AL-QUR’AN RAMAH DIFABEL: KAJIAN LIVING QUR’AN DI SEKOLAH DASAR LUAR BIASA (SDLB) PAITON PROBOLINGGO

Naziyatun Nisa’
DOI: https://doi.org/10.33650/graduasi.v1i1.8250



Abstract

Difabel netra membutuhkan media khusus untuk mempelajari agama Islam, terutama dalam ibadah membaca Al-qur’an. Tujuan dari penelitian ini adalah memberikan gambaran mengenai strategi penggunaan Al-Qur’an braile sebagai acuan bagi difabel netra di Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB) Paiton Probolinggo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang di lakukan di Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB) Paiton Probolinggo dengan metode pengumpulan data berupa dokumentasi, observasi dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah Siswa difabel netra. Kesimpulan penelitian ini menyatakan bahwa strategi penggunaan Al-qur’an braile sebagai cara belajar agar dapat membaca Al-Qur’an bagi difabel netra di SDLB Mambaul Ulum Paiton Probolinggo digunakan dengan menggunakan metode drill dalam bimbingan baca tulis braile. Difabel netra akan dikenalkan dengan huruf hija’iyah braile yang bisa diraba dengan urutan materi berdasarkan Iqro’. Penggunaan Al-Quran Braile sebagai alat belajar membaca bagi difabel netra sesuai dengan salah satu prinsip yang harus disampaikan dengan menyesuaikan tingkat kemampuan mad’u atau sasaran dakwah. Strategi penggunaan Al-Qur’an Braile sebagai acuan agar bisa memebaca Al-Qur’an bagi difabel netra dirasa tepat karena sudah sesuai dengan kebutuhan dan potensi yang dimiliki oleh difabel netra. Nilai-nilai dakwah bisa disampaikan dengan baik, keterbatasan penglihatan tidak membatasi difabel netra untuk tetap dapat melakukan ibadah membaca Al-Qur’an melalui bentuk braile.


Keywords

Al-Qur’an Braile; Living Qur’an; Ramah Difabel

Full Text:

PDF

References

Arfandi, M., Sulasminah, D., & Syamsuddin, S. (2023). Penerapan Metode Drill dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Huruf Hija’iyyah Braille pada Siswa Tunanetra di SLB-A Yapti Makassar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(2), 735–759. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i2.1621

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Ibrahim Norhasrina. (2017). 11 Kemahiran Pedagogi Braille. Proceedings of the International Conference on Special Education, 2, 489.

Kurniawan, I. (2015). Implementasi Pend Bagi Siswa Tuna Netra. Edukasi Islam Jurnal Pendidikan Islam, 04(08), 1044–1060. Retrieved from https://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ei/article/view/77/0

Najihah, A., Mohd, B., Nadhrah, N., Binti, S., Nur, S., Binti, A., … Quran, F. P. (n.d.). Teknologi Braille Dalam PDP Al-Quran Untuk, 1014–1021.

Nur Rahayu Setyawati. (2021). Peran Guru Dalam Menumbuhkan Minat Membaca Dan Menulis Braille Pada Siswa Tunanetra. RISDA : Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 5(2), 151. Retrieved from https://ejournal.staiarrosyid.ac.id/index.php/risda/article/view/45/45

Rashed, Z. N. (2021). Penelitian Terhadap Pengajaran dan Pembelajaran Al Quran Braille : Satu Analisis ( Analysis on Teaching and Learning of Vision Impairement Using Braille Quranic Mushaf ). Journal of Quran Sunnah Education and Special Needs, 5(2590–3799), 74–75.


Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/graduasi.v1i1.8250


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Naziyatun Nisa’


This work is licensed under a CC BY-SA

Published by Islamic Faculty of Nurul Jadid University, Probolinggo, East Java, Indonesia.