PKM Pendampingan Speaking Skill dengan Metode TROPIG di Wilayah Al Hasyimiyah Pondok Pesantren Nurul Jadid

DOI: https://doi.org/10.33650/guyub.v2i2.2170

Authors (s)


(1) * Syaiful Islam   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(2)  Nur Azizah   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(3)  Rifdatul Qomariyah   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(4)  Anis Fitria   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(5)  Nurul Hamidah   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(6)  Masrufah Masrufah   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Bahasa Inggris menjadi salah satu materi yang sulit diterima oleh siswa/i. Pendampingan ini berfokus pada peningkatan speaking skill siswi SMP Nurul Jadid yang berada di wilayah Al Hasyimiyah. Pembelajaran konvensional masih digunakan oleh para tutor di wilayah Al-Hasyimiyah. Untuk itu, metode yang digunakan adalah TROPIG (Total Physical Response, Role Play, Peer Tutoring dan Jigsaw). Keempat metode ini telah membantu dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Total Physical Response membantu siswa untuk melatih kemampuan psikomotorik siswa. Role Play dan Peer Tutoring merupakan metode yang melatih kemampuan kognitif siswa, sedangkan metode Jigsaw melatih kemampuan interpersonal dan intrapersonal siswa. Secara umum, siswa merasa terbantu dalam pembelajaran dengan menggunakan empat metode ini. Terbukti, siswa lebih percaya diri dalam berbicara didepan umum dan juga efektivitas pembelajaran terjadi


Keywords

Speaking skill; TROPIG; Pesantren Nurul Jadid



Full Text: PDF



Article View

Abstract views : 272 times | PDF files viewed : 201 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/guyub.v2i2.2170


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Syaiful Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This journal is licensed under

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.