PKM Pendampingan Santri Nurul Jadid melalui Gerakan Literasi Cerdas dalam Membentuk Komunitas Pelajar Berkarakter Islam di Pondok Pesantren Nurul Jadid

Faizatul Widat(1*), Afita Khoirun Nisa’(2), Wardatul Habibah(3), Wahibatul Mas’ula(4), Nikmatul Hosniah(5), Jamilatul Masnunah(6), Hamidah Hamidah(7)
(1) Universitas Nurul Jadid, Probolinggo
(2) Universitas Nurul Jadid, Probolinggo
(3) Universitas Nurul Jadid, Probolinggo
(4) Universitas Nurul Jadid, Probolinggo
(5) Universitas Nurul Jadid, Probolinggo
(6) Universitas Nurul Jadid, Probolinggo
(7) Universitas Nurul Jadid, Probolinggo
(*) Corresponding Author
DOI : 10.33650/guyub.v2i2.2142

Abstract

Tujuan pendampingan ini  untuk menumbuhkan minat membaca yang sudah mulai terkikis dengan berkembangnya teknologi informasi yang semakin menjajah bangsa, tak terkecuali mereka yang masihberada di Sekolah Dasar. Kegiatan gerakan literasi cerdas ini merupakan upaya membentuk komunitas pelajar berkarakter islam. Metode yang digunakan berbasis pendampingan terhadap komunitas belajar di MI Nurul Mun’im. Upaya yang dilakukan, antara lain, sebagai berikut. Pertama,pendekatan literasi dengan menambahkan media buku sesuai daya ketertarikan minat membaca yang dapat menumbuhkan rasa keingintahuan serta  materi baca berisi nilai-nilai budi pekerti melaui kisah nabi dan para khalifah, penguatan nilai-nilai keimanan dan keislaman melaui Fiqih Islam dan rukun iman serta penanaman Akhlaq Mulia melalui buku Akhlaq anak islam,  dengan adanya buku tersebut dapat menarik minat baca terhadap Komunitas belajar MI Nurul Mun’im sehingga dapat membentuk komunitas pelajar berkarakter Islam. Kedua,pendekatan melaui wali murid sebagai controling membaca anak  ketika berada di luar kawasan sekolah. Metode membaca juga diterapkan bagi mereka yang masih kurang lancar dalam membaca.

Keywords


Pendampingan; Gerakan Literasi; Karakter Islami

Article Statistic

Abstract view : 46 times
PDF views : 29 times

Dimensions Metrics

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.