Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Geometri Euclid

Eka Titik Susiani, Ardilatus Sholehah, Moh. Syadidul Itqan




Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tantangan dalam pembelajaran Geometri Euclid yang membutuhkan pemahaman mendalam dan kemampuan berpikir logis. Penelitian kuantitatif dengan desain korelasional dan eksplanatori ini melibatkan 36 mahasiswa program studi Pendidikan Matematika. Data dikumpulkan melalui kuisioner disiplin belajar dan nilai akademik mata kuliah Geometri Euclid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat korelasi positif dan signifikan antara disiplin belajar dan hasil belajar (r = 0,56, p < 0,001). Analisis regresi sederhana menunjukkan bahwa setiap peningkatan satu poin pada skala disiplin belajar berkontribusi pada peningkatan nilai akhir sebesar 0,958 poin. Disiplin belajar menjelaskan 31% variasi dalam hasil belajar mahasiswa. Temuan ini mengimplikasikan pentingnya pengembangan disiplin belajar melalui strategi pembelajaran terstruktur dan pengelolaan waktu yang efektif. Penelitian ini merekomendasikan integrasi program pelatihan disiplin diri dalam kurikulum dan perlunya studi lanjutan dengan variabel lain seperti motivasi belajar dan kecemasan ujian untuk pemahaman lebih komprehensif.



Full Text:



Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Eka Titik Susiani, Ardilatus Sholehah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
 

Journal of Quantitative Educational Research (JoQER) is published by the Faculty of Social and Humanities, Nurul Jadid University Probolinggo, East Java Indonesia.