PKM Pelatihan Pengisian Pengajuan Izin Operasional Taman Pendidikan Al-Quran secara Online



Authors (s)


(1) * Moh Jasri   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(2)  Muhammad Romdloni   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(3)  Mohammad Akmalor Riski   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(4)  Nurul Hidayatullah   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(5)  Muhammad Hasan Andika   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(6)  Yogi Angga Praditya   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(7)  Syukron Khafi   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(8)  Shancen Ammabiel   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman kepala Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) dalam perizinan operasional TPQ dan cara pengajuannya dalam Kementrian Agama. Tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah adanya pemahaman pengajuan perizinan online oleh Forum Komunikasi Pendidikan Al-Quran (FKPQ) yang diterapkan di TPQ setempat, pelatihan perizinan pengoprasian aplikasi berbasis online pengabdian ini dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, yaitu berupa diskusi interaktif, konsolidasi tim pengabdian sebagai mediator terkait penyelesaian masalah, pendampingan terhadap kepala-kepala di TPQ di KecamatanPaiton. Adapun hasil dan temuan dalam pengabdian ini adalah  1) terpenuhinya fasilitasmodul aplikasi; 2) meingkatnya pemahaman Kepala TPQ tentang pengoprasian aplikasi tersebut melalui modul; dan 3) meningkatnya kemudahan dalam pengajuan dan perpanjangan izin operasional TPQ tersebut.


Keywords

Pelatihan Pengisian IJOP; Taman Pendidikan Al-Quran; Forum Komunikasi Pendidikan Al-Quran



Full Text: PDF



Article View

Abstract views : 207 times | PDF files viewed : 163 times



Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Moh Jasri Ahyak

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This journal is licensed under

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.