PKM Penyuluhan Pembuatan dan Penyemprotan Disinfektan (PEPEDES) sebagai Upaya Pencegahan Covid-19 di Desa Kalikajar Kulon Probolinggo

Fahrudin Fahrudin(1*), Ayu Midyah Putri(2), Abdul Hamid Isnaini(3), Abdul Latif Isnaini(4), Duwi Handika Okta Rotama(5), Rosi Nurjannah(6), Suharno Suharno(7)
(1) Universitas Nurul Jadid, Probolinggo
(2) Universitas Nurul Jadid, Probolinggo
(3) Universitas Nurul Jadid, Probolinggo
(4) Universitas Nurul Jadid, Probolinggo
(5) Universitas Nurul Jadid, Probolinggo
(6) Universitas Nurul Jadid, Probolinggo
(7) Universitas Nurul Jadid, Probolinggo
(*) Corresponding Author
DOI : 10.33650/guyub.v2i2.2185

Abstract

Berdasarkan survei Desa Kalikajar Kulon banyak masyarakat yang belum sadar akan kebersihan lingkungan yang merupakan salah satu upaya pencegaan dari virus Covid-19. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan pada masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan tetap bersih dan bebas dari paparan virus dengan melakukan penyemprotan desinfektan diseluruh area rumah dan perabotan. Masyarakat belum banyak tahu tentang bagaimana pencegahan terhadap virus dan bakteri serta bagaimana membuat disinfektan. Ketidaktahuan tersebut membuat masyarakat menjadi tidak peduli mengenai kebersihan lingkungan. Oleh karena itu tim pengabdian memberikan penyuluhan kepada masyarakat bagaimana pembuatan  serta penyemprotan desinfektan menggunakan bahan rumah tangga dan bagaimana penggunaannya. Pengabdian ini dilakukan di Desa Kalikajar Kulon tepatnya di Dusun Kawitan RT 04 RW 01 yang merupakan wilayah paling padat penduduk. Melalui pengabdian ini, masyarakat lebih tahu apa itu disinfektan dan juga bagaimana pembuatan serta penggunaannya. Hal ini juga membuat masyarakat menjadi waspada dan sadar akan pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan guna sebagai upaya pencegahan terhadap paparan virus covid-19. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif yang berisi beberapa tahapan. Tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Hasil pelaksaan kegiatan ini berjalan dengan lancar sesuai dengan yang direncanakan. Masyarakat sangat antusias dengan melihat keikutsertaan sebagai relawan membantu kegiatan penyemprotan dan ikut hadir dalam penyuluhan pembuatan desinfektan. Kepala Desa, perangkat, dan masyarakat akan menindaklanjuti kegiatan disinfektan yang dilakukan oleh tim pengabdian ini.

Keywords


Covid-19, Penyuluhan, Desinfektan

Article Statistic

Abstract view : 50 times
PDF views : 36 times

Dimensions Metrics

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.