PKM Pendampingan Penyusunan Kurikulum Sekolah Ramah Anak pada Taman Kanak Kanak (TK) Az-Zainiyah II Paiton Probolinggo

Abu Hasan Agus R(1), Durratul Mashunah(2), Hostin Hostin(3), Hilyah Mashunah(4), Siti Rahayu(5), Atik Hikmatuz Zakiyah(6*)
(1) Universitas Nurul Jadid, Probolinggo
(2) Universitas Nurul Jadid, Probolinggo
(3) Universitas Nurul Jadid, Probolinggo
(4) Universitas Nurul Jadid, Probolinggo
(5) Universitas Nurul Jadid, Probolinggo
(6) Universitas Nurul Jadid, Probolinggo
(*) Corresponding Author
DOI : 10.33650/guyub.v2i2.2252

Abstract

Konsep Sekolah Ramah Anak yang diterapkan di Taman Kanak-Kanak Az Zainiyah II Desa Karanganyar Kecamatan Paiton Kabupaten Probolinggomerupakan program untuk mewujudkan  kondisi aman, bersih, sehat, peduli, dan berbudaya lingkungan hidup, yang mampu menjamin pemenuhan hak dan perlindungan anak dari kekerasan, diskriminasi, dan perlakuan salah lainnya, selama anak berada di satuan pendidikan, serta mendukung partisipasi anak terutama dalam perencanaan, kebijakan, pembelajaran dan pengawasan. PKM ini bertujuan untuk memberikan pendampingan kurikulum sekolah ramah anak pada TK Az-Zainiyah II Paiton Probolinggo. Sekolah Ramah Anak bukanlah membangun sekolah baru, namun mengkondisikan sebuah sekolah menjadi nyaman bagi anak, serta memastikan sekolah memenuhi hak anak dan melindunginya, karena sekolah menjadi rumah kedua bagi anak, setelah rumahnya sendiri. Pendampingan ini dilakukan untuk melaksanakan kurikulum ramah anak di TK Az Zainiyah Karanganyar agar mamapu menerjemahkan keinginan pemerintah dalam melaksanakan sekolah yang aman, bersih, sehat dan berdampak pada bukan hanya warga sekolah tetapi pada lingkungan sekolah yang peduli terhadap anak.

Keywords


Kurikulum; Sekolah; Ramah Anak; TK Az-Zainiyah II

Article Statistic

Abstract view : 21 times
PDF views : 15 times

Dimensions Metrics

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.