The Impact of Digital Marketing and Marketplace Development on the Decline of Traditional MSME Income in Mlokorejo Village
AbstractPerkembangan digital pada era ini memberikan kemudahan akses dalam bertransaksi, sama halnya dengan UMKM tradisional yang masih bergantung pada strategi pemasaran yang biasa dijalani, sehingga kemacetan akan berdampak negatif pada perekonomian masyarakat. Dengan menggunakan 36 UMKM sebagai sampel penelitian, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara lebih rinci mengenai pengaruh perkembangan digital marketing dan marketplace terhadap penurunan pendapatan UMKM tradisional yang ada di desa Mlokorejo, kecamatan Puger. Dengan mendistribusikan survei dan mengolah data menggunakan SEM PLS, penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif. Simple random sampling dengan metode probabilitas sampling adalah strategi pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa digital marketing berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap penurunan pendapatan UMKM tradisional sedangkan marketplace berpengaruh positif dan signifikan terhadap penurunan pendapatan UMKM tradisional. Temuan ini memberikan wawasan baru mengenai pemasaran digital yang tidak menunjukkan pengaruh signifikan, sementara marketplace memberikan pengaruh terhadap penurunan pendapatan UMKM, da dapat menjadi dasar bagi pengembangan strategi pemasaran yang lebih tepat. |
Keywords
Full Text:
References
Abidin Achmad, Z., Zendo Azhari, T., Naufal Esfandiar, W., Nuryaningrum, N., Farah Dhilah Syifana, A., & Cahyaningrum, I. (2020). Pemanfaatan Media Sosial dalam Pemasaran Produk UMKM di Kelurahan Sidokumpul, Kabupaten Gresik. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(1), 17–31. https://doi.org/10.15642/jik.2020.10.1.17-31
Arumsari, N. R., Lailyah, N., & Rahayu, T. (2022). Peran Digital Marketing dalam Upaya Pengembangan UMKM Berbasis Teknologi di Kelurahan Plamongansari Semarang. SEMAR (Jurnal Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Seni Bagi Masyarakat), 11(1), 92. https://doi.org/10.20961/semar.v11i1.57610
Asharudin, M. (2018). Small and Medium Enterprises (SMEs) Face the Digital Market. Muhammadiyah International Journal of Economics and Business, 1. https://doi.org/10.23917/mijeb.v1i2.9367
Hidayah, G. R. (2023). Pengaruh Digital Marketing, Dan Marketplaceterhadap Pendapatan Pelaku Usaha, Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) (Studi Empiris Pada Umkm Kota Semarang Tahun 2021). Program Studi S1 Akuntansi, 31401900068, 1–94.
Krisna, A. E. (2024). Transformasi UMKM Melalui Industri Kreatif : Pendekatan Untuk Meningkatkan Daya Saing dan Inovasi. 3(4).
Namrud, S. S. (2021). Literasi Dan Model Manajemen Keuangan Umkm Berbasis Digital Pada Umkm-Umkm Di Kabupaten Boalemo Provinsi Gorontalo. Journal of Applied Managerial Accounting, 5(2), 45–55. https://doi.org/10.30871/jama.v5i2.3486
Rahmadyla, E., & Nasrudin, I. (2023). Implementasi Digital Marketing Terhadap Pendapatan Dan Kekuatan Bersaing Pelaku Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (Umkm) Di Kabupaten Tasikmalaya. Prosiding Seminar Sosial Politik, Bisnis, Akuntansi Dan Teknik, 5, 197. https://doi.org/10.32897/sobat.2023.5.0.3098
Rehman, F. ur, & Al-Ghazali, B. M. (2022). Evaluating the Influence of Social Advertising, Individual Factors, and Brand Image on the Buying Behavior toward Fashion Clothing Brands. SAGE Open, 12(1). https://doi.org/10.1177/21582440221088858
Rosul, I. S., & Hartono, A. (2024). aPengaruh Komunikasi dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Studi Kasus Pegawai Pengadilan Agama Indramayu. 2(6).
Silitonga P, S. R. (2022). Meningkatkan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Melalui Keputusan Pembelian Studi Kasus Di Skye Resturant & Bar. Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(12), 1805–1818.
10.33650/ijed.v3i2.10427 |
|
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Yusro Nafisa
