Asuhan Keperawatan pada Ny.R terhadap Gangguan Memori dengan Menggunakan Penerapan Senam Otak untuk Peningkatan Fungsi Kognitif di PSTW Pandaan Pasuruan
Authors (s)
(1) * Septi Nur Badriah   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(2)  Vivin Nur Hafifah   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(3)  S Taurina   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author
AbstractKemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi terutama di bidang keperawatan ikut andil dalam meningkatkan kualitas hidup manusia. Keadaan ini menyebabkan jumlah populasi lanjut usia (lansia) semakin besar, bahkan cenderung bertambah lebih cepat dan pesat. Perawat sebagai pemberi asuhan harus peduli terhadap lansia. Sehingga perlu perhatian khusus kepada lansia dengan memberikan asuhan keperawatan gerontik yang tepat dan dapat meningkatkan derajat kesehatan baik secara kesehatan fisik, psikososial dan spiritual. Memasuki usia lanjut akan terjadi beberapa perubahan baik secara fisik, psikologis dan psikososial.Perubahan psikologis pada lansia salah satunya adalah gangguan memori. Gangguan memori merupakan ketidakmampuan mengingat beberapa informasi atau perilaku, hal ini akan berdampak pada mental lansia yaitu depresi dan kualitas hidup. Intervensi keperawatan untuk mengatasi masalah ini yaitu dengan latihan senam otak untuk meningkatkan memori Fungsi Kognitif lansia Tujuan : Melaksanakan Penerapan Senam Otak Pada Pasien Gangguan Memori. Metode: yaitu dengan menggunakan metode Experimen, wawancara/anamnesa, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang. Hasil: Setelah dilakukan Intervensi selama 3x24jam, pasien mampu mengingat tanggal,hari,dan bulan. Namun kurang signifikan. |
Keywords
Full Text: PDF
Article View
Abstract views : 734 times | PDF files viewed : 500 times10.33650/trilogi.v5i1.7644 |
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 septi nur badriah, vivin nur hafifah vivin hafifah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This ejournal system and its contents are licensed under
a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License