PERAN PONDOK PESANTREN DALAM MEMBINA KEBERAGAMAAN SANTRI
AbstractPenelitian ini berupaya menggali lebih dalam tentang relasi masyarakat dengan pondok pesantren dan peran pondok pesantren dalam pembinaan keberagamaan santri. Pertanyaan utama yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah bagaimana perilaku keberagamaan santri dan bagaimana peran pondok pesantren dalam meningkatkan perilaku keberagamaan santri. Metode yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan mulai bulan November 2017 di pondok pesantren Nurul Jadid melalui observasi dan pengamatan langsung. Temuan dalam penelitian ini diharapkan menjadi sumbangan pengetahuan dan menjadi rujukan bagi peneliti-peneliti selanjutnya untuk lebih disempurnakan lagi.
|
Full Text:
References
Baharun, H. (2017). Pengembangan Kurikulum; Teori dan Praktik (Konsep, Prinsip, Pendekatan dan Langkah-langkah Pengembangan Kurikulum PAI. Yogyakarta: CV Cantrik Pustaka.
Baharun, H. (2016a). Management Of Quality Education In Pesantren: The study of the Education Quality Improvement Pesantren by Strategy Management Approach. (2nd INTERNATIONAL CONFERENCES ON EDUCATION AND TRAINING (ICET), Ed.). Malang: UM Malang.
Baharun, H. (2016b). PENDIDIKAN ANAK DALAM KELUARGA; TELAAH EPISTEMOLOGIS. Pedagogik, 3(2), 96–107.
Baharun, H. (2017). Total Moral Quality: A New Approach for Character Education in Pesantren. Ulumuna, 21(1), 57–80.
Darajat, Zakiyah, Pembinaan Santri, 1976, Jakarta: PT. Bulan Bintang.
----------, Problematika Santri di Indonesia, 1978, Jakarta: PT. Bulan Bintang.
----------, Peran Agama dalam Kesehatan Mental, 1994, Jakarta: CV. Haji Masagung.
----------, Ilmu Jiwa Agama, 1996, Jakarta: PT. Bulan Bintang.
Depdiknas, Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi ketiga, 2007, Jakarta: Balai Pustaka.
Dhofier, Zamakhsyari, Tradisi Pesantren: Studi tentang Pandangan Hidup Kyai, 1983, Jakarta: LP3ES.
Fauzi, Muhammad, Agama dan Realitas Sosial Renungan dan Jalan Menuju Kebahagiaan, 2007, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Galba, Sindu, Pesantren Sebagai Wadah Komunikasi, 1995, Jakarta: PT Rineka Cipta.
H Baharun, A. M. (2011). Metodologi Studi Islam: Percikan Pemikiran Tokoh Dalam Membumikan Agama. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Ishomuddin, Pengantar Sosiologi Agama, 2002, Jakarta: Ghalia Indonesia.
Kadir, Muslim. A, Ilmu Islam Terapan Menggagas Paradigma Amali dalam Agama Islam, 2003, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kasiram, Moh., Metodologi Penelitian Kualitatif-Kuantitatif, 2010, Yogyakarta: UIN-Maliki Press.
Madjid, Nurcholis, Bilik-Bilik Pesantren Sebuah Potret Perjalanan, 1997, Jakarta: Paramadina.
Martin, Richard C., Pendekatan Kajian Islam dalam Studi Agama, 2001, Surakarta: Muhammadiyah University Press.
Moleong, Lexy. J., Metodologi Penelitian Kualitatif, 2009, Bandung: PT Santri Rosda Karya.
Mu’tasim, Rajasa, Perlawanan Santri Pinggiran, 2010, Yogyakarta: PT. Bintang Pustaka Abadi.
Nafi’, M. D., dkk., Praksis Pembelajaran Pesantren, 2007, Yogyakarta: Institute for Training and Development Amherst MA.
Nasution, Harun, Islam Ditinjau dari Beberapa Aspeknya, 1985, Jakarta: UI Press.
Sudarsono, Kenakalan Santri, 2004, Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D, 2011, Bandung: Alfabeta.
Suprayogo, Imam dan Tobroni, Metodologi Penelitian Sosial Agama, 2001, Bandung: PT Santri Rosdakarya.
Sriyanti, Lilik, dkk., Teori-Teori Belajar, 2011, Salatiga: STAIN Salatiga.
Yasid, Abu, Islam Akomodatif, 2004, Yogyakarta: LkiS.
Warliah, W. (2017). PENDIDIKAN BERBASIS GENDER AWARENESS; STRATEGI MEMINIMALISIR BIAS GENDER DI PONDOK PESANTREN. JURNAL ISLAM NUSANTARA, 1(2).
10.33650/al-tanzim.v1i2.112 |
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 M. Faisol