Korelasi Antara Literasi Digital dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa
AbstractABSTRAK Penelitian ini menganalisis korelasi antara literasi digital dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di Indonesia. Di era revolusi digital, literasi digital menjadi kompetensi krusial yang mencakup kemampuan mencari, memahami, menyebarkan, dan menerapkan informasi dari sumber elektronik. Namun kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di Indonesia masih belum optimal, mendorong perlunya inovasi pembelajaran. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kuantitatif korelasional dengan populasi siswa SMP dan SMA di beberapa provinsi di Indonesia yang dipilih secara acak menggunakan stratified random sampling. Instrumen yang digunakan meliputi kuesioner literasi digital (diadaptasi dari DHLI) dengan Skala Likert 1-5, serta tes pemecahan masalah matematika berdasarkan model Polya dan pendekatan pembelajaran penemuan terbimbing. Data dianalisis menggunakan perangkat lunak statistik SPSS, dengan uji validitas dan reliabilitas instrumen menggunakan Cronbach's alpha, serta analisis korelasi Pearson. Hasil penelitian menunjukkan nilai koefisien korelasi Pearson sebesar 0,65 dengan tingkat signifikansi p<0,05, mengindikasikan hubungan positif moderat hingga kuat antara literasi digital dan kemampuan pemecahan masalah matematika. Semakin tinggi literasi digital siswa, semakin baik pula kemampuan mereka dalam memecahkan masalah matematika. Temuan ini sejalan dengan penelitian PISA 2012 yang menunjukkan pengaruh kepemilikan komputer dan sarana belajar digital terhadap prestasi matematika. Implikasi penelitian ini menekankan pentingnya integrasi literasi digital ke dalam kurikulum matematika, pengembangan bahan ajar interaktif, peningkatan kompetensi guru digital, dan pemerataan akses teknologi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Kata Kunci : Pembelajaran digital, literasi informasi, Polya, penemuan terbimbing, hasil belajar |
Keywords
Full Text:
References
Abdullah, N. I., Tarmizi, R. A., & Abu, R. (2010). The Effects of Problem Based Learning on Mathematics Performance and Affective Attributes in Learning Statistics at Form Four Secondary Level. Procedia Social and Behavioral Sciences, 8, 370–376. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.12.052
Abdullah, et al. (2017). Mathematics Teachers’ Level of Knowledge and Practice on the Implementation of Higher Order Thinking Skill (HOTS). EURESIA Journal of Mathematics Science and Technology Education, 13(1), 3-17. https://doi.org/10.12973/euresia.2017.00601a
Ali, R., Hukamdad., Akhter, A., & Khan. (2010). Effect of Using Problem Solving Method in Teaching Mathematics on the Achievement of Mathematics Students. Asian Social Science, 6(2), 67-72. Retrieved from https://pdfs.semanticscholar.org/d525/051a0d34723e43e6aef03d5bb1573bb6acfb.pdf
Al-Agili M. Z. G., Mamat, M. B., Abdullah, L., & Maad, H. A. (2012). The Factors Influence Students’ Achievement in Mathematics: A Case for Libyan’s Students. World Applied Sciences Journal, 17(9), 1224-1230. Retrieved from https://pdfs.semanticscholar.org/a8ab/0e09da8190624db89ac91df1237912fdb8b9.pdf
Allen, M. J., & Yen, W. M. (1979). Introduction to Measurement Theory. Monterey: Brooks /Cole Publishing company.
Amalia, E., Surya, E., & Syahputra, E. (2017). The Effectiveness of Using Problem Based Learning (PBL) In Mathematics Problem Solving Ability for Junior High School Students. International Journal of Education Research and Innovative Ideas in Education, 3(2), 3402-3406.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Ahmad Khotibul Umam Khairi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Journal of Quantitative Educational Research (JoQER) is published by the Faculty of Social and Humanities, Nurul Jadid University Probolinggo, East Java Indonesia.