Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Nurul Jadid

Anik Marliana Ningsih, Nur Kamiliatus Syarifa, Moh. Syadidul Itqan




Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji sejauh mana penggunaan media sosial berpengaruh terhadap motivasi belajar mahasiswa pada program studi pendidikan matematika Universitas Nurul Jadid. Metode penelitian yang dilakukan adalah kuantitatif dengan teknik analisis independent sample t -test,  untuk menguji hubungan antara variabel independent (media sosial) dan variabel dependent (motivasi belajar). Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 20 mahasiswa semester emapat yang dipilih secara acak. Pengumpulan data dilakukan melalui angket daring yang disebarkan menggunakan Google Form. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa nilai signifikansi (sig.2-tailed) sebesar 0,099, lebih besar dari batas signifikan 0,05 hal ini menunjukkan bahwa tidak dapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan media sosial terhadap motivasi belajar mahasiswa. Dengan demikian,  diterima sementara hipotesis  ditolak. Kesimpulan dari penelitian ini adalah intensitas penggunaan media sosial oleh mahasiswa tidak secara langsung memengaruhi tingkat motivasi belajar sehingga penting bagi mahasiswa untuk tetap menggunakan media sosial secara bijaksana agar tidak mehngganggu konsentrasi dan efektivitas dalam belajar.



Full Text:



Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Anik Marliana Ningsih, Nur Kamiliatus Syarifa, Moh. Syadidul Itqan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
 

Journal of Quantitative Educational Research (JoQER) is published by the Faculty of Social and Humanities, Nurul Jadid University Probolinggo, East Java Indonesia.