Sistem Informasi Survei Kepuasan Pengunjung Perpustakaan Ibrahimy Menggunakan Framework Codeigniter 3 dan MySQL
AbstractPerpustakaan Universitas Ibrahimy Sukorejo merupakan bagian dari Perpustakaan Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo yang lebih dikenal dengan Perpustakaan Ibrahimy. Perpustakaan merupakan salah satu pusat informasi yang mempunyai peranan penting dalam proses penyebaran informasi, menemukan dan mengembangkan informasi atau lembaga pendidikan serta alat pendidikan untuk mengatur proses jalannya pendidikan. Salah satu upaya yang dilakukan dalam rangka memperbaiki layanan dan termasuk dalam pengembangan sistem yang telah dirancang adalah melakukan survei kepuasan terhadap layanan perpustakaan. Pada saat ini prosedur penilaian survei kepuasan pengunjung masih dalam tahap tulis menulis yaitu membagikan sebuah angket kepada seluruh pengunjung sehingga sengat membutuhkan waktu yang begitu lama dalam proses penilaian dan sangat mudah terjadi kerusakan pada hasil penilaian yang terbuat dari kertas. Dari pemaparan diatas, peniliti memiliki solusi pada pengambilan titik fokus pada sistem informasi survei kepuasan pengunjung sebagai alat bantu dalam proses penilaian kepuasan pengunjung terhadap layanan perpustakaan. Selain itu proses penilaian kepuasan pengunjung juga dapat mengukur tingkat kepuasan pengunjung terhadap Perpustakaan Universitas Ibrahimy serta memberikan peningkatan terhadap kemajuan kualitas Perpustakaan ibrahimy. Dalam penelitian ini telah dihasilkan sistem informasi survei kepuasan pengunjung perpustakaan ibrahimy menggunakan framework codeigniter 3 dan mysql sebagai proses dalam meningkatkan kualitas pelayanan perpustakaan dan mempermudah dalam proses penilaian kepuasan secara akurat.
|
Keywords
Full Text:
References
Al Fatta, Hanif.2007. Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi. Yogyakarta : Andi, h.121
Dwi Andika, Pengertian Flowchart, diakses dari https://www.it-jurnal.com/pengertian-flowchart/. Diakses pada tanggal 21 mei 2022 pada 06.57 WIB
Husein, Muhammad Fakhri dan Amin Wibowo. 2006. Sistem Informai Manajemen Edisi Revisi. Yogyakarta: UOO STIM YKPN Yogyakarta
Jurnal Informatika dan Komunikasi, Februari (2006)
Jurnal Perancangan Aplikasi Survei Kepuasan Pengunjung Perpustakaan Berbasis web Amik Tri Dharma Pekanbaru
Jurnal Perancangan Survei Kepuasan Pengunjung Perpustakaan Berbasis Web, Vol 10 No.2 Desember 2017
Jurnal “Saputra-Nugraha Perancangan dan Implementasi Survei Kepuasan Pengunjung Berbasis Web di Perpustakaan Daerah Kota Salatiga, Vol 15 No.1 Januari 2017”
Jurnal Perancangan Sistem Survei Kepuasan Pelanggan Berbasis Web Periode 2016. IBI Kwik Kian Gie
Jogiyanto, H.M, 2005, Analisa Dan Desain Sistem Informasi : Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktik Aplikasi Bisnis, ANDI, Yogyakarta
Kamus Besar Basaha Indonesia (KBBI) “Pengertian Sistem”
Kotler dan Keller (2009:138) Manajemen Pemasaran. Penerbit Erlangga. Jakarta
Nazir, Moh. (2013) Metode Penelitian, Bogor : Ghalia Indonesia
Syaifullah, Wijaya, Lg ,SI Kepuasan Layanan Administrasi Berbasis IPA, Vol 2, 2018
Sugiyono (2018) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung Alfabeta
Suryadana, M. Liga.(2013) Sosiologi Pariwisata : Kajian Kepariwisataan dalam Paradigma Integratif- Transformatif menuju wisata spiritual. Bandung : Humaniora
Supono dan Putratama (2014:14) Pengertian Sublime Text
Sejarah Perpustakaan Ibrahimy, Dilansir dari https://www.ibrahimy.web.id/, Pada tanggal 21 Mei 2022 Jam 20.00
Sejarah Perpustakaan Ibrahimy, Dilansir dari https://www.ibrahimy.web.id/, Pada tangal 21 Mei 2022 Jam 14,35
UU Perpustakaan, Bab 1 Pasal 1
10.33650/coreai.v4i1.6522 |
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Bustanul Arifin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
COREAI: Jurnal Kecerdasan Buatan, Komputasi dan Teknologi Informasi
Published by Technic Faculty of Nurul Jadid University, Probolinggo, East Java, Indonesia.