PKM Pendampingan Literasi Business Plan untuk Meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Berwirausaha Santri Pesantren Nurul Jadid

Mohammad Syaiful Suib(1), Yoviana Fitri(2*), Lailatus Sa’adah(3), Nuril Fitriani(4), Widad Ulfatul Mawaddah Hadi(5), Siti Aisyah(6), Isna Shifah(7)
(1) Universitas Nurul Jadid, Probolinggo
(2) Universitas Nurul Jadid, Probolinggo
(3) Universitas Nurul Jadid, Probolinggo
(4) Universitas Nurul Jadid, Probolinggo
(5) Universitas Nurul Jadid, Probolinggo
(6) Universitas Nurul Jadid, Probolinggo
(7) Universitas Nurul Jadid, Probolinggo
(*) Corresponding Author
DOI : 10.33650/guyub.v2i2.2456

Abstract

Era sekarang berbagai macam model bisni onlines sangat beragam,mulai aplikasi online shopping hingga online driver. Pemahaman santri terhadap model-model bisnis masih minim. Oleh karena itu, dibutuhkan literasi bisnis dengan memberikan pemahaman berbagai kegiatan bisnis, seperti kegiatan kewiraushaan santri dan pelatihan-pelatihan berbisnis.  PKM ini bertujuan untuk memberikan pendampinganliterasi kewirausahaan kepada para santri putri Pondok Pesantren Nurul Jadid. Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan melalui beberapa tahap, antara lainpembuatan produk lokal, lalu analisis penjualan produkdengan model business plan dan marketing mix. Hasil dari PKM literasi ini adalah meningkatnya kemampuan dan pengetahuan santri dalam mempraktekkan kegiatan bisnis dengan produk-produk lain atau bisnis dalam skala besar.

Keywords


Rencana Bisnis; Bauran Pemasaran; Literasi Bisnis; Nurul Jadid

Article Statistic

Abstract view : 21 times
PDF views : 14 times

Dimensions Metrics

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.