PKM Pemilihan Ketua Forum Komunikasi Osis Berbasis Web Responsive dan Import Export Data

DOI: https://doi.org/10.33650/guyub.v2i1.2060

Authors (s)


(1) * Moh. Ainol Yaqin   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(2)  M.Saiful Rizal   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(3)  Mahbub Ali   (Universitas Nurul Jadid)
(4)  Mahfudz Mahfudz   (Universitas Nurul Jadid)
(5)  Milfin Zainul Asiqin   (Universitas Nurul Jadid)
(6)  R. Moh. Dhalilul Faizin   (Universitas Nurul Jadid)
(*) Corresponding Author

Abstract


Pengabdian kepada Masyarakat tersebut merupakan tindakn lanjut dari penelitian tentang e-Voting Berbasis Web Responsive Terintergrasi dengan Sistem Import Export Excel. Pondok Pesantren Nurul Jadid mempunyai beberapa lembaga formal Dari tingkat dasar seperti Menengah Pertama seperti Mts (Madrasah Tsanawiyah) dan SMP (Sekolah Menenga Pertama) dan tingkat menegah atas Seperti SMA dan SMK. Dari lembaga-lembaga tersebut tentunya memiliki Osis (Organisasi Siswa Intra Sekolah), pada Osis di setiap lembaga tersebut terdapat FKO (Forum Komunikasi Osis). Tujuan dari organisasi tersebut untuk menjalin silaturahmi antar lembaga agar memiliki visi dan misi sama yaitu memajukan Pesantren Nurul Jadid. FKO juga berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan Pesantren. Akan tetapi permasalahan yang sering terjadi ketika menentukan ketua FKO karena kandidatnya berasal dari banyak lembaga di bawah naungan Pondok pesantren Nurul Jadid, maka dari dibutuhkan suatu sistem yang dapat mempermudah dan dipastikan tidak terjadi kecurangan, maka dari itu membutuhkan aplikasi Pemilihan Ketua FKO(Forum Komunikasi Osis) Berbasis Web Responsive dan Import Export Data. Dengan adanya sistem tersebut dapat memberikan kemudahan sebagai berikut: (1) Input nama pemilih dapat menggunkan import excel. (2) Pemilih golput dapat diketahui dan di export ke excel.(3) Terdapat sistem pemilih tidak dapat memilih dua kali. (4) Terdapat grafik  voting yang dapa setiap kandidat, dan (5) Aplikasi responsive artinya dapat dibuka di media Hp. Sehingga pemilihan ketua FKO dapat berjalan dengan tanpa kecuranagan, transparan, baik efektif dan efesien.


Keywords

Pemilihan, FKO , Responsif, Import-Export



Full Text: PDF



References


Jiang, W., Zhang, M., Zhou, B., Jiang, Y., & Zhang, Y. (2014). Responsive web design mode and application. 2014 IEEE Workshop on Advanced Research and Technology in Industry Applications (WARTIA), 1303–1306.

Kaunang, F. J., Karim, A., Simarmata, J., Iskandar, A., Ardiana, D. P. Y., Septarini, R. S., Negara, E. S., Hazriani, H., & Widyastuti, R. D. (2021). Konsep Teknologi Informasi. Yayasan Kita Menulis.

Raharjo, B. (2013). Sekilas Mengenai Forensik Digital. Bandung Institute of Technology.

Saputra, G. W., Rivai, M. A., Su’udah, M., Wulandari, S. L. G., Dewi, T. R., & Fitroh, F. (2017). Pengaruh Teknologi Informasi Terhadap Kecerdasan (intelektual, spiritual, emosional dan sosial) studi kasus: anak-anak. Studia Informatika: Jurnal Sistem Informasi, 10(2).

Simarmata, J., Chaerul, M., Mukti, R. C., Purba, D. W., Tamrin, A. F., Jamaludin, J., Suhelayanti, S., Watrianthos, R., Sahabuddin, A. A., & Meganingratna, A. (2020). Teknologi Informasi: Aplikasi dan Penerapannya. Yayasan Kita Menulis.

Suharyanti, S., & Sutawidjaya, A. H. (2013). Analisis Krisis Pada Organisasi Berdasarkan Model Anatomi Krisis dan Perspektif Public Relations. Journal Communication Spectrum: Capturing New Perspectives in Communication, 2(2), 165–185.

Sutrisno, H. E. (2019). Budaya organisasi. Prenada Media.

Wijaya, C. (2017). Perilaku Organisasi (Nasrul Sya). Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia.

Wilar, W. F. (2019). Stakeholder Pemilu Dalam Menyukseskan Pelaksanaan Pemilu Serentak 17 April Tahun 2019. HOLISTIK, Journal Of Social and Culture, 12(1).

Yaqin, M. A., & Al Anis, A. (2019). E-BUSINESS COOPERATION DALAM PEMANFAATKAN MEDIA MIT APP INVENTOR DAN WEB BOOTSTRAP SEBAGAI PLATFORM UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT PROBOLINGGO. Teknika: Engineering and Sains Journal, 3(1), 13–18.


Article View

Abstract views : 516 times | PDF files viewed : 371 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/guyub.v2i1.2060


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Moh. Ainol Yaqin, M.Saiful Rizal, Mahbub Ali, Mahfudz Mahfudz, Milfin Zainul Asiqin, R. Moh. Dhalilul Faizin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This journal is licensed under

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.