Pengaruh Penyuluhan Kesehatan terhadap Perilaku Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI) Di MTs Salbilil Mutaqin Maesan Kabupaten Bondowoso

DOI: https://doi.org/10.33650/trilogi.v5i2.8595

Authors (s)


(1) * Tias Yuniarsi   (Universitas Hafshawaty Zainul Hasan)  
        Indonesia
(2)  Nova Hikmatin   (Universitas Hafshawaty Zainul Hasan)  
        Indonesia
(3)  Suhartin Suhartin   (Universitas Hafshawaty Zainul Hasan)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Payudara pada perempuan adalah kelenjar yang mampu memproduksi air susu. Ancaman kanker payudara mulai menghampiri kalangan usia muda. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penyuluhan kesehatan terhadap perilaku siswi tentang SADARI di MTS Sabilil Mutaqin Desa Gambangan, Kecamatan Maesan, Kabupaten Bondowoso. Desain penelitian ini adalah eksperimen dengan rancangan one group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswi di MTS Sabilil Mutaqin sebanyak 61 orang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 38 orang yang diambil secara purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner, kemudian data diolah menggunakan SPSS dengan McNemar Test. Hasil analisis data menunjukkan bahwa sebagian besar perilaku SADARI sebelum mendapatkan penyuluhan adalah baik, sebanyak 21 orang (55,3%), dan hampir seluruh responden menunjukkan perilaku SADARI yang baik setelah mendapatkan penyuluhan, yaitu sebanyak 31 orang (81,6%). Disarankan agar responden secara rutin melakukan perilaku SADARI dan segera berkonsultasi ke tenaga kesehatan jika ada perubahan pada payudara.



Keywords

Pendidikan kesehatan; Pemeriksaan payudara sendiri; MTS Sabilil Mutaqin



Full Text: PDF



Article View

Abstract views : 47 times | PDF files viewed : 30 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/trilogi.v5i2.8595


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Tias Yuniarsi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This ejournal system and its contents are licensed under

a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License