kekurangan dalam sistem sanksi menciptakan ketidakjelasan konsekuensi pelanggaran, mengurangi efektivitas manajemen kedisiplinan. Analisis ini menekankan urgensi transformasi dalam manajemen kedisiplinan di SMKS Taman Siswa 2. Integrasi teknologi, khususnya melalui metode pengembangan Rapid Application Development (RAD), diharapkan dapat memberikan respons yang cepat dan akurat terhadap perilaku siswa, menciptakan lingkungan pembelajaran yang kondusif, serta memperkuat kedisiplinan siswa secara menyeluruh. Penggunaan RAD dipilih karena siklus pengembangan yang singkat, fleksibilitas yang besar, pengalaman pengguna yang optimal, dan risiko kesalahan yang minim, menjadikannya solusi efektif untuk membawa transformasi dalam manajemen kedisiplinan di sekolah ini.



Keywords

Manajemen kedisiplinan;Integrasi teknologi;Sistem sanksi;Kedisiplinan

Full Text:

PDF

References

Afyenni, R. (2014). Perancangan data flow diagram untuk Sistem informasi sekolah (studi kasus pada sma pembangunan Laboratorium unp). Jurnal Teknoif Teknik Informatika Institut Teknologi Padang, 2(1), 35–39.

Ardhianto, E. (2023). Pembuatan Sistem Zona Integritas Di Akademi Kepolisian Menggunakan Metode Rapid Application Development (RAD). Jurnal Mahajana Informasi, 8(1), 8–18.

Atmaja, A. P., & Azis, A. (2019). Sistem Informasi Terintegrasi Evaluasi Kegiatan Mengajar Dosen Sebagai Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal. Matrix: Jurnal Manajemen Teknologi Dan Informatika, 9(1), 1–6.

FADILLAH, K. N. U. R., PRIHANTARA, A., & SUSANTO, A. (2023). TUGAS AKHIR: SISTEM INFORMASI PRODUKSI PERIKANAN TANGKAP BERBASIS WEBSITE (STUDI KASUS DINAS PERIKANAN KABUPATEN CILACAP). POLITEKNIK NEGERI CILACAP.

Fahrudin, A. R. (2021). TRANSFORMASI MANAJEMEN PEMBINAAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 SAMARINDA. CENDIKIA, 6(2), 1–9.

Haeruddin, A., Fattah, S., & Syukur, A. T. (2023). PENGARUH DISIPLIN KERJA DAN KOMPETENSI TEKNIS TERHADAP KINERJA PEGAWAI BKPSDM LUWU TIMUR. Jurnal Administrasi Negara, 29(2), 171–191.

Sari, I. R. F., & Utami, A. (2021). Rekayasa Perangkat Lunak Berorientasi Objek Menggunakan PHP. Penerbit Andi.

Sidik, M. (2011). Sistem informasi evaluasi kinerja dosen pada fakultas sains dan teknologi Universitas islam negeri syarif Hidayatullah Jakarta.

Suprastowo, P. (2013). Kajian Tentang Tingkat ketidakhadiran guru sekolah dasar dan Dampaknya terhadap Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 19(1), 31–49.

SYAFUTRI, G. E. K. A. (2023). PERLINDUNGAN HUKUM BAGI DEBITUR PINJAMAN FINTECH (FINTECH LENDING) YANG DI RUGIKAN DALAM TRANSAKSI PINJAMAN UANG SECARA ONLINE PADA APLIKASI“ ADA KAMI.” Universitas Batanghari Jambi.

Syahputra, C. (n.d.). Rancang Bangun Sistem Informasi Akuntansi Berbasis Web Studi Kasus: Pt. Solusi Integrasi Teknologi. Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Widiyanto, W. W. (2018). Analisa Metodologi Pengembangan Sistem Dengan Perbandingan Model Perangkat Lunak Sistem Informasi Kepegawaian Menggunakan Waterfall Development Model, Model Prototype, Dan Model Rapid Application Development (Rad). Jurnal Informa: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 4(1), 34–40.


Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/trilogi.v5i2.7534


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Eka Diana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This ejournal system and its contents are licensed under

a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License