Studi Eksperimen Penerapan STAD pada Siswa Kelas VIII Semester Genap
AbstractRendahnya hasil belajar matematika siswa SMP menunjukkan perlunya penerapan model pembelajaran yang lebih efektif dan melibatkan siswa secara aktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas VIII semester genap di SMP Nurul Jadid. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen semu (quasi experiment) menggunakan bentuk pre-test dan post-test group. Sampel penelitian terdiri dari 30 siswa yang dipilih secara purposive. Instrumen penelitian berupa soal tes pilihan ganda dan lembar observasi aktivitas belajar siswa. Hasil analisis data menggunakan uji t menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pre-test dan post-test siswa setelah diterapkannya model STAD. Nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan sebesar 20 poin, yang menunjukkan bahwa model STAD efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika. Selain itu, aktivitas belajar siswa dalam kelompok juga meningkat secara signifikan, yang terlihat dari hasil observasi. Penelitian ini membuktikan bahwa model STAD layak diterapkan sebagai strategi pembelajaran aktif di kelas matematika. |
Full Text:
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Robiatul Adawiyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Journal of Quantitative Educational Research (JoQER) is published by the Faculty of Social and Humanities, Nurul Jadid University Probolinggo, East Java Indonesia.