The Impact of Digital Marketing and Marketplace Development on the Decline of Traditional MSME Income in Mlokorejo Village
Authors (s)
(1) * Yusro Nafisa  

        Indonesia
(2)  Muhammad Syarofi   (Universitas Al-Falah As-Sunniyah, Kencong, Jember)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author
AbstractPerkembangan digital pada era ini memberikan kemudahan akses dalam bertransaksi, sama halnya dengan UMKM tradisional yang masih bergantung pada strategi pemasaran yang biasa dijalani, sehingga kemacetan akan berdampak negatif pada perekonomian masyarakat. Dengan menggunakan 36 UMKM sebagai sampel penelitian, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara lebih rinci mengenai pengaruh perkembangan digital marketing dan marketplace terhadap penurunan pendapatan UMKM tradisional yang ada di desa Mlokorejo, kecamatan Puger. Dengan mendistribusikan survei dan mengolah data menggunakan SEM PLS, penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif. Simple random sampling dengan metode probabilitas sampling adalah strategi pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa digital marketing berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap penurunan pendapatan UMKM tradisional sedangkan marketplace berpengaruh positif dan signifikan terhadap penurunan pendapatan UMKM tradisional. Temuan ini memberikan wawasan baru mengenai pemasaran digital yang tidak menunjukkan pengaruh signifikan, sementara marketplace memberikan pengaruh terhadap penurunan pendapatan UMKM, da dapat menjadi dasar bagi pengembangan strategi pemasaran yang lebih tepat. |
Keywords
Full Text: PDF
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Yusro Nafisa
