PKM Pelatihan Pemanfaatan E-Learning Berbasis Teknologi Berbasis Platform Google Classroom bagi Guru Madrasah Ibtidaiyah Nurul Mun’im (MINM) Paiton Probolinggo

Feriska Listrianti, Nur Ika Sari, Siti Khomariya, Huswatun Hasanah, Millatun Hanifah, Deviyatul Hasanah
DOI: https://doi.org/10.33650/guyub.v2i2.2205



Abstract

E-learning adalah salah satu media pembelajaran yang lagi populer saat ini dimana sejalan dengan perkembangan populasi pengguna jaringan internet. Namun dari sekian banyak guru di sekolah masih sedikit yang mampu mengimplementasikan e-learning dalam proses kegiatan pembelajaran. Guru-guru di MI Nurul Mun'im merupakan salah satu yang belum menggunakan e-learning. Dalam menerapkan e-learning masih ada beberapa kendalla. Terbatasnya keterampilan dan pengetahuan guru dalam menggunakan e-learning dengan platform Goggle Classroom. Artikel ini memuat tentang kegiatan berupa pelatihan pemanfaatan Google Classroom bagi guru MI Nurul Mun'im Karanganyar Paiton. Pelatihan ini diikuti oleh 15 orang guru MI Nurul Mun'im Karanganyar Paiton yang dimulai dengan tiga tahap, yang pertama persiapan, kedua pelatihan, dan yang terakhir evaluasi. Evaluasi berupa kuesioner yang diisi oleh 15 guru. Hasil dari evaluasi setelah mengikuti proses kegiatan pelatihan ini, 86.9% guru mengatakan sudah bisa menggunakan fitur-fitur Google Classroom, 79.4% mengatakan Gooogle Classroom dapat menunjang dalam kegiatan pembelajaran dan 58.2% mengatakan akan melanjutkan penggunaan Goggle classroom dalam kegiatan proses pembelajaran.



Keywords

Pelatihan E-Learning; Google Classroom; MI Nurul Mun’im Paiton

Full Text:

PDF

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/guyub.v2i2.2205


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Feriska Listrianti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This journal is licensed under

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.