PKM Pelatihan Pemanfaatan E-Learning Berbasis Teknologi Berbasis Platform Google Classroom bagi Guru Madrasah Ibtidaiyah Nurul Mun’im (MINM) Paiton Probolinggo

Feriska Listrianti(1*), Nur Ika Sari(2), Siti Khomariya(3), Huswatun Hasanah(4), Millatun Hanifah(5), Deviyatul Hasanah(6)
(1) Universitas Nurul Jadid, Probolinggo
(2) Universitas Nurul Jadid, Probolinggo
(3) Universitas Nurul Jadid, Probolinggo
(4) Universitas Nurul Jadid, Probolinggo
(5) Universitas Nurul Jadid, Probolinggo
(6) Universitas Nurul Jadid, Probolinggo
(*) Corresponding Author
DOI : 10.33650/guyub.v2i2.2205

Abstract

E-learning adalah salah satu media pembelajaran yang lagi populer saat ini dimana sejalan dengan perkembangan populasi pengguna jaringan internet. Namun dari sekian banyak guru di sekolah masih sedikit yang mampu mengimplementasikan e-learning dalam proses kegiatan pembelajaran. Guru-guru di MI Nurul Mun'im merupakan salah satu yang belum menggunakan e-learning. Dalam menerapkan e-learning masih ada beberapa kendalla. Terbatasnya keterampilan dan pengetahuan guru dalam menggunakan e-learning dengan platform Goggle Classroom. Artikel ini memuat tentang kegiatan berupa pelatihan pemanfaatan Google Classroom bagi guru MI Nurul Mun'im Karanganyar Paiton. Pelatihan ini diikuti oleh 15 orang guru MI Nurul Mun'im Karanganyar Paiton yang dimulai dengan tiga tahap, yang pertama persiapan, kedua pelatihan, dan yang terakhir evaluasi. Evaluasi berupa kuesioner yang diisi oleh 15 guru. Hasil dari evaluasi setelah mengikuti proses kegiatan pelatihan ini, 86.9% guru mengatakan sudah bisa menggunakan fitur-fitur Google Classroom, 79.4% mengatakan Gooogle Classroom dapat menunjang dalam kegiatan pembelajaran dan 58.2% mengatakan akan melanjutkan penggunaan Goggle classroom dalam kegiatan proses pembelajaran.

Keywords


Pelatihan E-Learning; Google Classroom; MI Nurul Mun’im Paiton

Article Statistic

Abstract view : 43 times
PDF views : 23 times

Dimensions Metrics

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.