PKM Pelatihan Tutor Lembaga Kebahasaan Az-Zainiyah melalui Game Islami untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris

Bradhiansyah Tri Suryanto(1*), Nur Hasanah(2), Nuril Diar Anas(3), Sri Waliyul Hasanah(4), Syaiful Syaiful(5), Lia Umami(6)
(1) Universitas Nurul Jadid, Probolinggo
(2) Universitas Nurul Jadid, Probolinggo
(3) Universitas Nurul Jadid, Probolinggo
(4) Universitas Nurul Jadid, Probolinggo
(5) Universitas Nurul Jadid, Probolinggo
(6) Universitas Nurul Jadid, Probolinggo
(*) Corresponding Author
DOI : 10.33650/guyub.v2i2.2216

Abstract

Pembelajaran bahasa Inggris, khususnya pembelajaran keterampilan berbicara (Speaking), yang diterapkan pada peserta Lembaga Kebahasaan di Wilayah Az-Zainiyah Pondok Pesantren Nurul Jadid cenderung sulit dan membosankan, sehingga hal tersebut berpengaruh pada lambannya perkembangan keterampilan berbicara Bahasa Inggris (Speaking) peserta. Oleh karena itu, diperlukan adanya metode yang menarik dan efektif dalam pengajaran, salah satunya melalui game. Permainan (Game) adalah suatu akivitas yang mengandung unsur peraturan, tujuan, dan rasa kesenangan. Ada dua jenis permainan yang biasa dilakukan yaitu: permainan kompetisi (competitive games), di mana pemain atau tim berlomba untuk menjadi yang pertama mencapai tujuan, dan permainan kerjasama (co-operative games), di mana pemain dan tim bekerja sama untuk mencapai tujuan. PKM ini bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada para tutor Lembaga Kebahasaan di Wilayah Az-Zainiyah Pondok Pesantren Nurul Jadid melalui Game Islami untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Inggris peserta Lembaga Kebahasaan. Tujuan pelatihan ini adalah melatih para tutor mengajar keterampilan berbicara (speaking) melalui permainan Islami sebagai metode pengajaran yang menarik dan efektif. Peserta pelatihan adalah para tutor Lembaga Kebahasaan di Wilayah Az-Zainiyah Pondok Pesantren Nurul Jadid. Hasil dari PKM adalah meningkatnya kemampuan bahasa Inggris peserta Lembaga Kebahasaan di Wilayah Az-Zainiyah.

Keywords


Pelatihan Tutor; Game Islami; Keterampilan Berbicara

Article Statistic

Abstract view : 39 times
PDF views : 22 times

Dimensions Metrics

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.