LOKALITAS TAFSIR DI PESANTREN OLEH KH. BISRI MUSTHOFA DAN KH. ZAINI MUN’IM

DOI: https://doi.org/10.33650/graduasi.v1i1.8257

Authors (s)


(1) * Widya Aulia Zahra   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Dalam hal ini peneliti membahas tentang lokalitas tafsir di pesantren oleh KH. Bisri Musthofa dan KH. Zaini Mun’im. Adapun layanan yang diteliti adalah khusus yang diterapkan oleh Universitas Nurul Jadid. Permasalahan yang menjadi daya tarik bagi peneliti untuk mengkaji persoalan tentang lokalitas tafsir al-Ibriz, deskripsi tafsir al-Qur’an bi al-Imla’, dan karakteristik dari kedua tafsir tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif pendekatan deskriptif. Untuk mendapatkan hasil pemahaman penelitian berupa analisis yang mendalam dan komprehensif. Adapun hasil dari penelitian ini: a)Tafsir yang ditulis oleh Kiai yang ada di pesantren dan di peruntukkan kepada masyarakatnya dengan penafsiran yang sederhana dan sifat lokalitas yang dominan secara tersirat menceritakan kondisi masyarakat yang ada di Jawa dan Madura. b) Dalam menafsirkan ayat-ayat al-Qur’an khususnya ayat-ayat tentang tata cara bermasyarakat, kedua Kiai yang ada di pesantren yakni KH. Bisri Musthofa dan KH. Zaini Mun’im dengan sederhana menjelaskan makna ayat dengan bahasa yang mudah dipahami dan dengan menghadirkan kalimat tambahan yang dimaksudkan untuk memberi penjelasan lebih lugas kepada para pembaca.



Keywords

Bisri Musthofa; Lokalitas Tafsir; Pesantren; Zaini Mun’im



Full Text: PDF



References


Fahmi, Izzul. (2019). Lokalitas Kitab Tafsīr Al-Ibrīz Karya KH. Bisri Mustofa. Islamika Inside: Jurnal Keislaman dan Humaniora, 5(1), 96–119.

Hadi, Faiqoh M Khoirul. (2017). Tafsir Surat Luqman Perspektif KH. Bisri Musthofa dalam Tafsir Al-Ibriz. MAGHZA: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, 2(1), 55–74.

Hasanah, Ulfatun. (2019). Madurese Interpretation of Al- Qur’an : Periodization, Methodology, and Ideology. ’Anil Islam, 12(1), 1–35.

Kholily, Aaviy Lailaa. (2021). Analisa Unsur-unsur Tafsir Jalalain sebagai Teks Hipogram dalam Tafisr Al-Ibriz. Jalsah: The Journal of Al-Quran and As-Sunnah Studies, 1(1), 28–44.

Khumaidi. (2018). Implementasi Dakwah Kultural dalam Kitab Al Ibriz Karya KH. Bisri Mustofa. Jurnal An-Nida, 10(2), 181–188.

Maros, Hikmah, and Juniar, Sarah. (2016). Al-Qur’an dan Budaya Jawa (Tata Cara Bermasyarakat dalam Kitab Tafsir Al-Ibriz Karya KH. Bisri Musthafa). 1–23.

Mukmin, Konsep. (2013). Konsep Mukmin dalam Tafsir Al-Qur’an Bi Al-Imla….” Konsep Mukmin dalam Tafsir Al-Aqur’an Bi Al Imla’, 17, 18–31.

Rohkmad, Abu. (2011). Telaah Karakteristik Tafsir Arab-Pegon Al-Ibriz. Analisa, 18(1), 27.

Sopia, S. (2022). Aktivitas Sosial Keagamaan Masyarakat Suku Jawa di Kelurahan Padang Rambun Kecamatan Seluma Selatan Kabupaten Seluma.


Article View

Abstract views : 32 times | PDF files viewed : 19 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/graduasi.v1i1.8257


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Widya Aulia Zahra


This work is licensed under a CC BY-SA

Published by Islamic Faculty of Nurul Jadid University, Probolinggo, East Java, Indonesia.