Pengaruh Pendidikan Kesehatan Metode Bandongan terhadap Pengetahuan dan Sikap Santri dalam Pencegahan Kanker Payudara
Authors (s)
(1) * Uud Hulsiyatul Munawaroh   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(2)  Handono Fathur Rahman   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(3)  Maulidiyah J A H   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author
AbstractKanker payudara merupakan penyakit keganasan yang paling banyak menyerang wanita. Pendidikan kesehatan dengan menggunakan metode yang efektif dapat meningkatkan pengetahuan serta sikap seseorang terhadap suatu penyakit. Salah satu metode pendidikan kesehatan yang efektif pada santri untuk mencegah terjadinya kanker payudara adalah metode bandongan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh pendidikan kesehatan berbasis metode bandongan terhadap pengetahuan dan sikap santri dalam upaya pencegahan kanker payudara di Pondok Pesantren Bahrul Ulum Desa Sumur Dalam Kabupaten Probolinggo. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental dengan rancangan pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah santri di Pondok Pesantren Bahrul Ulum Desa Sumur Dalam Kabupaten Probolinggo dengan jumlah 86 orang, menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon dan uji Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan nilai P-value pada pengaruh pendidikan kesehatan berbasis metode bandongan terhadap pengetahuan dan sikap santri tentang kanker payudara sebelum dan sesudah pada kelompok intervensi dengan nilai signifikansi 0,000, sedangkan pada kelompok kontrol 1,000. Sikap santri tentang kanker payudara pada kelompok intervensi juga menunjukkan nilai signifikan 0,000, sedangkan pada kelompok kontrol 1,000. Kelompok eksperimen menunjukkan perbedaan signifikan terhadap kelompok kontrol. |
Keywords
Full Text: PDF
Article View
Abstract views : 0 times | PDF files viewed : 0 times10.33650/trilogi.v5i2.8329 |
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 uud hulsiyatul
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This ejournal system and its contents are licensed under
a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License