Pengenalan dan Pendampingan Media Pembelajaran Berbasis Online Interaktif bagi Guru Persatuan Guru Nahdlatul Ulama secara Berkelanjutan

DOI: https://doi.org/10.33650/guyub.v2i1.2064

Authors (s)


(1) * Abd Syakur   (Pascasarjana Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) PGRI Sidoarjo)  
        Indonesia
(2)  Syafiqurrahman Syafiqurrahman   (Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (INSTIKA) Guluk-Guluk Sumenep)  
        Indonesia
(3)  Abd Warits   (Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (INSTIKA) Guluk-Guluk Sumenep)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari program pengabdian masyarakat ini adalah memberikan edukasi bagi guru-guru yang tergabung dalam organisasi Pergunu Kecamatan Lenteng. Terdapat tiga kegiatan utama dalam pengabdian ini yaitu sosialisasi aplikasi dan pentingnya menggunakan aplikasi tersebut dalam media pembelajaran, pelatihan mengoperasikan aplikasi media pembelajaran, serta pelatihan membuat konten pembelajaran dalam bentuk power point, video, dan gambar. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah metode PAR, yaitu memberikan pendampingan hingga tuntas dan membuahkan hasil yang terukur. Hasil dari pengabdian ini adalah terciptanya pengetahuan masyarakat dan guru tentang keberadaan aplikasi online serta memiliki pengetahuan bagaimana cara mengoprasikannya serta membuat konten pembelajaran online.




Full Text: PDF



References


Akbar, A., & Noviani, N. (2019). Tantangan dan solusi dalam perkembangan teknologi pendidikan di Indonesia. Paper presented at the PROSIDING SEMINAR NASIONAL PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG.

Al Ayubi, S., & Islami, W. N. (2020). Aktualisasi Profil Guru Nahdlatul Ulama Inspiratif dalam Menghadapi Tantangan Revolusi Industri 4.0. Syaikhuna: Jurnal Pendidikan dan Pranata Islam, 11(1), 48-63.

Atmaja, H. T. (2019). Pelatihan dan pendampingan pembuatan dan pemanfaatan media audio-visual interaktif dalam pembelajaran sejarah yang berbasis pada konservasi kearifan lokal bagi MGMP sejarah Kabupaten Banjarnegara. JURNAL PANJAR: Pengabdian Bidang Pembelajaran, 1(2), 131-140.

Beddu, S. (2019). Implementasi Pembelajaran Higher Order Thinking Skills (HOTS) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN, 1(3), 71-84.

Fauziyah, N. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Efektivitas Pembelajaran Daring Pendidikan Islam. Al-Mau'izhoh, 2(2).

Khusniyah, N. L., & Hakim, L. (2019). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Daring: Sebuah Bukti Pada Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Tatsqif, 17(1), 19-33.

Nasikhah, M. A. (2019). Inovasi Pelayanan Transportasi Publik Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Inovasi Ilmu Sosial Dan Politik (JISoP), 1(1), 26-37.

Nugrahani, R. (2007). Media pembelajaran berbasis visual berbentuk permainan ular tangga untuk meningkatkan kualitas belajar mengajar di sekolah dasar. Lembaran Ilmu Kependidikan, 36(1).

Nurillah, A. S., & Muid, D. (2014). Pengaruh kompetensi sumber daya manusia, penerapan sistem akuntansi keuangan daerah (sakd), pemanfaatan teknologi informasi, dan sistem pengendalian intern terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah (studi empiris pada skpd kota depok). Fakultas Ekonomika dan Bisnis.

Pangondian, R. A., Santosa, P. I., & Nugroho, E. (2019). Faktor-faktor yang mempengaruhi kesuksesan pembelajaran daring dalam revolusi industri 4.0. Paper presented at the Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS).

Riskiawan, H. Y., Setyohadi, D. P. S., & Arifianto, A. S. (2016). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimediauntuk Meningkatkan Kualitas Dan Kreativitas Guru Sma. J-Dinamika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1).

Syamsuar, S., & Reflianto, R. (2019). Pendidikan dan tantangan pembelajaran berbasis teknologi informasi di era revolusi industri 4.0. E-Tech: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 6(2).


Article View

Abstract views : 288 times | PDF files viewed : 322 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/guyub.v2i1.2064


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Syafiqurrahman Syafiqurrahman, Abd Syakur, Abd Warits

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This journal is licensed under

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.