PKM Pendampingan Manajemen Keuangan bagi Mahasiswa Santri Nurul Jadid Selama Masa Pandemi Covid-19

Moh Rasidi(1*), Bashari Alwi(2), Zaenori Zaenori(3), Khairul Umam(4), Muchammad Lutfillah(5), Moch Robi'ul Hasan(6), Edo Cahyo Saputro(7), Khairunnas Khairunnas(8)
(1) Universitas Nurul jadid, Probolinggo
(2) Universitas Nurul Jadid, Probolinggo
(3) Universitas Nurul Jadid, Probolinggo
(4) Universitas Nurul Jadid, Probolinggo
(5) Universitas Nurul Jadid, Probolinggo
(6) Universitas Nurul Jadid, Probolinggo
(7) Universitas Nurul Jadid, Probolinggo
(8) Universitas Nurul Jadid, Probolinggo
(*) Corresponding Author
DOI : 10.33650/guyub.v2i3.2505

Abstract

Pandemi Covid-19 telah memberikan dampak negatif pada sektor ekonomi termasuk ekonomi keluarga. Salah satu bagian dari keluarga yang terdampak ekonominya akibat dari Pandemi Covid-19 adalah wali santri atau keluarga yang sedang memondokkan atau menitipkan putra putrinya di pondok pesantren untuk menuntut ilmu. Kondisi ini menuntut wali santri untuk mampu mengelola keuangan keluarga dengan baik agar putra-putrinya tetap bisa melanjutkan pendidikannya di pondok pesantren. Namun begitu harus ditikuti oleh santri untuk juga mampu mengelola keuangannya dengan baik dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari selama menuntut ilmu di pondok pesantren. Oleh karena itu diperlukan pendampingan terhadap santri dalam mengelola keuangannya. Dengan begitu kegiatan pengabdian masyarakat ini perlu dilakukan dengan tujuan pendampingan terhadap santri dalam mengelola keuangannya sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari di pesantren selama masa pandemi covid-19. Hasil pengabdian masyarakat menunjukkan bahwa Kegiatan pendampingan pengelolaan keuangan santri di masa pandemi covid-19 dapat dikatakan berhasil, mulai dari semua tahap pelaksanaan kegiatan yang diikuti santri-santri peserta dampingan dengan adanya antusiasme dan respon positif santri-santri peserta dampingan dalam mengikuti kegiatan pendampingan. Santri-santri peserta dampingan mulai memahami mampu mengelola keuangannya dengan baik.

Keywords


covid-19, santri, pengelolaan keuangan

References


Anggiruling, D. O. 2016. Evaluasi Sistem Penyelenggaraan Makanan Di Pondok Pesantren Al-Musyarrofah.

Doriza, Shinta. 2015. Ekonomi Keluarga. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Hadziq, M., & Nafis, M. 2017. Implikasi Pendampingan Mitra Usaha Kecil Menengah (Studi Pendekatan Melalui Pelatihan Laporan Keuangan Sederhana). Jurnal Middle East and Islamic Studies, 396-409.

Ismail, 2002. Dinamika Pesantren danMadrasah, Yogyakarta, Pustaka BelajarOffset

Kompas. 2020. Survei SMRC: Dampak Covid-19, 59 Persen Responden Anggap Ekonomi Rumah Tangga Bakal Memburuk. https://nasional.kompas.com/read/2020/05/12/15280211/survei. smrcdampak-covid-19-59-persen-responden-anggap-ekonomi-rumah-tangga

Mastuhu. 1994. Dinamika Sistem PendidikanPesantren, Jakarta. INIS

Nurcholis Madjid. 1997. Bilik-Bilik Pesantren Sebuah Potret Perjalanan,Jakarta: Paramadina.

Okezone.2020. kecemasan Masyarakat Mulai Bergeser Dari Corona Ke Masalah Ekonomi.

Sholiha YA. 2013. Gambaran Pola Konsumsi Dan Tingkat Kepuasan Santri Putri Terhadap Hidangan Di Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah Makassar. Media Gizi Pangan ;15(1):5-7.

Warta Ekonomi. 2020. Menkeu: Pandemi Corona Pukul Konsumsi Rumah Tangga. https://www.wartaekonomi.co.id/read279104/menkeu pandemi-corona-pukulkonsumsi-rumah-tangga


Article Statistic

Abstract view : 30 times
PDF views : 17 times

Dimensions Metrics

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.