PKM Pendampingan Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah dalam Meningkatkan Kompetensi Guru di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Nurul Jadid Paiton Probolinggo

Musolli Ready(1*), Moh. Amir Kholili(2), Moh. Abd Mu'iz(3), Jefri Jefri(4), Moh. Agus(5), Moh. Ridwan Kamil(6)
(1) Universitas Nurul Jadid, Probolinggo
(2) Universitas Nurul Jadid, Probolinggo
(3) Universitas Nurul Jadid, Probolinggo
(4) Universitas Nurul Jadid, Probolinggo
(5) Universitas Nurul Jadid, Probolinggo
(6) Universitas Nurul Jadid, Probolinggo
(*) Corresponding Author
DOI : 10.33650/guyub.v2i2.2336

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru-guru Madrasah Tsanawiyah (MTs) Nurul Jadid Paiton Probolinggo dalam membuat tulisan ilmiah terkait laporan hasil Penelitian Tindakan Kelas. Masalah yang dihadapi oleh para guru MTs. Nurul jadid adalah kurang termotivasi untuk membuat tulisan ilmiah disebabkan beberapa faktor, antara lain kurangnya pengetahuan dan kemampuan terkait kiat-kiat membuat tulisan ilmiah dan kurangnya waktu karena kesibukan para guru dalam menjalankan proses belajar mengajar. Metode yang digunakan adalah ceramah dan demonstrasi dalam menyampaikan materi pelatihan, serta pengaplikasian materi ke bentuk pelatihan  membuat tulisan ilmiah yang diarahkan untuk membuat proposal dan laporan hasil  penelitian tindakan kelas. Hasil pengabdian ini adalah meningkatnya motivasi dan pengetahuan para guru tentang bagaimana membuat tulisan ilmiah, sehingga dapat memenuhi kebutuhan tulisan ilmiah terkait proposal, laporan hasil penelitian tindakan kelas, dan makalah ilmiah. Pengetahuan dan kemampuan yang diperoleh guru pada pelatihan ini dapat meningkatkan kompetensi, kapasitas, dan profesionalitas  para guru sebagai pendidik.

Keywords


Kompetensi Guru; Karya Tulis Ilmiah, Penelitian Tindakan Kelas; MTs Nurul Jadid

Article Statistic

Abstract view : 15 times
PDF views : 12 times

Dimensions Metrics

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.