PREVENTIF PERILAKU ZINA DALAM AL-QUR᾿AN PERSPEKTIF WAHBAH AL-ZUHAILȊ DALAM TAFSIR AL-MUNȊR

DOI: https://doi.org/10.33650/graduasi.v1i1.8255

Authors (s)


(1) * Sayyida Nabila’ Iffah Azzahro   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa fenomena-fenomena perzinaan yang marak terjadi di masyarakat. Adanya perzinaan dapat merusak tatanan sosial masyarakat, serta dapat mengikis moral serta akhlak masyarakat baik remaja ataupun dewasa. Al-Qur’an memiliki ragam solusi supaya tercegah dari perzinaan yang terdapat dalam ayat-ayatnya. Penelitian ini meggunakan perspektif Tafsir al-Munȋr karya Wahbah al-Zuḥailȋ. Tafsir al-Munȋr ini menggunakan metode tahlili dan bercorak ʻadab al-ijtima’i serta bernuansa fiqh. Wahbah al-Zuḥailȋ menafsirkan ayat-ayat dan memaparkan secara mendetail hukum-hukum yang berkaitan dengan hal-hal yang dapat menyebabkan perzinaan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode kajian pustaka atau library research melalui pendekatan histori biografi dan pendekatan tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di dalam Al-Qur’an terdapat beberapa upaya preventif perilaku zina menurut Wahbah Zuhaili dalam Tafsir al-Munīr: (1) Bagi perempuan dianjurkan untuk menutup aurat serta hanya menampakkan perhiasan kepada orang yang diperbolehkan melihatnya dan menjauhi tabarruj. (2) Menjaga kemaluan. (3) Menahan pandangan (gaḍḍ al-baṣar). (4) Meminta izin dan mengucapkan salam ketika hendak masuk kamar atau rumah orang lain. (5) Menyegerakan nikah bagi orang yang masih single dan mampu untuk menikah. (6) Menjaga kesucian diri (‘iffah) bagi yang belum mampu menikah, salah satu caranya adalah dengan berpuasa. (7) Tidak melihat hal-hal yang diharamkan seperti film-film, gambar-gambar, atau bacaan-bacaan yang mengandung pornografi. (8) Tidak mewadahi atau menyediakan fasilitas untuk perzinaan, seperti menyediakan pekerja seks komersial.



Keywords

Preventif Perilaku Zina; Surah an-Nur; Tafsir al-Munȋr; Wahbah Al-Zuḥailȋ



Full Text: PDF



References


Al-Hafidz, Ahsin W. (2006). Kamus Ilmu Al-Qur’an. Jakarta: Amzah.

Alifi, Muhammad Ihfal. (2019). Metode Istinbaṯ Hukum Wahbah Az-Zuḥailī dalam Perkawinan Beda Agama. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Al-Zuḥailī, Wahbah. (2013). Tafsīr al-Munīr: Aqidah, Syariah dan Manhaj, Jilid 1. Jakarta: Gema Insani.

Al-Zuḥailī, Wahbah. (2013). Tafsīr al-Munīr: Aqidah, Syariah dan Manhaj, Jilid 2. Jakarta: Gema Insani.

Al-Zuḥailī, Wahbah. (2013). Tafsīr al-Munīr: Aqidah, Syariah dan Manhaj, Jilid 8. Jakarta: Gema Insani.

Al-Zuḥailī, Wahbah. (2013). Tafsīr al-Munīr: Aqidah, Syariah dan Manhaj, Jilid 9. Jakarta: Gema Insani.

Al-Zuḥailī, Wahbah. (2013). Tafsīr al-Munīr: Aqidah, Syariah dan Manhaj, Jilid 11. Jakarta: Gema Insani.

Annur, Cindy Mutia. (2022). katadata.co.id. . Diakses tanggal 17 Mei 2023.

Azizy, Faizah Ali Syibromalisi dan Jauhar. (2012). Membahas Kitab Tafsir Klasik-Modern. Ciputat: Lembaga Penelitian UIN Syarif Hidayatullah.

Azzahroh, Rosida. (2022). Penafsiran “La Taqrȃbu al-Zinȃ” (Studi Komparasi Q.S al-Isra : 32 dalam Tafsir al-Misbah dan Tafsir al-Qurthubi). Purwokerto: UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

Choiriyah, Mudrikatul. (2022). Tafsir Al-Qur’an tentang Poligami: Perbandingan Penafsiran Muhammad Abduh dan Wahbah Az-Zuḥailī. Jember: Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq.

Depdiknas. (2012). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Ela Sartika, Dede Rodiana, dan Syahrullah. (2017). Hubungan Tingkat Pengetahuan dan Sikap Remaja dengan Perilaku Seksual Pranikah. Jurnal Al-Bayan, 2(2).

Fadillah, Nur Aisyah. (2021). Ahl al-Kitāb (Studi Komparasi antara Tafsir al-Manār dan Tafsir al-Munīr). Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Firdaus, M. Syarofuddin. (2022). Epistemologi Fikih Kontemporer (Studi atas Pemikiran Sahal Mahfudh, Yusuf Al-Qarḍawī, dan Wahbah Az-Zuḥaili). Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Hidayah, Nur. (2020). Implementasi Ayat 32 dan 33 Surat An-Nur tentang Penyegeraan dan Penundaan Pernikahan. Jurnal Isti’dal 7(1).

Ihsan, Muh Nurul. (2022). Konsep al-Faḥsyā’ dalam Al-Qur’an (Studi Penafsiran Wahbah Az-Zuḥailī dalam Kitab Tafsir Al-Munīr). Palopo: Institut Agama Islam Negeri.

Laelatussa’adah, Syifa. (2022). Implikasi Pendidikan menurut Perspektif Al-Qur’an Surat An-Nur Ayat 30-31 tentang Adab Menjaga Pandangan. Bandung Conference Series: Islamic Education 2(2)

Lathifa, Zulfa Nur. (2020). Konsekuensi Tuduhan Zina pada Muḥsanah dalam Tafsir Al-Qur’an terhadap QS. an-Nur Ayat 4. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Mahfudz, Khairul. (2019). Zakat Investasi (Studi Pemikiran Yusuf Al-Qarḍawī, dan Wahbah Az-Zuḥaili). Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Mufid, Muhammad. (2015). Belajar dari Tiga Ulama Syam Fenomenal dan Inspiratif. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Muzakir, Kahar. (2020). Zina dalan Perspektif Hukum Islam dan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana. Formosa Journal of Science and Technologi 1(1).

Nabilah, Mutiara. (2022). Tafsir Ayat-Ayat Hukum Perzinaan : Aplikasi Pendekatan Kontekstual Abdullah Saeed. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Natonis, Zulkifli. (2020). Larangan Berzina dalam Al-Qur’an dan Ritual “Sifon” pada Etnis Suku Timor NTT. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Saepuloh, Dede. (2011). Tinjauan Fikh dan Hukum Positif terhadap Zina sebagai Alasan Menikah. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Sakinah, Dinni Noer. (2015). Implikasi Dari Qs. Al-Israa Ayat 32 tentang Pendidikan Seks terhadap Upaya Menjauhi Zina. Bandung: Universitas Islam Bandung.

Sari, Rosi Fita. (2022). Zina dalam Kristen dan Islam: Perspektif Hermeneutika John Gill dan Tafsir Al-Suyûtî. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Shihab, M. Quraish. (2007). Ensiklopedia Al-Qur’an, Jilid 3. Jakarta : Lentera Hati.

Yunus, Moch. (2018). Kajian Tafsīr al-Munīr Karya Wahbah Al-Zuḥailī. Jurnal Humanistika, 4(1).

Zumaro, Ahmad. (2021). Konsep Pencegahan Zina dalam Hadits Nabi SAW. Al-Dzikra: Jurrnal Studi Ilmu al-Qur’an dan al-Hadits, 15(1).


Article View

Abstract views : 120 times | PDF files viewed : 21 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/graduasi.v1i1.8255


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Sayyida Nabila’ Iffah Azzahro


This work is licensed under a CC BY-SA

Published by Islamic Faculty of Nurul Jadid University, Probolinggo, East Java, Indonesia.