ANALISIS REGRESI LINIER PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA

Fiisyatil Kamilah, Intan Putri Wardani, Moh. Syadidul Itqan




Abstract

Penggunaan meda sosial telah menjadi komponen penting dalam kehidupan siswa, baik dalam aktivitas akademik maupun non-akademik. Namuk, intensitas penggunaan yang tinggi dapat menganggu prestasi akademik dan fokus. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media sosial terhadap prestasi akademik mahasiswa yang diukur memalui Prestasi Akademik. Metode kuantitatif digunakan dalam penelitian ini, yang menggunakan teknik kolerasional dan analisis regresi linier sederhana. Data dikumpulkam dari 36 mahasiswa aktif Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Nurul Jadid. Hasil penelitian menunjukkan hubungan negatif antara penggunaan media sosial dan prestasi akademik; persamaan regesi Y = 17,155578 – 0,44582X, dan nilai koefisien kolerasi sebesar -0,4086, yang termasuk dalam kategori kolerasi sedang. Nilai R Square sebesar 0,167 menunjukkan bahwa 16,7% variasi prestasi akademik disebabkan oleh intesitas penggunaan media sosial, sedangkan sisanya 83.3% dipengaruhi oleh faktor lain. Hasilnya menunjukkan bahwa penggunaan media sosial yang tidak bijak dapat berkontribusi pada prestasi akademik yang buruk


Keywords

academic permormance, linear regression, students.

Full Text:



Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Intan Putri Wardani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
 

Journal of Quantitative Educational Research (JoQER) is published by the Faculty of Social and Humanities, Nurul Jadid University Probolinggo, East Java Indonesia.