Implikasi UUSPN Terhadap Pendidikan Islam
AbstractManusia membutuhkan pendidikan dalam kehidupannya. Pendidikan merupakan usaha agar manusia dapat mengembangkan potensi dirinya melalui peoses pembelajaran dan/atau cara lain yang dikenal dan diakui oleh masyarakat. Pendidikan merupakan suatu hal yang sangat esensial dalam proses pemanusiaan dalam masyarakat yang berbudaya. Dalam era globalisasi dewasa ini terjadi perubahan yang dahsyat dalam kehidupan masyarakat. Kota tidak dapat menghindarkan diri dari tsunami globalisasi yang telah memasuki setiap jengkal kehidupan manusia modern. Di dalam era globalisasi ini terjadi loncatan-loncatan atau transformasi nilai-nilai kehidupan dan oleh sebab itu juga terjadi perubahan dalam proses pemanusiaan atau pendidikan |
Full Text:
References
Abuddin Nata, Tokoh-tokoh Pembaharuan Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta: PT. Raja Grafindo,2004.
Abdullah Idi dan Toto Suharto, Revitalisasi Pendidikan Islam, Yogyakarta: Tiara Wacana, 2006.
Abuddin Nata, Filsafat Pendidikan Islam, Ciputat: PT. Logos Wacana Ilmu, 2001.
Ahmad D. Marimba, Pengantar Filsafat Pendidikan Islam, Bandung: Al-Ma’arif, 1996.
Ahmad, Husen, dkk. Model Pendidikan Karakter Bangsa. PT Rineka Cipta: Jakarta. 2010.
Azzel, Akhmad Muhaimin. Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia; Revitalisasi Pendidikan Karakter terhadap Keberhasilan Belajar dan Kemajuan Bangsa. Ar-Ruzz Media: Yogyakarta. 2011.
Damayanti, Deni, Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah, Araska: Yogyakarta. 2014.
Dhofier Zamakhsyari. 2000. Menggagas Paradigma Baru Pendidikan: Demokratisasi, Otonomi, Civil Socienty, Globalisasi. Yogyakarta: Kanisius.
Fitri, Agus Zaenul, Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan Etika di Sekolah, Ar-Ruzz Media: Yogyakarta. 2012.
Ilahi, Mohammad Takdir, Gagalnya Pendidikan Karakter (Analisis dan Solusi Pengendalian Karakter Emas Anak Didik), Ar-Ruzz Media: Yogyakarta. 2014.
Majid, Abdul dan Andrayani, Dian, Pendidikan Karakter Dalam Persepektif Islam, PT. Remaja Rosdakarya: Bandung. 2011.
Muin, Fachtul. Pendidikan Karakter Konstruksi Teoritik dan praktek. Ar-Ruzz Media: Yogyakarta. 2011.
Muslich, Masnur, Pendidikan Karakter (Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional), PT Bumi Aksara: Jakarta. 2011.
Naim, Ngainun, Character Building: Optimalisassi Peran Pendidikan Dalam Pengembangan Ilmu dan Pembentukan Karakter Bangsa, Ar-Ruzz Media: Yogyakarta. 2012.
Nashir, Haedar, Pendidikan Karakter Berbasis Agama dan Kebudayaan, Multi Presindo: Yogyakarta. 2013.
Purwanto M.Ngalim. 2003. Ilmu Pendidikan Teoretis dan Praktis. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya.
Rosidin, Pendidikan Karakter Ala Pesantren (Terjemah Adaptif Kitab Adabul Ta’limul Muta’allim Karya KH. Hasyim Asy’ari), UIN Maliki Press: Malang. 2013.
Salahuddin, Anas dan Alkrienciehie, Irwanto, Pendidikan Karakter (Pendidikan Berbasis Agama dan Budaya Bangsa), CV Pustaka Setia: Bandung. 2013.
Samani, Muchlas, dan Hariyanto, Konsep dan Model Pendidikan Karakter, Remaja Rosda Karya: Bandung. 2011.
Soeganda Purbakawatja, Pendidikan dalam Alam Indonesia Merdeka, Jakarta: Gunung Agung, 1970.
Surakhmad Winarno. 2009. Pendidikan Nasional: Strategi dan Tragedi. Jakarta: Buku Kompas.
Syafri, Ulil Amri, Pendidikan Karakter Berbasis Al-Quran, PT Rajagrafindo Persada. Jakarta. 2012.
Tilaar H.A.R. 2009. Kekuasaan dan Pendidikan: Manajemen Pendidikan Nasional dalam Pusaran Kekuasaan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 dan Peraturan menteri Pendidikan Nasional Nomor 11 Tahun 2011. 2012. Guru dan Dosen. Bandung: Citra Umbara.
Wiyani, Novan Ardy, Pendidikan Karakter Berbasis Iman dan Taqwa, TERAS: Yogyakarta. 2012.
Zakiah Daradjat, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 2000.
10.33650/al-tanzim.v1i1.25 |
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Abdurahman Abdurahman