Analisis Kualitas Perangkat Lunak Aplikasi Mobile Bank Digital X Menggunakan Model McCall dan Blackbox Testing
AbstractPerkembangan bank digital mendorong evaluasi kualitas aplikasi mobile banking. Penelitian ini menganalisis kualitas aplikasi Bank Digital X menggunakan Model Kualitas Perangkat Lunak McCall dan metode pengujian Black Box. Model McCall mengukur lima aspek kualitas (efisiensi, reliabilitas, usability, integritas, correctness) melalui kuesioner kepada 62 responden. Pengujian Black Box menilai fungsionalitas dan waktu respons pada empat perangkat dengan spesifikasi berbeda. Hasil menunjukkan aspek usability, correctness, dan integritas aplikasi bank digital X berada pada kategori baik hingga sangat baik. Namun, efisiensi dan reliabilitas masih perlu ditingkatkan. Pengujian Black Box menemukan bahwa waktu respons aplikasi sangat bervariasi tergantung spesifikasi perangkat, dimana perangkat flagship lebih cepat dibandingkan perangkat lama. Disimpulkan bahwa aplikasi bank X sudah baik dari sisi fungsional dan keamanan, namun memerlukan optimalisasi kinerja untuk performa yang merata di berbagai jenis perangkat. |
Full Text:
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Nathanael Abel Adrielvino, Damien Hugo Heriyando, Belsana Butar Butar, Wahyu Tisno Atmojo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

COREAI: Jurnal Kecerdasan Buatan, Komputasi dan Teknologi Informasi
Published by Technic Faculty of Nurul Jadid University, Probolinggo, East Java, Indonesia.