PKM Pendampingan Pembelajaran Materi Bangun Datar dengan Billingual LED Running Text di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Az-Zainiyah II Paiton Probolinggo

DOI: https://doi.org/10.33650/guyub.v2i2.2403

Authors (s)


(1)  Nur Hamid   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(2) * Muhammad Faiz Nailun Ni'am   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(3)  Cahyu Guswita   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(4)  Saiful Islam   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(5)  Silviana Qomariyah   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(6)  Siti Fatimah   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(7)  Siti Khoifah   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Siswa sekolah dasar kebanyakan belum mengetahui dan memahami bentuk-bentuk bangun datar. Selain itu, para guru juga jarang menggunakan media dalam menjelaskan materi bangun datar kepada siswanya. Keadaan ini membuat pembelajaran terkesan kurang menarik bagi siswa. Dalam hal ini, media pembelajaran dapat dijadikan alternatif agar pembelajaran lebih menarik. PKM ini bertujuan memberikan pendampingan pembelajaran melalui media LED Running Text. Subjek dampingan PKM adalah para siswa kelas 4 MI Azzainiyah II Paiton Probolinggo. Metode yang diterapkan adalah metode partisipatoris. Hasil PKM adalah meningkatnya minat belajar siswa dan pemahaman siswa terhadap materi bangun datar, dan meningkatnya kreativitas siswa dalam menyelesaikan masalah dan mempresentasikannya dengan baik di depan kelas.


Keywords

Bangun Datar; LED Running Text; Media Pembelajaran



Full Text: PDF



Article View

Abstract views : 281 times | PDF files viewed : 194 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/guyub.v2i2.2403


Refbacks



Copyright (c) 2021 Muhammad Faiz Nailun Ni'am

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This journal is licensed under

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.