Sistem Pendataan Transaksi Pulsa dan Kartu Perdana Berbasis Website di PT. Ciwaru Jaya Kusumah

DOI: https://doi.org/10.33650/coreai.v4i2.6859

Authors (s)


(1) * feri rifki   ()  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


T

ransaksi pulsa dan kartu perdana di desain dengan website agar pemantauan admin dari supplier berjalan secara terstruktur dengan menggunakan metode waterfall. Metode ini bertujuan agar website mudah di pahami oleh berbagai user. Metode lain yang digunakan yaitu Balance Scorecard (BSC) yang sangat efektif dalam mengukur keuntungan.
Pada penelitian ini penulis merancang dan mengimplementasikan aplikasi transaksi pulsa dan kartu pada metode BSC dengan empat perspektif yaitu finansial, pelanggan, proses internal serta pembelajaran pada berbagai divisi. Untuk setiap perspektif memiliki nilai bobot yang berbeda namun dengan jumlah keseluruhan bobot yang sama dengan nilai persentase mencapai 100%. Aplikasi ini berbasis web dengan menggunakan metode pengembangan Waterfall dengan model MVC untuk memastikan adaptabilitas dan kualitas produk. Aplikasi ini juga dibangun menggunakan framework Laravel dan menggunakan basis data MySQL sebagai tempat penyimpanan data.
Hasil dari keseluruhan pengujian unit yang dilakukan dengan pengujian whitebox pada kode perhitungan BSC, verifikasi target dan tugas kerja karyawan menggunakan PHP Unit menunjukkan status valid pada uji kode unit. Hasil dari pengujian blackbox bahwa aplikasi ini berjalan sesuai dengan kebutuhan fungsional dan non-fungsional aplikasi. Hasil dari skor Likert pada pengujian User acceptance test (UAT) menunjukkan hasil yang cukup signifikan dengan faktor kepuasan pengguna mencapai 78% dan faktor kemudahan pengguna mencapai 96%.





Full Text: Download PDF



Article View

Abstract views : 45 times | Download PDF files viewed : 29 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/coreai.v4i2.6859


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 feri rifki

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Creative Commons License
 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

COREAI: Jurnal Kecerdasan Buatan, Komputasi dan Teknologi Informasi

Published by Technic Faculty of Nurul Jadid University, Probolinggo, East Java, Indonesia.