Rancang Bangun Auto Control Penerangan Jalan Umum (PJU) dengan Menggunakan Real Time Clock & Light Dependent Resistor Mikrokontroler di Pondok Pesantren Nurul Jadid

DOI: https://doi.org/10.33650/coreai.v3i2.5135

Authors (s)


(1) * Abdul Rahim   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Pondok Pesantren Nurul Jadid yang bertempat di Desa Karanganyar Kecamatan Paiton Kabupaten Probolinggo Jawa Timur, masih menggunakan saklar manual sehingga mengalami kesulitan di saat menghidupkan dan mematikan lampu jalan yang jaraknya lumayan jauh dari titik satu dengan titik yang lainnya, dan juga sering lupa menghidupkan dan mematikan lampu. Dari alat ini masing-masing sensor berfungsi saling berkaitan dan saling mendukung satu sama lain sehingga menjadi satu-kesatuan alat yang bisa di terapkan di Pondok Pesantren Nurul Jadid, sehingga menjadi lebih mempermudah petugas PLNJ dan lampu berfungi sesuai dengan fungsinya segingga lebih efisiensi dalam penggunaan. Untuk menghasilkan sistem monitoring penggunaan Penerangan Jalan Umum (PJU) di wilayah Pondok Pesantren Nurul Jadid, maka tujuan dari penelitian ini adalah agar bagian perlengkapan PLNJ lebih mudah dalam mengontrol lampu Penerangan Jalan Umum (PJU). Dari hasil implementasi bahwasanya alat yang digunakan bisa mempermudah dalam pengoperasian untuk mengontrol penerangan jalan umum, dan juga bisa menggunakan tiga jenis pengaturan yaitu dengan RTC, LDR, Manual


Keywords

Auto control; Real time clock; Mikrokontroler;



Full Text: DOWNLOAD PDF



References


. Azmi, Z. (2018). Implementasi Kecerdasan Buatan Untuk Sistem Kendali. Sains dan Komputer (SAINTIKOM), 32-38.

. Herlina, A. (2021). Rancang Bangun Mesin Drop Box Telur dengan Sistem Conveyor Berbasis Arduino. Journal of Electrical Engineering and Computer (JEECOM).

. Prastiono, E. (2019). Sistem Kontrol Pelanggaran Merokok Santri Di Ppnj Menggunakan Mikrokontroller Dan Internet Of Thing (Iot). Journal of Electrical Engineering and Computer (JEECOM).

. Saputra, I. S. (2022). Sistem Kontrol dan Monitoring Penerangan Lampu Taman Berbasis Website. Prosiding Seminar Nasional Teknik Elektro, Sistem Informasi, dan Teknik Informatika (SNESTIK).

. Setyono, J. S., Mardiansjah, F. H., & Astuti, M. F. (2019). POTENSI PENGEMBANGAN ENERGI BARU DAN ENERGI. JURNAL RIPTEK, 177 – 186.

. Syarifudin, I. A. (2019). RANCANG BANGUN PENATAAN LAMPU PENERANGAN JALAN. TELECTRICAL, 29-35.

. Liza, D. (2014, january 23). pengertian pisang dan manfaatnya. Retrieved september 2, 2018, from blogspot.com: http://dinaalizadewi.blogspot.com/2014/01/pengertian-pisang-dan-manfaatnya.html.

. Astuti, Fajar (2013). Pengolahan Citra Digital : Konsep & Teori, Andi Offset.

. Riadi, M. (2017, september 21). pengertian data mining. Retrieved maret 18, 2018, from kajianpustaka: https://www.kajianpustaka.com/2017/09/data-mining.html

. pamungkas, a. (n.d.). data mining. Retrieved maret 19, 2018, from pemrogramanmatlab: https://pemrogramanmatlab.com/data-mining-menggunakan-matlab/

. Ja’far, (2017). Penerapan K-Nearest Neighbor Berbasis Algoritma Genetika untuk Klasifikasi Mutu Padi Organik. STT Nurul Jadid.

. Anggoro, Yeri . (2018). Implementasi Metode Fuzzy K-Nearest Neighbor Untuk Klasifikasi Penyakit Tanaman Kedelai Pada Citra Daun. Universitas Brawijaya.

. Aulia, Suci. (2015) Analisis Perbandingan KNN dengan SVM untuk Klasifikasi Penyakit Diabetes Retinopati berdasarkan Citra Eksudat dan Mikroaneurisma, Universitas Telkom.

. Permana, s. b. (2012, maret 28). pengertian, kelebihan dan kekurangan svm. Retrieved maret 11, 2018, from blogspot.co.id: http://cgeduntuksemua.blogspot.co.id/2012/03/pengertian-kelebihan-dan-kekurangan.html

. Kurniawan, Aris (2015). http://www.gurupendidikan.co.id/9-pengertian-implementasi-menurut-para-ahli/

. Aditya, Angga (2017). Klasifikasi Kualitas Tanaman Cabai Menggunakan Metode Fuzzy K-Nearest Neighbor (K-NN)


Article View

Abstract views : 124 times | DOWNLOAD PDF files viewed : 96 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/coreai.v3i2.5135


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Abdul Rahim

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Creative Commons License
 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

COREAI: Jurnal Kecerdasan Buatan, Komputasi dan Teknologi Informasi

Published by Technic Faculty of Nurul Jadid University, Probolinggo, East Java, Indonesia.