Hubungan Stimulasi Aspek Bahasa dengan Kemampuan Kognitif Anak Usia 4-6 Tahun di TK PGRI 01 Botolinggo

Oktaviani Ayu Anggriawan, Yessy Nur Endah Sari, Suhartin Suhartin
DOI: https://doi.org/10.33650/trilogi.v5i2.8604



Abstract

Pemberian stimulasi menjadi faktor penting dalam mencapai perkembangan anak usia dini secara optimal sesuai dengan tahapan usia. Perkembangan kognitif dan perkembangan bahasa anak memiliki hubungan yang erat. Bahasa mempunyai peranan yang sangat penting terhadap proses berpikir anak. Dengan bahasa, anak dapat lebih mudah memahami suatu informasi maupun kemampuan yang baru. Perkembangan kognitif tersebut tidaklah serta merta dapat berlangsung secara optimal tanpa adanya stimulus atau rangsangan yang diberikan kepada anak usia 4-6 tahun. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi aspek bahasa, kemampuan kognitif, dan menganalisis hubungan stimulasi aspek bahasa dengan kemampuan kognitif anak usia 4-6 tahun di TK PGRI 1 Botolinggo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian cross-sectional dengan sampel sebanyak 39 orang tua dan anak usia 4-6 tahun. Alat yang digunakan adalah kuesioner dan form KPSP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa yang mendapat stimulasi aspek bahasa baik sebanyak 38 orang (97,4%) dan yang memiliki kemampuan kognitif sesuai yakni 39 orang (100%). Uji statistik Chi-Square menunjukkan bahwa nilai signifikan p value 0,003 < α (0,005), sehingga H1 diterima. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan antara stimulasi aspek bahasa dengan kemampuan kognitif anak usia 4-6 tahun di Desa Botolinggo.



Keywords

Stimulasi Aspek Bahasa; Kemampuan Kognitif;TK.

Full Text:

PDF

References

Ahmad Susanto.(2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Agustin, Mubiar dan Syaodih, Ernawulan. (2008). Bimbingan Konseling untuk Anak Usia Dini. Jakarta. Universitas Terbuka

Arpa, D. 2021. Pengaruh metode tanya jawab terhadap perkembangan kognitif anak kelompok B di RA Ibnu Khaldun Pedekik bengkalis. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. 1(1): 38-46.

Fitriana, S. 2018. Peranan permaian edukatif dalam menstimulasi perkembangan kognitif anak. Journal of Early Childhood Islamic Education. 1(2): 131-144.

Ihsani, I. dan M.B. Santoso. 2019. Edukasi sanitasi lingkungan dngan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) pada kelompok usia prasekolah di tanam asuh anak muslim ar-ridho tasikmalaya. Prosiding penelitian & pengabdian kepada masyarakat. 6(3): 289-296

Kristina, M. dan R.N. Sari. 2021. Pengaruh edukasi stimulasi terhadap perkembangan kognitif anak usia dini. Journal of Dehasen Education Review. 2(1): 1-5.

Marinda, L. 2016. Teori perkembangan kgnitif Jean Piaget dab problematikanya pada anak usia sekolah dasar. Jurnal Kajian Perempuan & Keislaman. 13(1):116-152.

M. Fadlillah. 2017. Buku ajar Bermain Dan Permainan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri

Ningrum, E. W., & Utami, T. 2017. Hubungan Antara Status Gizi Stunting Dan Perkembangan Balita Usia 12-59 Bulan. Bidan Prada. 70-79

Notoatmodjo, S. 2010. Metode Peneliyian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta

Nursalam. 2016. Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan : Pedoman Skripsi, Tesis dan Instrumen Penelitian. Jakarta. Salemba Medika

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI No 58 tahun 2009 Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini

Rahayuningrum, L.M. dan F.R. Dewi. 2016. Pengaruh terapi bermain puzzle terhadap perkembangan motoruk halus dan kognitif anak usia prasekolah (4-5 tahun). Journals of Ners Community. 7(2): 136-148.

Sitti, A. 2019. Upaya meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini dalam berhitung melalui permainan mencari harta jarun di TK pertiwi kota banda aceh. Jurnal Serambi PTk. 6(2): 45-54

Siti Partini. 2003.Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: IKIP

Soetjiningsih. 2007. Buku Ajar Tumbuh Kembang Remaja dan Permasalahannya. Jakar-ta : Sagung Seto

Sudjatmiko. 2012. Stimulasi Dini pada Janin dan Balita Untuk Mengembangkan Kecerdasan Multipel dan Kreativitas Anak. Diakses pada 3 Maret 2023, dari alamat http://www.idai.or.id

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung :ALFABETA

Susanto, A. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta, Prenada Media Group

Suyanto, S. 2005. Konsep dasar anak usia dini. Departemen Pendidikan Nasio-nal Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat Pembinaan Pendi-dikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.

Wahyuni, N.L.A.I. 2022. Media papan pintar angka berbasis animasi untuk stimulus kognitif anak usia dini. Jurnl pendidikan Anak Usia Dini Undiksha. 10(1): 120-128.

We dan Fauziah. 2021. Tradisi Kearifan Lokal Minangkabau “Manjujai” untuk Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.

Yanti dan Fauziah, 2021. Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

Yudha M Saputra dan Rudyanto. 2005. Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Keterampilan Anak Taman Kanak-kanak. Jakarta: Depdiknas.


Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/trilogi.v5i2.8604


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Oktaviani ayu Anggriawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This ejournal system and its contents are licensed under

a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License