PKM Pendampingan Speaking Skill dengan Metode TROPIG di Wilayah Al Hasyimiyah Pondok Pesantren Nurul Jadid

Syaiful Islam(1*), Nur Azizah(2), Rifdatul Qomariyah(3), Anis Fitria(4), Nurul Hamidah(5), Masrufah Masrufah(6)
(1) Universitas Nurul Jadid, Probolinggo
(2) Universitas Nurul Jadid, Probolinggo
(3) Universitas Nurul Jadid, Probolinggo
(4) Universitas Nurul Jadid, Probolinggo
(5) Universitas Nurul Jadid, Probolinggo
(6) Universitas Nurul Jadid, Probolinggo
(*) Corresponding Author
DOI : 10.33650/guyub.v2i2.2170

Abstract

Bahasa Inggris menjadi salah satu materi yang sulit diterima oleh siswa/i. Pendampingan ini berfokus pada peningkatan speaking skill siswi SMP Nurul Jadid yang berada di wilayah Al Hasyimiyah. Pembelajaran konvensional masih digunakan oleh para tutor di wilayah Al-Hasyimiyah. Untuk itu, metode yang digunakan adalah TROPIG (Total Physical Response, Role Play, Peer Tutoring dan Jigsaw). Keempat metode ini telah membantu dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Total Physical Response membantu siswa untuk melatih kemampuan psikomotorik siswa. Role Play dan Peer Tutoring merupakan metode yang melatih kemampuan kognitif siswa, sedangkan metode Jigsaw melatih kemampuan interpersonal dan intrapersonal siswa. Secara umum, siswa merasa terbantu dalam pembelajaran dengan menggunakan empat metode ini. Terbukti, siswa lebih percaya diri dalam berbicara didepan umum dan juga efektivitas pembelajaran terjadi

Keywords


Speaking skill; TROPIG; Pesantren Nurul Jadid

Article Statistic

Abstract view : 46 times
PDF views : 20 times

Dimensions Metrics

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.