Kajian Kritis Tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP)

DOI: https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v1i1.26

Authors (s)


(1) * Moh. Sholeh   (IAI Nurul Jadid)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Pendidikan tidak terlepas dari perubahan tersebut. Kehidupan politik, sosial-ekonomi, mengalami perubahan-perubahan yang besar yang belum pernah dialami dalam sejarah umat manusia. Kita lihat saja hancurnya negara-negara seperti Uni Soviet, Yugoslavia, yang telah melahirkan negara-bangsa yang baru sebagai hasil dari dunia terbuka atau dunia tanpa batas (borderless word) yang disertai dengan maraknya demokrasi dan HAM. Dalam kehidupan ekonomi kita mengalami pasar terbuka yang kini dikuasai oleh multinational corporation (MNC). Abad ke-21 kita nantikan lahirnya kekuatan baru dari dunia ketiga menjadi negara super power, yaitu Cina dan India. Dalam bidang politik umat manusia memasuki pergaulan internasional yang serba terbuka yang telah melahirkan budaya serba “world” seperti bahasa inggris yang menjadi bahasa dunia, pasar yang dikuasai oleh produk-produk industri Barat yang dikendalikan oleh multinational corporation, dunia pendidikan berlomba-lomba menjadi “world class university”. Semua perubahan global tersebut tentunya mempengaruhi pendidikan.





Full Text: PDF



References


An Nahlawi, Abdurrahman, (1996). Pendidikan Islam di Rumah, Sekolah, dan Masyarakat.

Jakarta: Gema Insani Press.

Asmani, Jamal Ma’mur, 2012, 7 Tips Aplikasi PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan), Yogyakarta, DIVA Press

--------------, 2012, Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal, Yogyakarta, DIVA Press

Baharuddin, 2010, Moh. Makin, Manajemen Pendidikan Islam Transformasi Menuju Sekolah/Madrasah Unggul, Malang, UIN Maliki Press.

Mastuhu, 1994, Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren, Indonesian – Netherlands Cooperation in Islamic Staudies (INIS) seri XX, Jakarta

-------------, 1999, Memberdayakan Sistem Pendidikan Islam, Jakarta, Logos Wacana Ilmu

Mulyadi, 2010, kepemimpinan Kepala Madrasah, dalam Mengembangkan Budaya Mutu (Studi Multi Kasus di Madrasah terpadu , MAN 3 Malang, MAN Malang 1, dan MA Hidayatul Mubtadi’in Kota Malang), Badan Litbang dan Diklat Kemenag RI. Jakarta

Muhaimin dkk., Manajemen Pendidikan Aplikasi dalam Penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah/Madrasah, Malang, UIN Maliki Press

Nafis, Ahmadi H. Syukran, 2010, Pendidikan Madrasah, Dimensi Profesional dan Kekinian, Yogyakarta, LaksBang PRESSindo

Steenbrink, Karel A., 1991, Pesantren, Madrasah, Sekolah, Pendidikan Islam dalam Kurun Moder., jakarta, (LP3ES)

Rahim, Husni, 2001, Arah Baru Pendidikan Islam di Indonesia, cet. 1, Ciputat, Logos Wacana Ilmu dan Pemikiran,

http://www.ispi.or.id/2010/09/19/pengembangan-pendidikan-agama-islam-di-sekolah/

Ali, Mohammad, Pengembangan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. 12 November 2012, http://blog.umy.ac.id/syrama/2012/11/17/pengembangan-pendidikan-agama-islam-di-sekolah/

Statistik Pendidikan Islam Tahun 2008/2009 tentang RA, MI, MTs, dan MA

Undang-Undang RI. Nomer 20 tahun 2003 Tentang Sistem pendidikan Nasional

Undang-Undang RI. Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen

Peraturan Pemerintah RI. Nomor 55 Tahun 2007 tentang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan

Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan


Article View

Abstract views : 1659 times | PDF files viewed : 2059 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/al-tanzim.v1i1.26


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Moh. Sholeh

Creative Commons License
 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Al-Tanzim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Published by Postgraduate of Nurul Jadid University, Probolinggo, East Java, Indonesia.