PKM Pendampingan Santri Nurul Jadid melalui Gerakan Literasi Cerdas dalam Membentuk Komunitas Pelajar Berkarakter Islam di Pondok Pesantren Nurul Jadid
Authors (s)
(1) * Faizatul Widat   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(2)  Afita Khoirun Nisa’   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(3)  Wardatul Habibah   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(4)  Wahibatul Mas’ula   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(5)  Nikmatul Hosniah   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(6)  Jamilatul Masnunah   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(7)  Hamidah Hamidah   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author
AbstractTujuan pendampingan ini untuk menumbuhkan minat membaca yang sudah mulai terkikis dengan berkembangnya teknologi informasi yang semakin menjajah bangsa, tak terkecuali mereka yang masihberada di Sekolah Dasar. Kegiatan gerakan literasi cerdas ini merupakan upaya membentuk komunitas pelajar berkarakter islam. Metode yang digunakan berbasis pendampingan terhadap komunitas belajar di MI Nurul Mun’im. Upaya yang dilakukan, antara lain, sebagai berikut. Pertama,pendekatan literasi dengan menambahkan media buku sesuai daya ketertarikan minat membaca yang dapat menumbuhkan rasa keingintahuan serta materi baca berisi nilai-nilai budi pekerti melaui kisah nabi dan para khalifah, penguatan nilai-nilai keimanan dan keislaman melaui Fiqih Islam dan rukun iman serta penanaman Akhlaq Mulia melalui buku Akhlaq anak islam, dengan adanya buku tersebut dapat menarik minat baca terhadap Komunitas belajar MI Nurul Mun’im sehingga dapat membentuk komunitas pelajar berkarakter Islam. Kedua,pendekatan melaui wali murid sebagai controling membaca anak ketika berada di luar kawasan sekolah. Metode membaca juga diterapkan bagi mereka yang masih kurang lancar dalam membaca. |
Keywords
Article View
Abstract views : 350 times | PDF files viewed : 289 times10.33650/guyub.v2i2.2142 |
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Faizatul Widat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This journal is licensed under
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.