PKM Pendampingan Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah dalam Meningkatkan Kompetensi Guru di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Nurul Jadid Paiton Probolinggo
Authors (s)
(1) * Musolli Ready   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(2)  Moh. Amir Kholili   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(3)  Moh. Abd Mu'iz   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(4)  Jefri Jefri   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(5)  Moh. Agus   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(6)  Moh. Ridwan Kamil   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author
AbstractPengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru-guru Madrasah Tsanawiyah (MTs) Nurul Jadid Paiton Probolinggo dalam membuat tulisan ilmiah terkait laporan hasil Penelitian Tindakan Kelas. Masalah yang dihadapi oleh para guru MTs. Nurul jadid adalah kurang termotivasi untuk membuat tulisan ilmiah disebabkan beberapa faktor, antara lain kurangnya pengetahuan dan kemampuan terkait kiat-kiat membuat tulisan ilmiah dan kurangnya waktu karena kesibukan para guru dalam menjalankan proses belajar mengajar. Metode yang digunakan adalah ceramah dan demonstrasi dalam menyampaikan materi pelatihan, serta pengaplikasian materi ke bentuk pelatihan membuat tulisan ilmiah yang diarahkan untuk membuat proposal dan laporan hasil penelitian tindakan kelas. Hasil pengabdian ini adalah meningkatnya motivasi dan pengetahuan para guru tentang bagaimana membuat tulisan ilmiah, sehingga dapat memenuhi kebutuhan tulisan ilmiah terkait proposal, laporan hasil penelitian tindakan kelas, dan makalah ilmiah. Pengetahuan dan kemampuan yang diperoleh guru pada pelatihan ini dapat meningkatkan kompetensi, kapasitas, dan profesionalitas para guru sebagai pendidik.
|
Keywords
Kompetensi Guru; Karya Tulis Ilmiah, Penelitian Tindakan Kelas; MTs Nurul Jadid
Full Text: PDF
Article View
Abstract views : 255 times | PDF files viewed : 173 times10.33650/guyub.v2i2.2336 |
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Musolli Ready
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This journal is licensed under
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.