Hubungan Stimulasi Aspek Bahasa dengan Kemampuan Kognitif Anak Usia 4-6 Tahun di TK PGRI 01 Botolinggo
Authors (s)
(1) * Oktaviani Ayu Anggriawan   (Universitas Hafshawaty Zainul Hasan)  
        Indonesia
(2)  Yessy Nur Endah Sari   (Universitas Hafshawaty Zainul Hasan)  
        Indonesia
(3)  Suhartin Suhartin   (Universitas Hafshawaty Zainul Hasan)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author
AbstractPemberian stimulasi menjadi faktor penting dalam mencapai perkembangan anak usia dini secara optimal sesuai dengan tahapan usia. Perkembangan kognitif dan perkembangan bahasa anak memiliki hubungan yang erat. Bahasa mempunyai peranan yang sangat penting terhadap proses berpikir anak. Dengan bahasa, anak dapat lebih mudah memahami suatu informasi maupun kemampuan yang baru. Perkembangan kognitif tersebut tidaklah serta merta dapat berlangsung secara optimal tanpa adanya stimulus atau rangsangan yang diberikan kepada anak usia 4-6 tahun. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi aspek bahasa, kemampuan kognitif, dan menganalisis hubungan stimulasi aspek bahasa dengan kemampuan kognitif anak usia 4-6 tahun di TK PGRI 1 Botolinggo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian cross-sectional dengan sampel sebanyak 39 orang tua dan anak usia 4-6 tahun. Alat yang digunakan adalah kuesioner dan form KPSP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa yang mendapat stimulasi aspek bahasa baik sebanyak 38 orang (97,4%) dan yang memiliki kemampuan kognitif sesuai yakni 39 orang (100%). Uji statistik Chi-Square menunjukkan bahwa nilai signifikan p value 0,003 < α (0,005), sehingga H1 diterima. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan antara stimulasi aspek bahasa dengan kemampuan kognitif anak usia 4-6 tahun di Desa Botolinggo. |
Keywords
Full Text: PDF
Article View
Abstract views : 0 times | PDF files viewed : 0 times10.33650/trilogi.v5i2.8604 |
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Oktaviani ayu Anggriawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This ejournal system and its contents are licensed under
a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License