PENDIDIKAN KARAKTER ORANG TUA DAN ANAK DALAM AL-QUR’AN (KAJIAN TEMATIK ATAS QS. YUSUF DAN QS. IBRAHIM DALAM TAFSIR AL-IBRIZ)
AbstractDalam hal ini peneliti ingin mengetahui bagaimana peran orang tua yang benar terhadap anak dalam pembentukan karakter pada zaman milenial sekarang berdasarkan dari kisah-kisah pendidikan karakter yang terkandung dalam Al-qur’an yang berbeda sekali dengan kenyataan fakta orang tua zaman sekarang yang masih banyak menyakiti anaknya baik secara fisik ataupun mental yang dapat mengganggu tumbuh kembangnya pendidikan karakter seorang anak. Dari permasalahan tersebut, menjadi daya tarik sendiri bagi penulis untuk mengkaji persoalan pertama tentang pendidikan karakter orang tua dan anak dalam QS. Yusuf dan QS. Ibrahim. Untuk mengetahui pendidikan karakter orang tua dan anak yang terkandung dalam surah Yusuf dan surah Ibrahim. Kedua, tentang pendidikan karakter orang tua dan anak menurut KH. Bisri Musthofa dalam tafsir Al-Ibriz. Ketiga, untuk mengetahui pendidikan karakter orang tua dan anak menurut KH. Bisri Musthofa dalam tafsir Al-Ibriz. Untuk menjawab permasalahan tersebut digunakan pendekatan sosiologi. Metode penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah meltodel analisis (tahlili) untuk mendapatkan hasil pemahaman penelitian yang berupa analisis yang mendalam dan komperehensif. |
Keywords
Full Text:
References
Abdullah, Adil Fathi. (2003). Menjadi Ibu Ideal Terj. Akmal Burhanuddin. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar
Adibah, Ida Zahara. (2017). Pendekatan Sosiologis Dalam Studi Islam. Jurnal Inspirasi, 1(1).
Al Qaatan, Manna Khalil. (2016). Studi Ilmu-ilmu Alquran. Jakarta: Lentera Antar Nusa.
al-Farmawi, Abd al-Hayy. (1977). al-Bidayah fi al-Tafsir al-Mauudu’i. al-Qahirah: al-Hadarah: al Arabiyyah.
Al-Ibriz, Tafsir.
al-Qattan, Manna’ Khalil. (2001). Mabah̟ is Fī ‘Ulum al Qur’an, Terj. Mudzakir Cet, ke-6. Jakarta: PT Pustaka Litera Antarnusa.
Al-Qusairi, Abi Al-Husain Muslim ibn Al-Hajjaj. (1995). Shaih Muslim. Beirut: Muassasah ar-Risalah.
Arifin. (2014). Ilmu Pendidikan Islam Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner. Jakarta: PT.Bumi Aksara.
Darajat, Zakiyah. (1996). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Ghofur, Saiful Amin. (2013). Mozaik Mufassir Al-Qur’an dari Klasik Hingga Kontemporer. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.
Hadi, Ahmad Zaenal. (2019). Mutiara Pesantren Perjalanan Khidmah KH. Bisri Mustofa, Yogyakarta: Pustaka Pesantren.
Hajar, Ibnu. (1996). Dasar-Dasar Metodelogi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Hariyanto, Muchlas Samani. (2017). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Hasyim, Umar. (1990). Anak Shaleh. Surabaya: PT Bina Ilmu.
HS, M. Ramli. (1994). Corak Pemikiran Kalam KH Bisri Mustofa: Studi Komperatif dengan Teologi Tradisional Asy’ariyah. Tesis, Pasca Sarjana IAIN Syarif Hidayatulloh.
Husain, Akhlaq. (2000). Menjadi Orang Tua Muslim Yang Terhormat Terj. Joko Sulistyo Kahlar Surabaya: Risalah Gusti.
Kartoni. (1990). Pengantar Metode Riset Sosial. Bandung: Mandar Maju.
Khalafullah , M. A. (2002). Alquran Bukan “Kitab Sejarah”. Jakarta: Paramadina.
Lukman, Hendrik. Polsek Wawai Karya Lampung Timur, Wawancara, Jl. Pramuka, Rajabasa, Lampung, 18 Maret 2020.
M. Amirin, Tatang. (1990). Menyusun Rencana Penelitian. Jakarta: Rajawali Pres.
Ma’rifat, Muhammad Hadi. (2007). Kisah-kisah dalam Alquran Antara Fakta dan Metafora, Terj. Thoha Musawa. Jakarta: Al-Huda.
Ma’sum, Saifulloh. (1998). Karisma Ulama: Kehidupan Ringkas 26 Tokoh NU. Bandung: Mizan.
Marsaid. (2015). Perlindungan Hukum Anak Pidana Dalam Perspektif Hukum Islam (Maqasid Asy-Syari’ah). Palembang: Noer Fikri.
Muhammad, Abdullah bin. (1989). Tafsir Ibnu Katsir, Terj. M. Abdul Ghofar. Jakarta: Pustaka Umum Grafiti.
NU, Risalah. (1399/1979). In Memoriam: KH. Bisri Mustofa, Edisi No. 2. Semarang: PWNU Jateng.
Rokhmad, Abu. (2011). Telaah Karakteristik Tafsir Arab Pegon al-Ibriz. Jurnal Analisa 18(1).
Shaulun, A. Nasir. (2002). Peran Agama Terhadap Pemecahan Problema Remaja, Cet II. Jakarta: Kalam Mulia.
Shihab, M. Quraish. (2002). Tafsir Al-misbah: Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Quran. Jakarta: Lentera Hati.
Ulfa, Mariah. (2017). Nilai-Nilai Pendidikan Akidah Akhlak dalam Kisah Nabi Nabi Yusuf. Skripsi, Banda Aceh: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
10.33650/graduasi.v1i1.8236 |
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Hofidatur Rofi’ah
This work is licensed under a CC BY-SA
Published by Islamic Faculty of Nurul Jadid University, Probolinggo, East Java, Indonesia.