MANAJEMEN PENGEMBANGAN KURIKULUM

DOI: https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v1i2.113

Authors (s)


(1) * Nurul Huda   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan, salah satu komponen penting di dalamnya adalah kurikulum. Kurikulum adalah suatu sistem yang mempunyai komponen-komponen yang saling berkaitan dan menunjang satu sama lain. Komponen-komponen kurikulum tersebut terdiri dari tujuan, materi pembelajaran, metode, dan evaluasi. Dalam bentuk sistem ini kurikulum akan berjalan menuju suatu tujuan pendidikan dengan adanya saling kerja sama di antara seluruh sub sistemnya. Jika salah satu dari variabel kurikulum tidak berfungsi dengan baik, maka sistem kurikulum akan berjalan kurang optimal. Selain itu dalam pelaksanaan kurikulum diperlukan suatu perencanaan dan pengorganisasian pada seluruh komponennya. Pada tulisan ini akan memaparkan manajemen pengembangan kurikulum yang dipandang dalam perspektif pendidikan Islam.




Full Text: PDF



Article View

Abstract views : 25987 times | PDF files viewed : 34823 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/al-tanzim.v1i2.113


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Nurul Huda

Creative Commons License
 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Al-Tanzim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Published by Postgraduate of Nurul Jadid University, Probolinggo, East Java, Indonesia.