INSPIRING LEADERSHIP DAN TRANSFORMASI KELEMBAGAAN MENUJU PERGURUAN TINGGI ISLAM YANG UNGGUL

DOI: https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v2i1.245

Authors (s)


(1) * Husnan Abrori   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini menyajikan tentang pola kepemimpinan inspiring leadership dalam mewujudkan transformasi kelembagaan Universitas Nurul Jadid Paiton menuju perguruan tinggi Islam yang unggul dan berdaya saing tinggi di tengah tantangan globalisasi dan tantangan demokrasi ke depan serta tingginya ekspektasi masyarakat terhadap Universitas Nurul Jadid maka menuntut lahirnya kepemimpinan yang mengedepankan akuntabilitas kinerja sehingga mampu menjadi inspirasi bagi semua. Kehadiran pemimpin yang memiliki transparansi, akuntabilitas tinggi akan menjadi generator penggerak semua personalia dalam organisasi untuk bekerja lebih maksimal sesuai prinsip-prinsip pengelolaan pendidikan yang baik (good governance), dengan demikian harapan untuk menjadi perguruan tinggi yang unggul dalam menciptakan dan mengembangkan kualitas sumber daya manusia berdaya saing tinggi akan terlaksana dengan baik. Aktualisasi dari pelayanan pendidikan bermutu dalam tata kelola yang baik dan akuntabel akan berdampak pada peningkatan kualitas proses transformasi sehingga akan menghasilkan output yang juga berkualitas. Mimpi ini harus tetap hidup dan tumbuh dengan subur dalam alam bawah sadar dan sanubari seorang pemimpin dengan teamnya untuk menemukan peta jalan lebih cepat menuju perguruan tinggi yang unggul, kompetitif dan marketable. Dalam paradigma pendidikan modern akuntabilitas adalah roh manajemen, dimana akuntabilitas itu terbagi menjadi dua yaitu akuntabilitas vertical dan akuntabilitas horizontal. Dalam akuntabilitas vertical maka perguruan tinggi sangat bertanggung jawab terhadap aspek yuridis formal yang ditetapkan pemerintah, sedangkan dalam akuntabilitas horizontal perguruan tinggi sangat bertanggung jawab pada aspek pelaksanaan program–program dengan baik sehingga menghasilkan lulusan yang berkualitas.




Full Text: PDF



References


Kementerian Agama RI. 2013. Tafsir Alqur’an The Great Miracle. Solo. PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

Fauzi, Ahmad. 2015. Membangun Epistemologi Pendidikan Islam Melalui Kepemimpinan Spiritual : Suatu Telaah Diskursif . Empirisma Vol 24.

Musfiqon, HM. dan Moch. Bahak Udin By Arifin. 2015. Menjadi Pengawas Sekolah Profesional .Sidoarjo. Nizamia Learning Center.

Koentjaraningrat. 1967. Beberapa Pokok Antropologi Sosial. Penerbit Dian Rakyat.

Tukiyo. 2012. Revolusi Karier. Jakarta. PT Elex Media Komputindo.

Anoraga, Pandji dan Janti Soegiastuti. 1996 Pengantar Bisnis Modern Kajian Manajemen Perusahaan. Jakarta : PT Dunia Pustaka Jaya.

Soekanto, Soerjono. 1990. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada.

Ibid. hlm 314

Ibid. hlm 380

Ibid. hlm 390

Sparinga, Daniel. Good Governance dan Transisi Demokrasi. Makalah disampaikan dalam pertemuai ilmiah tahunan ke 3 ikatan geograf Indonesia tanggal 23 Oktober 2003. Okezone melalui laman Top Universities, diakses selasa (26/12/2017) jam 10.39

Noer , Aly Hery & N. Mundzier. S. 2000. Watak Pendidikan Islam. Jakarta. Friska Agung Insani.

Suprayogo, Imam. 2009. Universitas Islam Unggul : Refleksi Pemikiran Pengembangan Kelembagaan dan Reformulasi Paradigma Keilmuan Islam. Malang : UIN-Malang Press.

Muhaimin, Suti’ah & Sugeng Listyo Prabowo. 2009. Manajemen Pendidikan. Jakarta. Kencana Prenada Media Group.

Syafe’I, Imam. Dkk. 2012. Pendidikan Agama Islam Berbasis Karakter Di Perguruan Tinggi. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada

Tim PGRI. 2014. Pendidikan Untuk Transformasi Bangsa. Jakarta. PT Kompas Media Nusantara

Lukito, Penny Kusmatuti. 2014. Membumikan Transparansi dan Akuntabilitas Kinerja Sektor Publik : Tantangan Berdemokrasi Ke Depan. Jakarta. PT.Gramedia Widiasarana Indonesia.


Article View

Abstract views : 613 times | PDF files viewed : 746 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/al-tanzim.v2i1.245


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Husnan Abrori

Creative Commons License
 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Al-Tanzim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Published by Islamic Faculty of Nurul Jadid University, Probolinggo, East Java, Indonesia.